Gaya Hidup

9 Siasat Cerdas untuk Memiliki Work Life Balance

Pretty Angelia Wuisan-

25 Jun 2021

9 Siasat Cerdas untuk Memiliki Work Life Balance

Bekerja itu perlu, tapi Anda juga jangan lupa untuk berbahagia. Itulah yang ditekankan pada prinsip work life balance. Memang di zaman yang apa-apa harus serba cepat ini membuat karyawan diwajibkan bekerja dengan jam kantor yang panjang. Namun, prinsip tentang kehidupan dan pekerjaan yang seimbang tetap bisa diusahakan.

Untuk itulah Anda perlu mengatur siasat agar bisa mengatur hidup dan pekerjaan Anda dengan baik. Sebenarnya hal ini sangat mudah dilakukan, terutama di tempat kerja yang sangat mendukung work life balance. Di sini Anda akan tahu lebih jauh tentang work life balance dan siasat cerdas untuk memilikinya.


Baca juga: Adakah Tanda Ciri-Ciri Orang Sukses Ini di Dalam Dirimu?


Apa itu Work Life Balance?

Work Life Balance dapat diartikan sebagai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan aktivitas pribadi, mampu menciptakan hubungan yang baik dengan keluarga, dan rekreasi.. 

Selain bekerja, Anda juga masih bisa menikmati kehidupan seperti, melakukan aktivitas yang disukai, berkumpul bersama keluarga, dan melakukan aktivitas hiburan yang bisa menghilangkan penat.

Bayangkan saja apabila Anda kerja terus-menerus tiada henti, Anda juga pasti akan kelelahan jiwa dan raga. Anda bahkan bisa mengalami penurunan produktivitas kerja dan hubungan Anda dengan orang-orang tersayang jadi memburuk.

Work Life Balance membuat Anda memiliki kehidupan yang berkualitas, yang baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Jadi, manfaatnya cukup banyak.

(tolong dijelaskan secara singkat mengenai work-life balance 1-3 paragraf)


9 Tips agar Memiliki Work Life Balance

Menerapkan kehidupan dan aktivitas kerja yang seimbang sebenarnya tidak sulit selama Anda mengusahakannya dengan baik. Seperti ini tips agar Anda bisa memiliki work life balance

(tolong tulis 1-2 kalimat pengantar sebelum masuk ke poin2 di bawah)


1. Jadi karyawan teng go

Siasat pertama untuk menerapkan work life balance adalah menjadi karyawan teng go.

Ada kalanya setelah jam kantor selesai, Anda malah lanjut bekerja karena merasa pekerjaan belum selesai. Padahal pekerjaan itu bisa dilanjutkan keesokan harinya. Di sinilah Anda perlu menerapkan prinsip teng go.

Teng go merupakan istilah datang ke kantor tepat waktu, pulang dari kantor juga tepat waktu. Anda sangat disarankan menerapkan prinsip ini selama tidak diminta untuk bekerja lebih lama oleh pihak kantor.

Coba Anda bayangkan bisa tiba di rumah lebih cepat dan waktu istirahat Anda jadi lebih banyak. Anda pun bisa lebih rileks, bahkan lebih bersemangat untuk lanjut bekerja keesokan harinya.

 

2. Menargetkan pekerjaan harian

Anda kesulitan pulang teng go biasanya karena tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Akhirnya Anda malah menambahkan jam kerja. Apabila terus terjadi seperti ini, jam kerja Anda akan selalu terasa panjang. Anda pun sulit merasakan work life balance.

Supaya Anda bisa pulang teng go, Anda sebaiknya membuat target harian pekerjaan yang disesuaikan dengan tenggat waktu yang diberikan pada Anda.

Misalnya, Anda diminta menyelesaikan proyek dalam sebulan. Anda bisa mencicil pekerjaan itu setiap harinya secara bertahap. Jadwalkan dengan rapi sampai pada waktu tanggal deadline yang telah ditentukan. Anda pasti bisa mengatur waktu sesuai dengan jam kerja Anda.

 

3. Tidak menunda pekerjaan

Setelah mampu mengatur jam kerja dengan baik, yang harus Anda tekankan selanjutnya adalah jangan menunda pekerjaan. Pekerjaan yang tertunda akan membuat jam kerja Anda terasa lebih lama dan tidak produktif. Padahal hal itu terjadi disebabkan oleh kelalaian Anda.

Ketika sedang bekerja, Anda sebaiknya tidak main media sosial. Urungkan niat Anda yang ingin bergosip ria bersama dengan rekan kerja.

Manfaatkan jam kerja hanya dengan bekerja. Anda pun jadi lebih mudah konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan begitu pekerjaan Anda tidak akan tertunda.

 

4. Manfaatkan waktu istirahat siang

Pihak kantor menyediakan waktu istirahat siang dalam waktu satu jam. Ketika jam istirahat itu tiba, Anda langsung saja istirahat. Jangan sampai tidak istirahat karena waktu istirahat ini akan bermanfaat untuk Anda.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di waktu istirahat, mulai dari makan siang, mengobrol dengan rekan kerja, main media sosial, dan kegiatan hiburan lainnya yang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Yang jelas, waktu istirahat akan mampu mengusir rasa bosan. Anda akan jadi lebih bersemangat melanjutkan pekerjaan sampai waktu pulang.

 

5. Berkumpul bersama rekan kerja

Work life balance juga dipengaruhi oleh lingkungan kerja Anda. Memiliki rekan kerja yang akrab dan saling membantu itu akan membuat pekerjaan Anda terasa lebih menyenangkan.

Untuk itu Anda perlu mempunyai hubungan yang baik dengan teman kantor Anda. Caranya adalah sesekali berkumpul dengan rekan kerja setelah pulang kantor. Misalnya, makan bersama mereka atau sekadar mengobrol. Pasti Anda akan lebih akrab dengan mereka.

Jadi, jika ada rekan kerja yang mengajak Anda untuk berkumpul bersama, Anda terima saja ajakannya.

 

6. Memiliki waktu me time setiap minggunya

Waktu me time akan sangat Anda perlukan setelah berhari-hari bekerja. Ini adalah salah satu jalan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Sekarang sedang masa pandemi, jadi Anda akan berada di rumah saja. Namun, tenang saja. Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas santai yang Anda sukai. Misalnya, menonton film dan serial yang Anda sukai, memasak, membaca buku, berolahraga ringan di sekitar rumah Anda, dan kegiatan mengasyikan lainnya.

Kegiatan me time ini pas dilakukan ketika weekend tiba. Kegiatan hiburan tersebut akan membuat Anda melupakan pekerjaan sejenak dan mampu mengurangi stres Anda. Dalam kehidupan ini Anda tidak hanya harus memikirkan pekerjaan, tapi kebahagiaan Anda pun perlu dijaga dengan melakukan kegiatan-kegiatan sederhana yang Anda senangi.


Baca juga: Apa itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya


7. Manfaatkan waktu cuti untuk liburan

Cuti adalah hak bagi semua karyawan yang diberikan oleh kantor. Namun, biasanya Anda tidak sampai hati menggunakannya karena takut pekerjaan jadi terbengkalai.

Coba buang rasa tidak enakan itu. Pasti bos akan mengizinkan Anda cuti. Apalagi jika Anda sudah lama tidak cuti. Anda perlu memanfaatkannya dengan baik, jangan didiamkan begitu saja. 

Anda bisa liburan di lokasi wisata yang belum pernah Anda jelajahi. Pasti akan ada kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di lokasi itu. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga tercinta, Anda pasti akan lebih menikmati liburan itu.

 

8. Jaga kesehatan dengan pola makan yang teratur

Work life balance juga berhubungan dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Biasanya karena terlalu sibuk bekerja Anda jadi lebih memilih makanan instan atau malah Anda melewatkan waktu makan. Kedua kebiasaan itu perlu Anda perbaiki karena tidak baik untuk kesehatan Anda.

Di dekat tempat kerja Anda pasti banyak yang menjual makanan non instan. Anda bisa memilih sesuai dengan yang disukai.

Lalu, jangan lupa untuk sarapan karena kekuatan pertama Anda untuk bekerja seharian dimulai dari sarapan.

 

9. Istirahat yang cukup

Anda perlu memiliki pola tidur yang baik. Pola tidur yang baik akan membuat work life balance Anda jadi sempurna karena kebutuhan Anda dari bekerja hingga beristirahat pun terpenuhi. Tidak hanya kesehatan tubuh, kesehatan mental Anda pun terjaga dengan baik.

Untuk punya pola tidur yang bagus, Anda tentukan sendiri waktu tidur Anda. Jadi, Anda bisa memperhitungkan sepulang dari kantor, sebaiknya tiba di rumah pukul berapa. Biasanya waktu tidur yang baik dimulai tidak lebih dari pukul 10 malam.

 

Bantu Pelaku UMKM Mengembangkan Usaha Bersama Modal Rakyat

Untuk Anda yang sedang mengincar keuntungan, Anda bisa mendaftar sebagai investor di P2P Lending Modal Rakyat. Modal yang Anda salurkan akan dipinjamkan pada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Anda pun sekalian membantu para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Potensi imbal hasil yang Anda raih mencapai 25% per tahun. Berinvestasi di Modal Rakyat juga aman karena kami sudah memperoleh izin dari OJK. Yuk, mulai mendaftarkan diri Anda sebagai investor di halaman berikut ini. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis senilai Rp25.000.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru