Bisnis

Simak Perbedaan Wirausaha VS Wiraswasta Berikut Ini

Pretty Angelia Wuisan-

27 May 2021

Simak Perbedaan Wirausaha VS Wiraswasta Berikut Ini

Membangun usaha dengan ide sendiri adalah hal yang mengasyikkan juga menantang. Banyak dari Anda yang pastinya ingin memiliki bisnis sendiri yang dibangun dari kesukaan Anda. Anda pun bisa memilih menjadi wirausaha atau wiraswasta.

Wirausaha vs wiraswasta sering dikira sama. Padahal kedua istilah itu memiliki perbedaan yang bisa langsung Anda temukan. Di sini akan dijelaskan pengertian masing-masing wirausaha dan wiraswasta, serta perbedaannya.


Baca juga: Langkah Jitu Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis


Apa itu wirausaha?

Wirausaha memiliki arti kegiatan yang dilakukan seseorang dalam menghasilkan produk berupa barang dan jasa, memproduksinya, lalu memasarkannya hingga dapat diterima oleh masyarakat luas. Orang yang melakukannya dikenal sebagai wirausahawan. Kita lebih mengenalnya sebagai pebisnis.


Hal yang perlu dimiliki wirausaha

Banyak sekali orang yang menjalankan wirausaha karena beberapa keuntungannya seperti, menjadi bos di kantor sendiri, tidak terikat dengan waktu, tidak terikat dengan sebuah perusahaan yang dimiliki orang lain. Namun, sebenarnya untuk menjadi wirausaha dibutuhkan kemampuan yang mumpuni. Inilah hal yang perlu dimiliki oleh wirausaha.


1. Kreatif dan inovatif

Para wirausahawan dikenal sebagai sosok kreatif dan inovatif karena mampu menghasilkan sesuatu yang beda dan dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka pun akan selalu melakukan pembaruan terhadap produk-produk yang dimilikinya agar masyarakat tidak bosan.


2. Keberanian untuk menerima risiko

Menjadi wirausahawan itu banyak tantangannya. Tantangan terberat adalah usaha yang dibangun bertahun-tahun bisa bangkrut karena kesalahan yang tidak bisa diatasi. Itu sudah menjadi risiko dari wirausahawan. Namun, dibalik risiko itu, tentu keuntungan yang wirausahawan dapatkan pun besar.


3. Tahan banting

Walaupun sudah mengalami kegagalan, wirausahawan biasanya mampu bangkit kembali dari keterpurukan. Ia adalah sosok yang tahan banting dan pada akhirnya mau mencoba sekali lagi dengan tidak melupakan kegagalan yang bisa jadi pelajaran untuknya.


4. Berjiwa pemimpin

Wirausahawan juga memiliki kepemimpinan yang bagus. Ia yang mengatur jalan usahanya yang dibantu oleh beberapa karyawan. Ia dapat menginspirasi para karyawannya untuk terus bersemangat dalam bekerja. 


Apa itu wiraswasta?

Untuk lebih tahu tentang wirausaha vs wiraswasta, Anda juga harus mengenal lebih jauh tentang pengertian wiraswasta. Wiraswasta adalah orang yang memiliki kesukaan di bidang tertentu, kemudian mampu mengubahnya menjadi lahan bisnis yang mendatangkan keuntungan untuknya.


Hal yang perlu dimiliki oleh wiraswasta

Dari pengertian wiraswasta di atas, tampak sama ya dengan wirausaha. Namun, wiraswasta perlu memiliki hal-hal di bawah ini agar mampu melakukan kegiatannya dengan baik.


1. Passion yang kuat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wiraswasta ini biasanya datang dari sesuatu yang disukai dulu. Wiraswasta memiliki passion yang begitu kuat. Jika tidak punya passion, maka kegiatan wiraswasta akan berlangsung singkat saja. Salah satu contohnya adalah penulis lagu yang setiap tahunnya bisa mengeluarkan lagu fenomenal.


2. Kesabaran dalam menunggu hasil

Berwiraswasta ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sabar karena di beberapa kegiatan memang butuh waktu lama untuk menghasilkan. Misalnya, untuk penulis lagu, pastinya lagu yang ia tulis itu tidak langsung booming ketika baru dikeluarkan. Butuh waktu sampai banyak orang bersedia mendengarkan dan mengakui bahwa lagunya bagus.


3. Fokus usaha yang tinggi

Biasanya profesi wiraswasta ini dilakukan untuk sampingan atau dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lain. Untuk itulah profesi ini membutuhkan fokus yang tinggi karena tidak mudah melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.


4. Keterampilan yang mumpuni

Wiraswasta harus punya keterampilan dalam profesi yang ditekuninya itu. Jika ia ingin berprofesi sebagai perancang busana, ia tentu harus bisa merancang busana. Biasanya dibuktikan dengan sertifikat yang dimilikinya. Namun, tidak semuanya harus bersertifikat.


Baca juga: 6 Rekomendasi Bisnis yang Cocok Untuk Generasi Z


Perbedaan Signifikan antara Wirausaha vs Wiraswasta

Sekarang, Anda perlu mengetahui mengenai perbedaan antara wirausaha vs wiraswasta. Inilah penjelasannya.


1. Fokus bisnis

Perbedaan antara wirausaha vs wiraswasta yang pertama adalah fokus bisnisnya. Wirausahawan biasanya akan fokus untuk membangun bisnisnya saja. Sedangkan wiraswasta, bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus karena kebanyakan dari mereka menjadi kegiatan berwiraswasta sebagai pekerjaan sampingan. 

Contoh wiraswasta adalah misalnya pekerja kantoran yang memiliki kemampuan menjahit, jadi sesekali ia akan menerima pesanan untuk menjahit baju.


2. Keterampilan khusus

Keterampilan yang dimiliki wirausaha vs wiraswasta berbeda ruang lingkup bisnisnya. Wirausahawan mengedepankan banyak keterampilan mulai dari keterampilan bernegosiasi, keterampilan menciptakan produk, keterampilan berbicara di depan umum, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk berwiraswasta, setidaknya ada satu keterampilannya yang paling menonjol sehingga kita bisa menyebutnya sesuai dengan profesinya itu. Misalnya, penjahit, seniman patung, penulis, dan sebagainya.


3. Tujuan di masa depan

Wirausahawan cenderung berpikir untuk ke depan. Oleh karena itu, ia akan terus mencari ide untuk inovasi baru. Persaingan di antara pebisnis itu begitu ketat. 

Sementara itu, wiraswasta lebih cenderung mencari keuntungan di jangka pendek. Bisa langsung puas apabila target tercapai saat ini juga.


4. Kecenderungan dalam meraih peluang

Wirausahawan apabila mendapatkan modal tambahan biasanya akan berekspansi ke usaha lainnya. Melakukan diversifikasi adalah sebuah keharusan untuk berjaga-jaga jika terjadi krisis.

Sedangkan wiraswasta akan terus mengembangkan profesinya yang itu-itu saja. Cara yang dilakukannya termasuk tradisional karena memanfaatkan cara-cara yang sudah ada. Namun, nantinya ia bisa menjadi yang ahli di bidangnya. 

Mau wirausaha ataupun wiraswasta, Anda bisa memilih profesi mana yang paling Anda sukai. Keduanya sama-sama punya kelebihan dan risiko.


Modal Rakyat Hadir untuk Para Pelaku UMKM

Untuk pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha, P2P Lending Modal Rakyat siap membantu Anda mewujudkannya. Di Modal Rakyat, Anda bisa bertemu dengan pendana yang bersedia meminjamkan modal pada Anda. Beban bunga yang diberikan pada Anda termasuk kompetitif karena disesuaikan dengan risiko usaha.

Selain itu, pengajuan pinjaman berlangsung dengan cepat karena bisa dilakukan secara online. Modal Rakyat juga sudah meraih izin resmi dari OJK, jadi aman dan terpercaya. Anda bisa mengajukan pinjaman melalui halaman ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru