Finansial

7 Tips Menabung Cepat untuk Travelling ke Luar Negeri

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Dec 2021

7 Tips Menabung Cepat untuk Travelling ke Luar Negeri

Suka liburan atau travelling? Mau travelling ke luar negeri tapi belum tercapai? Biaya liburan ke luar negeri dapat menghabiskan uang yang cukup besar. Untuk itu, penting sekali mengatur keuangan agar rencana travelling ke luar negeri dapat tercapai. 

Jangan khawatir! Saat ini, banyak situs penyedia layanan jasa akomodasi dan paket liburan menawarkan harga terbaik yang sesuai dengan kondisi finansialmu. Agar impian travelling ke negara impian dapat cepat tercapai, tentu kamu perlu siapkan tabungan untuk liburan.

Mau menabung cepat untuk travelling ke luar negeri? Inilah 7 tipsnya:

  • Tentukan Destinasi Liburan
  • Buat Rekening Khusus Liburan
  • Sisihkan 10% Gaji
  • Biasakan Belanja Cerdas dan Hemat
  • Prioritaskan Tabungan Liburan
  • Optimalkan Sumber Pemasukan Tambahan
  • Investasi untuk Liburan


Baca juga: Cara Membuat Hobi Jalan-Jalan Menjadi Ladang Penghasilan


1. Tentukan Destinasi Liburan 

Langkah pertama dalam menabung cepat untuk travelling adalah menentukan destinasi liburan. Mau liburan ke Korea Selatan, Jepang, Turki, atau Prancis? Meskipun terkenal dengan tempat berlibur idaman yang mahal, tapi kamu bisa buat rencana alokasi budget liburan yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. 

Carilah informasi tentang tempat tujuan travelling dan buatlah perkiraan anggaran liburan yang kamu butuhkan. Setelah menentukan rencana perjalanan, kamu dapat memperkirakan alokasi dana biaya agar modal liburanmu tercapai dengan baik.


2. Buat Rekening Khusus Liburan

Setelah menentukan destinasi liburan dan menentukan anggaran dana liburan, kamu bisa buat rekening khusus liburan. Dengan begitu, kamu dapat lebih fokus dalam menabung hingga memenuhi dana liburan sesuai estimasi waktu pengumpulan dana yang kamu telah tentukan.

Jadi, setelah gajian, kamu bisa langsung melakukan transfer sebagian penghasilan ke rekening khusus. 


3. Sisihkan 10% Gaji

Kalau sudah menentukan dana yang dibutuhkan, kamu dapat memperkirakan rencana alokasi gaji dan mengoptimalkan sumber pendapatan lainnya. Setiap gajian, kamu bisa menyisihkan 10% gaji ke rekening khusus liburan. Target menabung setiap bulan dapat memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan dana untuk travelling ke luar negeri.

Tapi, alokasi gaji juga dapat menyesuaikan kemampuan finansialmu. Seandainya kamu tidak memiliki banyak pengeluaran, kamu bisa menabung di rekening khusus liburan lebih dari 10%. 


4. Biasakan Belanja Cerdas dan Hemat

Hemat menjadi cara efektif untuk menabung dana travelling. Selain menyisihkan uang dan mengalokasikannya ke rekening khusus, kamu juga perlu memangkas biaya-biaya yang tidak penting. Tapi, jangan sampai kamu mengurangi anggaran kebutuhan pokok sehari-hari, ya!

Kamu bisa biasakan diri untuk belanja cerdas atau belanja barang yang benar-benar dibutuhkan. 

Kalau kamu terbiasa berbelanja barang yang bukan menjadi prioritas, kamu bisa coba membeli barang secara kredit. Pastikan kamu ambil cicilan yang tidak lebih besar dari 50% pendapatanmu. Jadi, kamu dapat lebih cepat menabung untuk travelling ke luar negeri, deh!


5. Prioritaskan Tabungan Liburan

Penting bagi kamu untuk memprioritaskan tabungan travelling ke luar negeri dengan memotong pengeluaran yang kurang penting. Dengan memprioritaskan menabung di rekening khusus, kamu bisa lebih cepat memenuhi target budget untuk travelling.

Untuk mengurangi pengeluaran, cobalah membatasi biaya nongkrong di kafe atau koleksi barang yang mahal agar lebih cepat mencapai target tabungan liburan.


6. Optimalkan Sumber Pemasukan Tambahan

Selain menyisihkan gaji untuk tabungan khusus liburan, kamu bisa mengoptimalkan pemasukan tambahan. Di sela waktu luang, kamu juga dapat mengembangkan hobi kamu menjadi kegiatan yang menghasilkan uang. 

Seandainya kamu hobi menulis, kamu dapat memanfaatkan situs freelancer untuk mendapatkan uang dari pekerjaan menulis artikel atau membuat blog pribadi yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat mengoptimalkan bisnis sampinganmu, lho!


7. Investasi untuk Liburan

Target anggaran dana liburanmu akan cepat tercapai dengan rencana yang matang dan mulai memanfaatkan berbagai instrumen investasi. Kami bisa mulai berinvestasi deposito, reksa dana, atau P2P lending dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan tujuan investasimu.

Dengan investasi, kamu dapat lebih cepat mengumpulkan dana liburan. Kalau kamu punya rencana travelling ke luar negeri dua tahun yang akan datang, kamu bisa mulai investasi reksa dana pasar uang.


Baca juga: Rekomendasi 5 Film Natal untuk Menemani Waktu Liburan


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru