Bisnis

Penjelasan Venture Capitalist adalah: Risiko hingga Profit

Brigitta Winasis-

23 Aug 2021

Penjelasan Venture Capitalist adalah: Risiko hingga Profit

Venture capitalist adalah istilah yang akrab di dunia usaha, terutama bagi mereka yang bergelut di perusahaan startup (rintisan). Salah satunya yang harus dipahami adalah pengertian cara kerja, serta keuntungan yang akan didapat oleh venture capitalist.

Seperti apa cara kerja venture capitalist? Berikut penjelasannya.


Baca juga: Mengenal Manajer Investasi yang Membantu Mengelola Aset Anda


Apa itu Venture Capitalist?

Pemodal ventura atau venture capitalist (VC) merupakan pembiayaan yang dilakukan investor untuk perusahaan lain, khususnya perusahaan rintisan dan pengusaha berskala kecil. Mereka dipilih karena diperkirakan akan potensial secara jangka panjang.

VC biasanya diberikan oleh investor kaya, bank yang menyediakan jasa investasi, atau lembaga keuangan lainnya. Venture capital untuk investasi tidak harus selalu dalam bentuk uang segar, tetapi bisa juga berbentuk keahlian manajerial atau teknis.

Investasi berjenis ini umumnya lebih berisiko. Namun keuntungan yang dijanjikan juga lebih menarik.

Investasi tipe venture capital populer di antara perusahaan rintisan yang berusia kurang dari dua tahun. Investasi VC penting untuk meningkatkan modal, apalagi jika perusahaan tersebut kekurangan akses dalam hal pasar modal, pinjaman modal, atau instrumen utang yang lain.


Kegiatan Venture Capitalist

Seorang pemodal ventura umumnya melakukan berbagai kegiatan sebagai berikut.

1. Mencari Perusahaan Rintisan Baru

Seorang VC akan mencari perusahaan rintisan yang dinilai potensial akan menimbulkan pertumbuhan tinggi.

2. Menjalankan Kesepakatan

Setelah VC menentukan target perusahaan yang akan diberi modal, akan dilakukan uji tuntas terkait bagaimana potensi investasi dan melakukan analisis proyeksi pasar serta keuangan. Jika tampaknya meyakinkan, proses negosiasi mulai dilakukan.

3. Mendukung Perusahaan Rintisan

Investasi dari VC umumnya menjadi komitmen berjangka panjang. Jangka waktunya berkisar antara lima sampai delapan tahun.

Perusahaan VC umumnya tidak akan terlibat dalam operasional perusahaan sehari-hari. Namun akan menugaskan anggota dewan yang bersikap proaktif dalam kebijakan strategis.

Perusahaan VC juga memiliki hak veto atas keputusan penting seperti pengeluaran dan penjualan. Di sisi lain, keberadaan VC akan menguntungkan perusahaan rintisan karena akan didukung dalam hal penggalangan dana atau urusan administrasi.

4. Sebagai Jaringan dan Membangun Merek

Investor VC akan mengikuti perkembangan industri mereka dan menghadiri berbagai acara.

5. Hubungan dengan Limited Partners (LP)

VC akan menugaskan Mitra Terbatas alias LP untuk memberikan laporan dan update terbaru. Tugas lainnya adalah mencari mitra investasi baru.

6. Operasi Internal

Pemodal VC terlibat dalam tugas administrasi, akuntansi, dan pelaporan internal.


Cara Perusahaan Mendapatkan Venture Capital

Perusahaan dapat memperoleh pembiayaan dalam jumlah banyak lewat investasi venture capital. Modal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, terutama jika perusahaan sedang terkendala dalam hal modal.

Hal yang harus dilakukan agar mendapat VC pertama kali perusahaan harus membuat business plan, baik ke institusi maupun investor individu. Jika investor tertarik, maka ia akan menganalisis model bisnis, produk, manajemen, hingga riwayat operasional perusahaan.

Analisis ini cukup memakan waktu, mengingat risiko yang akan diambil pemodal VC. Dana yang dikeluarkan juga dalam jumlah besar, sehingga analisis tersebut sangat penting.

Umumnya pemodal VC yang sudah profesional akan berfokus pada industri tertentu. Pengalaman dalam industri tersebut membuat mereka tahu seluk-beluknya dengan baik, serta potensi keuntungan dan kerugiannya.

Setelah analisis selesai, investor selanjutnya menawarkan investasi modal yang akan ditukar dengan ekuitas perusahaan. Pemodal dapat mencairkan dana sekaligus. Namun umumnya pencairan dilakukan secara bertahap.

Secara aktif investor akan berperan dalam hal pengawasan dan konsultasi perusahaan yang berbayar. Pengawasan ini terus dilakukan sampai akhirnya seluruh dana dicairkan.

Investor selanjutnya akan melakukan exit dari perusahaan sekitar empat sampai enam tahun seusai pembiayaan tahap awal. Caranya adalah melalui akuisisi, merger, hingga Initial Public Offering (IPO).


Baca juga: Mengenal Apa itu Single Investor Identification (SID)


Cara Venture Capitalist Menghasilkan Uang

Seperti dijelaskan di atas, investasi VC sangat berisiko. Pasalnya perusahaan yang diinvestasikan masih pemula dalam menghadapi tantangan, sehingga sulit mempertahankan modal awal. Selain itu, profil risikonya tinggi dan cenderung arus kas kurang.

Walaupun terkesan menjanjikan, selalu ada risiko dan ketidakpastian, mengingat bisnis yang diinvestasikan belum cukup mapan. Perusahaan VC juga cenderung melakukan investasi besar, karena tujuan pendanaannya untuk return yang lebih besar daripada entitas lainnya.

Walaupun memiliki tingkat kegagalan tinggi, pemodal berpotensi memperoleh pengembalian yang juga tinggi jika startup tersebut berhasil. Untuk mengurangi risiko, VC biasanya jarang menanamkan semua uang mereka di perusahaan yang sama.

Umumnya mereka akan melakukan diversifikasi investasi di beberapa perusahaan rintisan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan gagalnya salah satu perusahaan.


Risiko pada Venture Capitalist

Investasi VC memiliki risiko yang besar karena banyaknya uang yang diinvestasikan dan panjangnya waktu pengembalian keuntungan atau return. Keuntungan biasanya diperoleh setelah empat sampai enam tahun investasi awal.

Tantangan lainnya yang harus dihadapi adalah kemungkinan perusahaan rintisan tersebut gagal berkembang. Menurut Forbes, persentase gagal perusahaan rintisan adalah sebesar 90 persen dengan alasan berbagai macam.

Untuk mencegah hal tersebut, investor akan melakukan diversifikasi investasi. Bisa juga investor memberi dana kepada perusahaan startup yang sudah teruji serta lumayan bertumbuh. Namun investasi semacam ini akan membutuhkan dana yang lebih besar lagi.

Keadaan ini membuat investor semakin bersaing untuk menemukan perusahaan rintisan yang bisa menjadi perusahaan besar di kemudian hari. Ada perusahaan rintisan yang bisa berkembang menjadi unicorn, yakni sebutan untuk perusahaan yang bernilai 1 miliar Dollar AS atau setara Rp13 triliun.

Walaupun begitu, potensi kemunculan unicorn sangatlah kecil. Di Amerika Serikat saja hanya sekitar 0,15 persen perusahaan rintisan yang mampu menjadi unicorn.


Tips Meraih Keuntungan dan Menghindari Kegagalan Bagi Venture Capitalist

Seorang pemodal VC harus cermat membaca situasi dan potensi masa depan perusahaan. Selain itu ada hal lain yang penting, yaitu timing yang tepat.

Pada awalnya, investor akan berupaya menekan nilai perusahaan dengan menawarkan investasi yang tidak terlalu besar. Kemudian investor akan terlibat dalam memperbaiki arus kas perusahaan serta memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, nilai jual perusahaan akan meningkat pada masa akhir investasi.

Pada momen yang tepat, investor akan melakukan exit dan memperoleh profit besar dari investasi yang sudah ia lakukan.

Seorang investor VC tidak tahu kapan ia akan mendapat pengembalian return. Untuk menghindari kemungkinan merugi, investor cenderung berhati-hati dalam memutuskan segala sesuatu.

Langkah lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari kerugian adalah dengan melakukan investasi secara bersama-sama. Perusahaan rintisan sendiri juga akan berkomunikasi dengan banyak VC untuk memperoleh dana yang dibutuhkan.


Baca juga: 5 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Memberikan Keuntungan


Posisi dalam Perusahaan Venture Capitalist

Secara umum, ada empat jenis posisi pada perusahaan VC.

1. Analis

Analis bertugas melakukan analisis perusahaan yang ditargetkan. Posisi analis bertugas melakukan meneliti industri dan rekan pendukungnya. Analisis dilakukan melalui uji tuntas serta proses internal.

Analis akan menghadiri berbagai konferensi serta bekerja untuk perusahaan VC. Analis jarang bergerak secara vertikal dalam perusahaan.

2. Rekanan

Rekanan disebut juga dengan partner. Mereka memiliki pengalaman tingkat dasar dalam industri yang berhubungan dengan perbankan, investasi, manajemen produk, dan lain-lain.

Tugas rekanan junior adalah mencari perusahaan rintisan yang potensial dan memberikan pembaruan kepada prinsipal dan mitra, melakukan analisis model bisnis dan tren industri, serta mendukung portofolio perusahaan.

Tugas rekan senior kurang lebih sama dengan rekan junior. Selain itu, mereka bertugas mewakili perusahaan. Mereka juga memiliki pengaruh yang lebih besar daripada prinsipal serta mitra.

Rekanan senior harus bisa menunjukkan kemampuan bahwa mereka dapat mengenali perusahaan rintisan yang potensial.

3. Prinsipal

Prinsipal merupakan mitra pelatihan. Kandidat akan membutuhkan waktu tujuh sampai sepuluh tahun pengalaman. Untuk menjadi mitra, kandidat harus memiliki kemampuan menambah keuntungan perusahaan.

Walaupun prinsipal merupakan staf yang paling senior yang terlibat dalam pelaksanaan proses perjanjian dan negosiasi, mereka juga banyak berhubungan dengan portofolio perusahaan. Demi menjalankan tugas dengan baik, mereka harus mempunyai pengetahuan tentang teknologi yang ada dalam industri, baik dari segi bisnis maupun keuangan.

Mereka merupakan anggota staf senior yang duduk di anggota dewan. Namun mereka tidak punya hak dalam memutuskan investasi akhir.

4. Mitra

Perusahaan VC membagi mitra menjadi tingkat junior, senior, serta umum. Prinsipal dapat bergerak secara vertikal dalam perusahaan VC.


Jadilah Pendana UMKM Indonesia Melalui Modal Rakyat

Pendanaan tidak hanya dapat dilakukan melalui venture capitalist, tetapi juga melalui P2P lending seperti Modal Rakyat. Apa saja keuntungannya?

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga aset Anda dijamin keamanannya. Imbal hasil yang ditawarkan mencapai 18 persen per tahun.

Selanjutnya, minimal pendanaan yang bisa dilakukan rendah. Anda bisa mendanai mulai dari Rp25.000 saja.

Likuiditas yang ditawarkan juga tinggi. Anda bisa memilih durasi pendanaan, misalnya mulai dari satu bulan saja.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru