Bisnis

Womenpreneur Pemula, ini Tips Sukses untuk Anda

Pretty Angelia Wuisan-

25 Jun 2021

Womenpreneur Pemula, ini Tips Sukses untuk Anda

Dulu bagi wanita, menjadi womenpreneur atau pebisnis itu hal yang sulit. Stigma wanita yang sebaiknya hanya diam dan menerima, menjadi alasannya. Namun, seiring perjalanan waktu, womenpreneur Indonesia sekarang semakin banyak yang berani unjuk gigi. Menjadi seorang womanpreneur sukses kali ini terbuka untuk para wanita.

Malah disebutkan wanita itu cenderung lebih ahli dalam berbisnis karena mereka pintar mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik berpotensi membuat bisnis Anda bertahan lama. Selain itu, Anda juga memerlukan cara berikut ini untuk menjadi pebisnis yang handal.


Baca juga: 5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin


1. Memproduksi barang dan jasa yang Anda kenali

Saat pertama kali berbisnis, Anda mungkin akan kebingungan memilih barang dan jasa apa yang ingin produksi. Sebenarnya hal ini tidak begitu sulit. Anda bisa saja mengikuti trend dengan melihat barang dan jasa apa saja yang sedang digemari oleh masyarakat. Namun, yang lebih penting adalah Anda mengenali apa yang Anda akan produksi.

Pasalnya hal tersebut akan berguna ketika Anda presentasi di depan calon investor. Mereka akan bertanya banyak pada Anda tentang barang dan jasa itu. Anda tentu harus paham kelebihan dan kekurangan yang produk Anda miliki untuk menjelaskannya dengan baik.


2. Menyusun proposal bisnis yang rapi dan meyakinkan

Sebagai womenpreneur, Anda juga perlu menyusun proposal bisnis yang dapat meyakinkan investor agar bersedia menanamkan modalnya pada bisnis Anda. Proposal ini berisi rencana-rencana yang Anda lakukan dalam bisnis, termasuk jumlah modal yang dibutuhkan, barang dan jasa yang akan diproduksi, dan strategi Anda agar bisa mencapai target.

Dengan proposal yang rapi dan rinci itu, investor akan tertarik, dan menyetujui proposal yang Anda tawarkan.


3. Latih kemampuan presentasi Anda

Selain menyusun proposal, Anda juga perlu melatih kemampuan presentasi. Presentasi ini akan sangat berguna ketika Anda berhadapan dengan orang-orang luar yang akan membantu bisnis Anda berkembang.

Apabila dilatih secara maksimal, Anda juga akan lebih jago berbicara di depan publik. Pebisnis wanita juga harus mampu membuat pebisnis wanita lain berani dalam menjalankan bisnisnya. Jangan takut untuk menginspirasi banyak orang dengan menjadi pembicara.


4. Percaya diri menjadi seorang pemimpin

Kepemimpinan sekarang tidak hanya identik dengan pria, wanita pun bisa menjadi seorang pemimpin. Anda harus punya kepercayaan diri dalam memimpin tim agar mereka dapat mengeluarkan potensinya masing-masing. Pemimpin yang percaya diri mampu membuat anak buahnya mengikuti jejak pemimpinnya.

Wanita biasanya secara emosional bisa dekat dengan anak-anak buahnya karena lebih mengedepankan perasaan. Anda perlu mengolah emosional Anda lebih baik agar punya hubungan yang berkualitas dengan anak-anak buah Anda.

Caranya adalah dengan komunikasi dua arah. Anda tidak hanya menjadi orang yang berbicara, tapi juga mendengarkan pendapat mereka di dalam berbagai kesempatan.


5. Memperluas jaringan

Jangan ragu untuk memperluas jaringan karena hal itu akan membantu Anda dalam membangun bisnis. Untuk itu Anda perlu berkumpul bersama para womenpreneur. Di sana Anda bisa bertukar pikiran, bahkan bukan tidak mungkin mendapatkan calon investor.

Caranya adalah dengan mengunjungi event-event atau pameran yang berhubungan dengan bisnis. Saat ini acara seperti itu sangat sering diselenggarakan di Indonesia. Hal itu dilakukan agar semakin banyak pebisnis yang lahir di Indonesia.

Carilah informasi tentang event-event tersebut di internet. Anda pasti bisa menemukan event-nya yang diselenggarakan di dekat domisili Anda. Atau bisa bergabung dengan womenpreneur community di kota Anda.


Baca juga: Ada 5 Jenis Gaya Kepemimpinan, Anda yang Mana?


6. Modal usaha tidak hanya berasal dari bank

Mencari modal untuk berbisnis itu memang butuh perjuangan yang ekstra. Apalagi untuk womenpreneur, meminjam di bank itu sulit karena perbankan kita masih belum terbuka itu pada pengusaha wanita.

Namun, Anda tetap bisa mendapatkan modal dari tempat lain. Anda dapat mengandalkan investor yang Anda temui di event-event pebisnis atau meminjam dana di P2P Lending pun bisa menjadi jalan keluar untuk Anda. Untuk P2P Lending, nanti akan dibahas di bawah.


7. Jangan ragu untuk memulai

Ketika Anda menyampaikan ide-ide Anda, pasti ada saja yang mengatakan bahwa Anda tidak bisa. Anda tidak perlu mendengarkan hal itu. Anda cukup langsung memulai rencana-rencana Anda dari nol.

Tidak perlu terburu-buru. Asalkan Anda melakukannya dengan rencana yang rapi, Anda pasti bisa mencapai target bisnis Anda.

Berjuanglah buat orang-orang yang mempercayai Anda. Jika hanya Anda yang percaya, maka berjuanglah untuk diri Anda sendiri.


8. Pantang menyerah

Womenpreneur adalah sosok yang sudah seharusnya pantang menyerah. Tantangan womenpreneur memang sangat banyak. Bukan tidak mungkin Anda akan gagal pada di langkah pertama.

Namun, sudah saatnya Anda tidak ragu pada diri Anda sendiri. Kembali mencoba, walaupun harus memulai dari nol lagi.

Sudah banyak yang Anda lalui, pasti di percobaan kedua Anda akan bisa mengatasi segala masalah dan tantangan dengan sebaik-baiknya.

 

Womenpreneur UMKM Kembangkan Bisnis Anda dengan Mengandalkan Modal Rakyat

Anda bisa membangun UMKM dengan mengajukan pinjaman modal di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan investor yang bersedia menyalurkan dana untuk Anda. Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman sebesar Rp500 ribu hingga Rp2 miliar yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tidak perlu mengkhawatirkan besar bunganya karena akan disesuaikan dengan risiko usaha Anda. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa melalui online. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya. Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke halaman berikut ini.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru