Gaya Hidup

Adakah Tanda Ciri-Ciri Orang Sukses ini dalam Dirimu?

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Mar 2020

Adakah Tanda Ciri-Ciri Orang Sukses ini dalam Dirimu?

Sebagian besar dari kamu pasti merasa iri melihat kehidupan orang lain (atau mungkin temanmu sendiri) yang sudah sukses. Bisa beli ini itu, hidup enak, dan banyak uang. Namun, apakah memang kesuksesan dinilai seperti itu? Perlu dipahami dan dimaknai bahwa kesuksesan berawal dari sikap hidup dan sifat kamu sedari sekarang ini. Setiap individu pasti ingin menjadi orang sukses di masa depan. Tapi, apa ciri-ciri orang yang seperti itu?

Banyak yang bilang ciri-ciri orang sukses itu diawali dengan bangun di pagi hari atau rajin berolahraga. Padahal tidak hanya itu, masih ada ciri-ciri orang sukses yang harus kamu tahu.  Apa sajakah? Yuk simak terus! Siapa tahu ada di dalam diri kamu.


Baca juga: 11 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Benar


Punya Impian Besar

Orang yang sukses selalu punya impian. Impian itulah yang akan terus membawa kamu kepada kesuksesan. Jika kamu memiliki impian yang besar dan orang menertawakannya, disinilah sikap hidup kamu diuji. Jika kamu gigih dan tekun dalam menggapai impianmu, maka tanpa disadari secara lambat laun mimpi tersebut akan terwujud. Bekerja keras tanpa punya impian hidup tidak cukup dan kamu tidak pernah punya motivasi. Untuk itu perlu kerja keras dan cerdas untuk impianmu, serta fokus pada hal tersebut.


Berani Ambil Risiko

Salah satu ciri-ciri orang sukses adalah berani mengambil risiko. Orang yang berani ambil risiko adalah orang yang mampu memimpin dirinya sendiri. Ya, sebelum menjadi sukses kamu harus membuat dirimu lebih baik. Seperti halnya ketika kamu memutuskan keluar jadi pekerjaan kantor dan beralih menjadi pebisnis. Meski penuh tantangan dan berisiko menjadikanmu bangkrut, tapi jika kamu yakin maka semua itu bisa dilewati. Kamu bisa belajar perlahan-lahan apa yang menghambatmu dan bagaimana mengatasinya. Hal ini akan membentuk cara berpikir yang lebih luas dan maju tentunya.


Tidak Berhenti Belajar

Terkadang, sedih rasanya melihat generasi milenial yang malas untuk belajar, tapi mimpinya segudang. Ketika kamu berhenti belajar, kamu pun berhenti bertumbuh. Ciri-ciri orang sukses tidak pernah ada kata puas dalam menambah pengetahuannya tentang banyak hal, terlebih jika itu mengenai bisnis atau pekerjaan. Tak harus melulu membaca buku untuk belajar! Ada berbagai hal yang bisa dijadikan tempat belajar, misalnya: ikut pelatihan, datang ke acara-acara seminar, atau ikut suatu komunitas, bahkan smartphone pun bisa dijadikan sebagai sarana belajar.

Orang-orang yang sukses akan senang bertemu dan berbincang dengan kenalan baru, karena dari situ, mereka bisa tahu hal-hal baru yang bisa menambah pengetahuan atau wawasan.


Mampu Membaca Peluang

Sebagian besar menganggap kalau masalah seolah-olah jadi akhir hidup atau dipecat dari pekerjaan adalah akhir dari segalanya. Namun, tidak demikian bagi orang sukses. Walaupun masalah besar datang, orang sukses akan berusaha tidak panik dan mencari peluang dari masalah yang sedang terjadi.


Menerima Kritik Maupun Saran

Sesuatu hal yang sulit untuk menerima kritik bagi beberapa orang. Namun, ciri-ciri orang sukses salah satunya adalah menerima secara lapang dada segala kritikan. Bahkan kritikan itu bisa datang dari keluarga sendiri. Karena kritik bisa dianggap sebagai motivasi yang baik untuk memperbaiki diri dan menjadikan kamu lebih baik.

Selain itu, orang sukses juga tidak egois karena mau menerima dan mendengarkan saran dari rekan-rekan atau keluarga. Bukan berarti menuruti mereka, tapi mempertimbangkan saran dari orang-orang terdekat dengan keputusan yang kamu pilih.


Bekerja Keras, Cerdas, dan Disiplin

Banyak orang bilang, jangan bekerja keras tapi bekerjalah dengan cerdas. Sebetulnya bekerja keras dan cerdas adalah ciri-ciri orang sukses yang mutlak di masa depan. Kerja keras saja tidak cukup bila hasilnya tidak efisien, maka kamu harus cari cara yang lebih efektif agar tidak sia-sia. Supaya kombinasi keduanya bisa berjalan, berusahalah untuk disiplin, terutama disiplin waktu. Orang yang sukses bisa mendisiplinkan dirinya sendiri sesuai rencana yang sudah dibuat.


Jarang Mengeluh dan Banyak Bersyukur

Tak ada salahnya menyampaikan keluh kesah kepada teman atau orang tercinta, yang mungkin bisa meringankan bebanmu. Akan tetapi, jika kamu terlalu sering mengeluh justru hidup akan semakin berat. Karena mengeluh akan membawa aura negatif ke dalam diri sendiri dan buat yang mendengarkan. Tentu orang akan kesal dan tidak nyaman dengan keluh kesahmu setiap waktu.

Orang yang sukses mampu mengelola beban hidupnya tanpa harus diceritakan kepada orang lain. Lalu caranya bagaimana? Bersyukur setiap saat adalah cara yang ampuh melepaskanmu dari rasa keluh kesah. Bersyukur membuatmu menerima dengan ikhlas dengan kondisimu dan percaya keadaan akan lebih baik.


Mampu Beradaptasi

Biasanya orang sukses punya rasa percaya diri sendiri. Hal inilah yang membuatnya mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dimanapun. Jika kamu mudah untuk beradaptasi, tentunya kamu akan dapat teman baru dan itu menyenangkan.


Dapat Mengelola Keuangan

Ciri-ciri orang sukses salah satunya mampu mengelola keuangan dengan baik. Apakah pengeluaranmu tidak terkontrol sehingga pemasukanmu tidak pernah cukup? Apakah kenaikan gaji justru malah membuatmu banyak utang? Itu artinya, ada yang salah dengan pengelolaan keuanganmu.

Selain memperbaiki arus kas keuangan, orang yang sukses juga mampu menyisihkan uang, sesedikit apapun itu, untuk berinvestasi. Pasalnya, investasi akan memberi keuntungan dan keamanan finansial di masa depan. 

Tentu kamu ingin menjadi orang yang tahu dengan jelas tujuan investasi, dan bagaimana caranya. Tidak sulit untuk menggapai itu semua. Kamu hanya memerlukan sebuah ponsel pintar, dan mengunduh aplikasi Ajaib. Melalui aplikasi reksa dana online tersebut, kamu bisa menyesuaikan jenis, nominal, maupun seberapa sering kamu berinvestasi untuk mencapai tujuan keuanganmu. 

Berinvestasi di reksa dana berarti mempercayakan manajer keuangan profesional untuk mengalokasikan uangmu di berbagai instrumen investasi, sehingga cocok digunakan oleh pemula yang belum tahu banyak soal investasi. Mari bersama berupaya menjadi orang sukses!


Baca juga: 12 Kebiasaan Finansial yang Membuat Milenial Kaya


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru