Bisnis

8 Usaha Rumahan yang Menjanjikan Uang Banyak

Brigitta Winasis-

06 Jul 2021

8 Usaha Rumahan yang Menjanjikan Uang Banyak

Dari waktu ke waktu, masyarakat dituntut semakin cerdas mengelola keuangan. Pendapatan pasif mulai menjadi aspek penting dalam pengelolaan keuangan.

Salah satu cara memperoleh pendapatan pasif adalah melalui usaha rumahan. Walaupun berskala kecil, usaha rumahan ternyata juga bisa menjanjikan uang banyak, lho. Anda hanya memerlukan strategi serta kemampuan melihat peluang dengan tepat.

Mula-mulanya Anda perlu mencari ide usaha rumahan yang paling prospektif dalam menghasilkan uang banyak. Setelah itu, Anda perlu modal dan ketekunan untuk mengembangkannya. Berikut enam ide usaha rumahan untuk Anda.


Baca juga: Jenis Investasi Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga


1. Penulis Lepas

Penulis lepas adalah orang yang menghasilkan karya tulis. Namun ia tidak terafiliasi dengan perusahaan apapun. Ia bekerja seperti pebisnis atau kontraktor independen.

Jika Anda memiliki hobi menulis, ide usaha yang satu ini bisa dicoba. Keuntungan utamanya adalah dapat dikerjakan di mana saja, kapan saja, serta menjanjikan hasil yang lumayan.

Saat ini banyak kanal job seeker yang menawarkan jasa penulisan secara freelance. Anda dapat memilih bidang yang dikuasai. Misalkan bisnis dan finansial, gaya hidup, karya ilmiah, dan lain-lain.

Anda juga tidak perlu memusingkan audiens yang akan membaca tulisan Anda. Pasalnya hal tersebut diatur langsung oleh situs yang menyewa jasa Anda.


2. Konseling Online

Jika Anda memiliki latar belakang ilmiah sebagai ahli di bidang tertentu, Anda dapat memanfaatkannya. Jadilah konselor secara daring. Anda hanya memerlukan situs, jaringan internet, serta smartphone atau laptop.

Anda bertugas membantu orang untuk meraih target profesionalnya. Maka dari itu, Anda perlu memiliki latar belakang yang meyakinkan, bila perlu harus bersertifikasi. Dengan demikian jasa konseling Anda semakin dianggap kredibel.

Anda dapat menetapkan tarif sesuai keinginan. Jika kebingungan, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu jasa tarif konselor seperti Anda di lingkungan sekitar. Seperti diketahui, jasa konseling profesional dapat menerapkan tarif ratusan hingga jutaan rupiah.

Anda tidak perlu langsung bertemu dengan klien. Anda cukup membuat situs. Selanjutnya, Anda bisa mempopulerkannya melalui media sosial.


3. Dropship

Salah satu cara untuk memperoleh pendapatan lebih adalah melalui bisnis dropship. Melalui bisnis ini, Anda dapat menjual produk tanpa perlu menyetok barang. Bisnis dropship biasanya ditemukan di e-commerce.

Mulanya, Anda bekerja sama dengan pemasok barang. Jika ada pesanan masuk, barang akan dijual atas nama Anda lalu dikirimkan ke konsumen. Sistem ini disebut dengan white labeling.

Anda hanya perlu mencari konsumen untuk membeli produk. Sementara itu produksi, penyimpanan, serta pengiriman dilakukan oleh supplier.

Selain menghasilkan uang yang menggiurkan, bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil, yakni berkisar antara Rp2 juta hingga Rp4 juta. Anda dapat mencari-cari pemasok di marketplace.


Baca juga: Ragu Bikin Usaha Rumahan? Ini Manfaat dan Cara Memulainya


4. Toko Online

Toko online termasuk ide usaha rumahan yang tengah naik daun. Pasalnya semua orang pasti pernah berbelanja online, baik secara langsung maupun melalui e-commerce.

Berbelanja lewat toko online memang lebih mudah, karena tidak perlu mendatangi langsung toko fisik. Di sisi lain, sebagai penjual, tidak banyak biaya yang dikeluarkan untuk mendirikan toko fisik.

Jika Anda ingin cepat balik modal, carilah produk dengan biaya produksi kecil tetapi margin tinggi. Contohnya aksesoris dan perlengkapan handphone. Contoh yang lebih praktis lagi adalah berjualan produk digital seperti software.

Agar menghasilkan keuntungan berlipat, pastikan bisnis Anda selalu efisien. Perhatikan desain produk, layanan pelanggan, serta pemasaran. Faktor-faktor tersebut dapat menentukan bisnis Anda akan laku atau tidak.


5. Editing Video

Jika Anda memiliki kemampuan editing video dan lebih suka bekerja di belakang layar, Anda dapat menawarkan jasa Anda. Di era digital ini kebanyakan perusahaan membutuhkan jasa editing video untuk pemasaran mereka.

Anda hanya membutuhkan komputer dan software untuk mengedit video. Anda mungkin juga perlu software editing tambahan, seperti Photoshop untuk membuat grafik dan thumbnail.

Anda juga membutuhkan kemampuan bercerita dengan baik. Video yang enak ditonton tentu memiliki alur yang baik, sehingga penonton akan mengikuti sampai selesai.

Selanjutnya, Anda dapat membuat portofolio jasa editing video. Portofolio itu dapat diunggah di media sosial atau kanal job seeker untuk freelance.


6. Penerjemah

Layanan penerjemahan termasuk salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Sebelum memulainya, Anda perlu memiliki kemampuan bahasa asing.

Anda dapat mencari pekerjaan sampingan sebagai penerjemah melalui berbagai platform pekerjaan freelance. Anda bisa mendapat klien yang meminta penerjemahan buku, artikel, konten, dan lain-lain.

Jika Anda merasa cukup yakin dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki, Anda dapat menjadi penerjemah full-time. Perdalam salah satu topik sebagai kemampuan utama Anda. Sehingga penerjemahan menjadi lebih mudah karena sudah dikuasai dengan baik. Anda bahkan dapat menjadi spesialis dan meningkatkan tarif layanan Anda.

Penentuan tarif berdasarkan tingkat kesulitan, banyaknya materi, serta tenggat waktu. Agar mendapat bayaran lebih, Anda dapat mengikuti sertifikasi dari asosiasi penerjemah yang resmi.


7. Jasa Foto dan Video

Walaupun gadget zaman sekarang sudah mumpuni untuk mengambil foto dan video, masih banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer atau videografer. Pasalnya kemampuan tersebut tidak dimiliki semua orang.

Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa foto dan video. Anda bisa menawarkan jasa untuk berbagai acara, misalnya ulang tahun, wisuda, foto keluarga, dan masih banyak lagi.


8. Content Creator

Anda yang gemar membuat video atau mendokumentasikan kegiatan sehari-hari bisa menjadi content creator. Platform penayangan video ini memungkinkan Anda memperoleh pendapatan yang menjanjikan hanya dengan membuat rekaman.

Pilihlah topik yang Anda kuasai atau senangi. Pasalnya pangsa pasar di YouTube dan media sosial lainnya sangat luas. Anda bisa memilih topik mulai dari gaming, memasak, skin care, hingga teknologi.

Jika Anda menjadi YouTuber, jangan lupa bergabung dengan Program Partner YouTube. Dari sinilah sumber pendapatan para YouTuber. Saat kanal YouTube Anda sudah berkembang, Anda dapat mulai mencari endorsement dari perusahaan maupun usaha lainnya. Perusahaan akan lebih berminat kepada YouTuber yang sudah memiliki banyak penonton.

Agar menghasilkan video yang menarik, Anda disarankan untuk menggunakan alat dengan spesifikasi tinggi. Gunakan pula program editing profesional agar menghasilkan video yang lebih bagus lagi.


Dapatkan Dana Tambahan untuk Usaha Anda Melalui P2P Lending Modal Rakyat

Meskipun ide usaha rumahan yang disarankan di atas tidak membutuhkan banyak dana, Anda tetap membutuhkan modal awal. Anda bisa memperolehnya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Dengan proses yang mudah dan cepat, pinjaman Anda dapat disetujui hanya dalam waktu lima hari kerja. Selain itu bunga pinjaman akan disesuaikan dengan risiko usaha Anda dan relatif lebih kompetitif dibandingkan alternatif pinjaman lain.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru