Bisnis

8 Ide Usaha Sampingan Online Mudah untuk Mahasiswa

Brigitta Winasis-

31 May 2021

8 Ide Usaha Sampingan Online Mudah untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa mandiri yang mampu membiayai hidup sehari-hari tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Terkadang sebagai mahasiswa, Anda dituntut tidak hanya untuk belajar. Namun juga mulai belajar hidup mandiri, tidak hanya bertumpu terhadap kiriman dari orang tua saja.

Apalagi bagi mahasiswa yang merantau, persoalan keuangan ini tentu menjadi perkara penting. Pasalnya mahasiswa rantau harus mengatur keuangannya untuk membayar indekos dan kebutuhan sehari-hari.


Baca juga: Mahasiswa, ini Cara Menabung agar Bisa Liburan


Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk belajar mandiri adalah dengan berbisnis. Ada banyak usaha sampingan online yang bisa dilakukan sembari menjalankan rutinitas Anda sebagai mahasiswa. Lebih mudahnya lagi, beberapa usaha ini bahkan dapat Anda jalankan secara online.

Pengalaman tersebut dapat menjadi salah satu nilai tambah ketika mencari lowongan kerja maupun jika Anda ingin terus berwirausaha. Beberapa di antara bisnis yang dijalankan ini bahkan dapat dijalankan tanpa modal.

Berikut sejumlah usaha sampingan yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa. Simak penjelasannya.


1. Membuka Toko Online

Toko online alias online shop termasuk usaha dengan keuntungan yang menjanjikan. Pasalnya Anda hanya membutuhkan smartphone, jaringan internet, dan produk. Lebih mudah lagi jika Anda menjual produk digital semacam software karena tidak memerlukan tempat penyimpanan.

Anda juga dapat berbisnis melalui e-commerce yang tersedia. Produk Anda akan cepat dikenal dan lebih praktis. E-commerce sudah menyediakan pembukuan pembelian dan penjualan untuk Anda.

Jika Anda ingin melakukannya tanpa modal, Anda dapat berbisnis dropship. Bisnis ini serupa dengan reseller, atau penjual tangan kedua. Bedanya adalah Anda tidak perlu menyetok barang, pemasok akan langsung mengirimkannya kepada pembeli.


Baca juga: 16 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga


Keuntungan membuka toko online adalah bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Anda juga tidak perlu keluar banyak modal untuk display barang.

Di sisi lain, kelemahan bisnis online adalah Anda harus pintar-pintar mempromosikannya. Pasalnya sudah banyak bisnis yang menggunakan media serupa. Anda juga perlu menemukan titik unik dari produk yang hendak dijual.


2. Fotografer

Menjadi fotografer memang memerlukan keahlian khusus. Namun jika Anda memiliki kemampuan fotografi, keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini lumayan tinggi, lho.

Anda dapat mengeksplorasi teknik fotografi agar dapat mengasah kemampuan. Jika berminat, Anda juga dapat merambah ke teknik videografi. Bidang ini cukup dilirik pebisnis mahasiswa karena keuntungannya yang lumayan.

Selanjutnya, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan bekerja sama dengan event organizer (EO) atau wedding organizer (WO). Umumnya acara-acara seperti ini diadakan di akhir pekan, sehingga tidak akan mengganggu perkuliahan Anda.

Jika tidak, Anda dapat menawarkan jasa fotografi ke rekan-rekan atau kenalan Anda. Misalnya, untuk acara wisuda.

Jangan lupa untuk membuat portofolio. Hal ini dapat Anda lakukan di media sosial sehingga semakin dikenal banyak orang.


3. Desainer Grafis

Bidang bisnis ini juga memerlukan keahlian khusus. Anda harus menjadi seseorang yang peka akan desain, warna, dan bentuk.

Namun keuntungan yang ditawarkan juga tidak main-main. Pasalnya banyak perusahaan membutuhkan desainer grafis. Anda dapat melakukan usaha ini secara freelance, misalnya dengan bergabung dengan situs yang menawarkan jasa freelance dengan perusahaan-perusahaan.

Jika Anda baru ingin mulai belajar desain grafis, jangan khawatir. Banyak orang yang belajar mendesain secara otodidak, misalnya dengan mempelajari aplikasi Adobe Photoshop, Canva, hingga Corel Draw. Selain itu, sudah banyak platform dan konten yang menawarkan pelajaran desain secara gratis.

Seperti sebelumnya, Anda dapat menawarkan terlebih dulu jasa ini ke rekan-rekan atau kenalan. Setelah semakin berkembang, Anda dapat mulai mengumpulkan karya untuk dijadikan portofolio.

Anda juga dapat memamerkan portofolio tersebut di media sosial atau membuat situs. Hal ini dapat menjadi cara Anda mendapatkan uang.


4. Instagram Influencer

Saat ini ada banyak sekali influencer di Instagram. Namun bukan berarti tidak ada celah untuk Anda menjadi influencer.

Influencer adalah orang yang dianggap populer di internet karena mendapat banyak followers. Mereka diandalkan dalam memasarkan produk milik usaha atau brand tertentu. Lalu mereka mendapat bayaran dari pemilik usaha tersebut.

Untuk menjadi influencer, Anda harus punya self-branding yang baik. Misalnya Anda mempunyai ciri khas gaya berpakaian atau berbicara. Anda kembangkan terus hal itu dan jadikan gaya khas Anda, sehingga mudah diingat orang.

Setelah itu, Anda melakukan strategi konten agar engagement media sosial Anda naik. Kemudian Anda mulai membagikan konten positif yang menjadi keahlian Anda. Misalnya, Anda gemar bermain musik, membagikan tips desain grafis, hingga tips membuat konten.

Anda harus membangun jejaring dengan para influencer dan brand ternama. Menjadi influencer memang cukup rumit, mengingat Anda harus memahami seluk-beluk media sosial dan penggunanya. Anda juga harus konsisten dalam mengunggah konten agar selalu diingat.


5. Kuliner

Bisnis ini cukup menjanjikan. Pasalnya makanan adalah kebutuhan primer manusia, sehingga pasti dicari. Hal yang paling penting adalah produk kuliner Anda unik, enak, dan terjangkau.

Jika Anda tidak ingin ribet mencari ide bisnis, Anda dapat mengumpulkan modal untuk menjadi membeli lisensi franchise alias waralaba. Umumnya bisnis waralaba sudah dikenal merknya, sehingga Anda tidak akan kesulitan mempromosikannya.


6. Make Up Artis (MUA)

Profesi make up artist (MUA) memang cukup menjanjikan, karena banyak acara formal di perkuliahan yang membutuhkan jasa riasan. Misalkan wisuda atau acara formal lainnya.

Tarif jasa MUA bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan untuk perias profesional. Namun modal awal yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan kosmetik memang tidak sedikit.

Anda dapat belajar secara otodidak melalui berbagai konten di internet yang tersedia gratis. Anda juga dapat mengikuti kursus rias sebagai modal awal.


7. Penulis Lepas

Anda dapat menjadi penulis lepas jika menyukai hobi menulis. Hal ini merupakan ide usaha sampingan yang mudah karena dapat dilakukan di waktu luang.

Tulisan tersebut dapat Anda muat di blog pribadi maupun bergabung dengan penyedia jasa freelance. Jika Anda bergabung dengan jasa freelance, Anda akan menulis dengan tema tertentu.

Sementara itu jika Anda menjadi blogger, nantinya Anda akan mendapatkan uang melalui iklan yang terpasang di blog Anda. Iklan tersebut diperoleh dari Google AdSense. Akan lebih baik jika blog Anda sudah dioptimasi dan memiliki traffic yang tinggi.


8. Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan kelanjutan jika Anda menjadi influencer, baik sebagai YouTuber atau blogger. Artinya, Anda dapat mempromosikan produk tertentu menggunakan kupon khusus.

Kemudian apabila orang membeli produk dari perusahaan yang bekerja sama dengan Anda menggunakan kupon tersebut, Anda akan memperoleh imbalan berupa komisi. Umumnya perusahaan secara langsung menawarkan program ini untuk influencer.

Anda sebaiknya membaca dengan cermat cara kerja dan persyaratan yang diminta. Keuntungan yang didapat bisa berupa uang atau barang gratis, tergantung kesepakatan.


Ide usaha sampingan di atas memang tidak membutuhkan banyak modal. Namun sebagai mahasiswa, mungkin Anda ingin modal tambahan agar bisnis tersebut semakin berkembang.

Anda dapat mendaftarkan diri menjadi peminjam atau borrower di layanan P2P lending Modal Rakyat. Bunga yang ditawarkan kompetitif dibandingkan layanan P2P lending lainnya. Selain itu, prosesnya mudah dan cepat, cukup lima hari kerja untuk disetujui.

Demikian penjelasan tentang ide usaha sampingan untuk mahasiswa. Selamat mencoba, semoga beruntung.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru