Gaya Hidup

10 Universitas Termahal di Dunia Dihitung Per Tahunnya

Amry Nur Hidayat-

16 Jun 2022

10 Universitas Termahal di Dunia Dihitung Per Tahunnya

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas pendidikan dan reputasi sebuah universitas dapat sebanding dengan biaya belajarnya. Beberapa kampus ini menjadi universitas ternama sekaligus universitas termahal di dunia


Daftar Universitas Termahal di Dunia

Beberapa universitas terbaik di dunia diketahui menerapkan biaya pendidikan yang tidak murah. Meskipun begitu, biaya pendidikan yang mahal akan sebanding dengan kualitas edukasi yang diterapkan kepada mahasiswa. Berikut ini adalah daftar universitas termahal di dunia:

  • Harvey Mudd College
  • Universitas John Hopkins
  • Sekolah Tinggi Seni Parsons
  • Dartmouth College
  • Universitas Columbia
  • Universitas Oxford
  • ETH Zurich
  • Landmark College
  • Universitas Duke
  • Universitas Stanford


Baca Juga: 6 Instrumen Investasi Mahasiswa yang Aman dan Menguntungkan


1. Harvey Mudd College

Universitas ini terkenal sebagai pendidik Doctor of Philosophy atau S3 dalam bidang STEM atau Science, Technology, Engineering, dan Math. Tidak heran jika Forbes menyebut bahwa Harvey Mudd College menjadi lembaga pendidikan ke-18 terbaik di Amerika. Pada tahun 2021/2022, biaya pendidikan di sekolah ini adalah sebesar 80 ribu dolar Amerika atau Rp 1,1 miliar per tahun. 


2. Universitas John Hopkins

Universitas yang sudah ada sejak 1876 di Baltimore ini kini tersebar di berbagai tempat, seperti Cina, Italia, dan Amerika. Kampus swasta ini tidak bisa dianggap sepele karena telah menghasilkan alumni yang memperoleh 27 nobel. Reputasi John Hopkins University tersebut harus dibayar mahal oleh mahasiswa dengan membayar biaya pendidikan 70 ribu dolar Amerika atau Rp 1 miliar per tahun. 


3. Sekolah Tinggi Seni Parsons

Tidak hanya universitas science saja yang menerapkan biaya pendidikan tinggi, sekolah seni pun masuk ke dalam daftar. Parsons School of Design menerapkan biaya pendidikan sebesar 67 ribu dolar Amerika atau Rp 970 juta per tahun. Biaya tersebut bisa berbeda di tiap jurusan, seperti fotografi, media dan film, desain grafis dan lainnya. 


4. Dartmouth College

Lembaga pendidikan yang termasuk ke dalam Ivy League ini menjadi salah satu universitas swasta yang menerapkan biaya mahal. Sama dengan Parsons School of Design, Dartmouth College rata-rata menerapkan biaya 67 ribu dolar Amerika atau atau Rp 970 juta per tahun.


5. Universitas Columbia

Universitas ini menjadi bagian sejarah dunia pendidikan karena yang pertama mengeluarkan gelar master. Dengan sejarah panjang, jurusan-jurusan unggulan, dan fasilitas terbaik, tidak heran jika universitas yang sudah ada sejak 1754 ini bertarif mahal. Biaya pendidikannya adalah sekitar 66 ribu dolar Amerika atau Rp 955 juta per tahun. 


6. Universitas Oxford

Selain memiliki arsitektur menarik, universitas yang paling terkenal di Inggris dan dunia ini menjadi salah satu tempat paling bergengsi untuk menempuh pendidikan tinggi. Hal itu sebanding dengan biaya pendidikan yang mencapai 62 ribu dolar Amerika atau Rp 900 juta per tahun. Biaya tersebut bisa berbeda sesuai 4 divisi yang ada di Universitas Oxford.


7. ETH Zurich

Swiss juga menyumbangkan satu universitasnya ke dalam jajaran kampus terbaik dan termahal. Institut Teknologi Federal Swiss ini penghasil insinyur terbaik dunia dan masuk ke dalam 10 besar universitas terbaik dunia. Biaya kuliah di sini mencapai 60 dolar Amerika atau Rp 868 juta rupiah per tahunnya. 


8. Landmark College

Universitas yang unik ini dibentuk untuk mahasiswa berprestasi yang memiliki gangguan fokus dan kebutuhan khusus lainnya. Lembaga pendidikan ini juga menawarkan metode pendidikan jarak jauh sehingga tidak harus hadir di kampus. Untuk belajar di sini, mahasiswa harus mengeluarkan biaya sekitar 56 ribu dolar Amerika atau Rp 810 juta per tahun. 


9. Universitas Duke

Universitas swasta ini menjadi kampus terkemuka untuk jurusan hukum, kedokteran, teknik sipil, dan bisnis. Untuk menempuh pendidikan di sini, mahasiswa tanpa beasiswa harus mengeluarkan biaya sekitar 55 dolar Amerika atau Rp 800 juta.   


10. Universitas Stanford

Kuliah di universitas ini membuat mahasiswanya dekat dengan kehidupan Silicon Valley. Namun, selain persoalan lokasi tersebut, Stanford University adalah kampus andalan untuk jurusan seperti aeronautika dan teknik fisika. Rata-rata jurusan kuliah di universitas ini adalah 51 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 738 juta per tahun. 


Baca Juga: Ide Dapat Passive Income bagi Mahasiswa atau Pelajar


Menyiapkan Dana Pendidikan Sejak Dini Melalui Pengelolaan Uang Tepat

Beberapa universitas terkemuka di luar negeri memang mengenakan biaya pendidikan yang tidak murah. Apalagi, bagi mahasiswa Indonesia yang harus mengonversikan mata uang asing dengan kurs rupiah, tentu biaya pendidikan tersebut cukup sulit dijangkau tanpa perencanaan sejak jauh hari. Oleh karena itu, biaya pendidikan masuk ke dalam perencanaan keuangan secara umum. 

Salah satu langkah perencanaan keuangan untuk pendidikan adalah dengan melakukan pendanaan di Modal Rakyat. Modal Rakyat adalah salah satu fintech yang menyalurkan bantuan dana kepada pelaku usaha. Para pelaku usaha akan terbantu pengembangan usahanya, sementara Anda sebagai pendana akan mendapat bagian keuntungan. 

Modal yang Anda salurkan melalui Modal Rakyat akan berkembang dan menghasilkan imbal untung 18% per tahunnya. Dengan cara itu, modal Anda akan berkembang dan siap untuk digunakan untuk berbagai kebutuhan penting, termasuk biaya pendidikan. 


Pertanyaan Umum Biaya Kuliah Universitas Termahal di Dunia

1. Berapa Biaya Masuk Universitas Harvard?

Biaya masuk Harvard sebenarnya hanya meliputi biaya SAT sebesar 75 dolar Amerika atau sekitar Rp 1 juta. Sementara itu, biaya pendidikan total pada tahun 20221/2022 oleh mahasiswa tanpa beasiswa adalah sekitar 51 ribu dolar Amerika atau Rp 738 juta. Biaya bisa saja berbeda di tiap jurusan pendidikan. 


2. Berapa Biaya Kuliah di Universitas Oxford?

Melansir laman informasi keuangan Universitas Oxford, mahasiswa tahun 20221/2022 harus menyiapkan biaya sekitar 35.885 dolar Amerika atau Rp 520 juta untuk tiap semester. Biaya tersebut belum meliputi kebutuhan buku dan layanan umum. 


3. Berapa Biaya Kuliah di Universitas Columbia?

Berdasarkan informasi dalam laman resmi Universitas Columbia, biaya pendidikan pada tahun 2021/2022 adalah sebesar 30.257 dolar Amerika atau Rp 438 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya kebutuhan umum seperti buku, orientasi, dan lainnya. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru