Finansial

Aset Kripto: Pengertian, Jenis, dan Kelebihan Investasinya

Pretty Angelia Wuisan-

28 Jun 2022

Aset Kripto: Pengertian, Jenis, dan Kelebihan Investasinya

Asep kripto adalah salah satu komoditas yang ditransaksikan secara global. Cryptocurrency sendiri sudah hadir di Indonesia beberapa tahun belakangan dan langsung mencuri perhatian. Lalu, sebenarnya apa itu aset kripto? Apa istimewanya koin kripto sehingga diandalkan banyak trader atau investor untuk berinvestasi?

Untuk bisa mengenal aset kripto, terutama aset kripto Indonesia, di sini akan dibahas mengenai jenis aset kripto yang bisa diandalkan untuk memperoleh cuan.


Baca juga: Apa itu NFT, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya


Apa itu Aset Kripto?

Aset kripto atau cryptocurrency adalah mata uang virtual yang menjadi alat transaksi di internet. Untuk bisa mengaksesnya Anda membutuhkan koneksi internet.

Awalnya diharapkan menjadi mata uang digital yang berlaku secara global. Artinya, orang–orang bisa memanfaatkannya untuk pembayaran melalui internet. Namun, akibat regulasi ketat dari sejumlah negara, aset kripto pun hanya bisa dijadikan sebagai komoditas yang diperdagangkan.

Namun, hal ini tentu saja menimbulkan keuntungan tersendiri. Apalagi semakin banyak orang yang memilih aset kripto untuk transaksi yang menghasilkan cuan. Untuk keamanan transaksi di Indonesia, BAPPEBTI ditugaskan melakukan pengawasan dan memberikan izin pada para broker cryptocurrency.


Apa saja Jenis Aset Kripto?

Ada 2 jenis aset kripto yang biasanya diperdagangkan dan bisa menghasilkan keuntungan bagi yang bertransaksi. Ini dia jenisnya.

  • Koin 
  • Token

1. Koin 

Koin merupakan jenis aset kripto yang paling sering diperdagangkan. Koin atau native coin biasanya dibangun bersama dengan platform yang menjadi tempat asalnya yang dinamakan blockchain.

Contoh koin yang memiliki platform sendiri adalah Bitcoin yang ada di blockchain Bitcoin. Ada lagi koin Ether yang hadir di blockchain Ethereum.

Masing-masing koin memiliki harga yang menunjukkan nilai dari koin tersebut. Anda bisa membeli koin sesuai dengan harganya.

Untuk bisa cepat memiliki koin-koin kripto tersebut, Anda perlu melakukan penambangan. Aktivitas ini dilakukan menggunakan alat dan teknologi khusus.

2. Token 

Aset kripto yang tidak kalah menguntungkan adalah token. Berbeda dengan koin, token cryptocurrency adalah mata uang yang dibangun dengan menumpang pada suatu blockchain.

Ada berbagai blockchain ternama yang membolehkan siapa saja untuk membangun cryptocurrency sendiri, jadi sifatnya open source. Jumlah token yang dibangun dapat diatur sendiri oleh pengembang.

Anda yang berminat untuk punya token cryptocurrency bisa membangunnya di blockchain open source. Untuk menjadi koin, pemilik token bisa memindahkannya ke blockchain yang sudah jadi.

Contoh dari token adalah Tether atau USDT yang hadir dari pengembangan blockchain Ethereum.

Ada lagi NFT atau Non Fungible Token, yang merupakan pengembangan terbaru dari cryptocurrency. Namun, NFT bukan berupa koin, tapi merupakan aset yang hanya bisa dimiliki dengan pembayaran menggunakan cryptocurrency.


Apa Alasan Investor Tertarik Berinvestasi Aset Kripto?

Setelah memahami apa itu aset kripto, Anda juga perlu tahu berbagai alasan mengapa investor tertarik untuk masuk ke dunia pasar kripto. Ini dia alasannya.

  • Teknologi blockchain yang canggih
  • Mempermudah transaksi tanpa pihak ketiga
  • Transaksi akan tercatat dengan baik
  • Pasar kripto yang buka 24 jam
  • Berkesempatan memiliki token sendiri

1. Teknologi blockchain yang canggih

Blockchain adalah platform di mana koin crypto berada. Di blockchain Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti mendapatkan pinjaman untuk berbagai keperluan, membangun informasi kesehatan, hingga mengelola layanan transportasi yang digunakan secara massal.

Ke depannya blockchain tidak hanya akan digunakan untuk menghasilkan cuan, tapi juga menjadi berbagai solusi dari berbagai masalah.

2. Mempermudah transaksi tanpa pihak ketiga

Ketika melakukan transaksi online, Anda biasanya memanfaatkan pihak ketiga agar transaksi lebih aman. 

Di cryptocurrency, teknologi blockchain yang menjadi induknya memungkinkan Anda untuk bertransaksi langsung dengan pihak kedua. Hal ini pun membuat transaksi lebih cepat dan tidak ada biaya yang akan diambil.

3. Transaksi akan tercatat dengan baik

Setiap transaksi di blockchain akan tercatat dengan baik dan tidak bisa dimanipulasi. Tidak ada yang bisa melakukan penggelapan uang pada blockchain karena pasti akan ketahuan.

Oleh karena itulah dunia perbankan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi blockchain yang merekam semua transaksi keuangan di dalam sistem.

4. Pasar kripto yang buka 24 jam

Pasar kripto yang buka 24 jam membuat cryptocurrency cepat berkembang. Hal ini juga membuat investor mudah dalam melakukan transaksi karena tidak harus mengikut jam pasar. Investor malah bisa memilih jam sendiri.

5. Berkesempatan memiliki token sendiri

Anda yang punya kemampuan, bisa membangun token sendiri. Namun, sebelum memutuskan hal itu, tentu harus membuat perencanaan yang matang agar token Anda terkenal dan ada yang bersedia membelinya. Semakin sering ditransaksikan, semakin akan menghasilkan cuan. 


Baca juga: Cara Kerja Investasi Koin Cryptocurrency dan Kelebihannya


Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai apa itu asep kripto beserta penjelasan jenis dan keuntungannya. Tidak hanya membeli koin, Anda juga bisa mengembangkan kripto melalui token dengan memanfaatkan blockchain yang sudah ada.


Modal Rakyat Menyediakan Pendanaan Menguntungkan Bagi Siapa Saja

Anda yang punya dana berlebih, tidak perlu bingung menggunakannya. Supaya jumlahnya bertambah, bergabung saja di pendanaan Modal Rakyat. Di sini Anda akan diminta untuk memberikan pinjaman pada pihak UMKM, kemudian baru meraih imbal hasil.

P2P Lending Modal Rakyat terjamin keamanannya dan dapat dipercaya karena sudah mendapatkan izin dari OJK. Ayo, kembangkan dana Anda secara mudah di Modal Rakyat!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru