Finansial

Cara Kerja Investasi Koin Cryptocurrency dan Kelebihannya

Pretty Angelia Wuisan-

29 Mar 2022

Cara Kerja Investasi Koin Cryptocurrency dan Kelebihannya

Salah satu investasi yang saat ini digandrungi kawula muda adalah investasi koin cryptocurrency. Instrumen investasi ini dari waktu ke waktu semakin diminati dan semakin beragam pula jenis koin yang ditawarkannya.

Untuk lebih memahami apa itu investasi koin cryptocurrency, di artikel ini akan dijelaskan mengenai cara kerja, kelebihan, kekurangan, dan jenis koin crypto yang bisa dipilih.


Baca juga: Apa itu HODL dan Filosofinya dalam Cryptocurrency


Apa itu Investasi Koin Cryptocurrency?

Investasi koin cryptocurrency adalah penanaman modal yang dilakukan dengan membeli mata uang digital yang tersedia di pasar kripto, kemudian menjualnya kembali ketika harga koin kripto mengalami kenaikan.

Mata uang digital ini awalnya dijadikan sebagai alat tukar seperti uang biasa dan hanya berlaku di beberapa komunitas atau negara, tapi lama-kelamaan dipercaya sebagai instrumen investasi. 

Anda yang tertarik untuk investasi mata uang kripto harus bisa memilih koin crypto terbaik yang membawa Anda meraih keuntungan berlimpah.

Untuk ahli dalam investasi aset kripto, Anda harus memahami banyak hal tentang cryptocurrency yang materinya mudah ditemukan di internet.


Cara Kerja Cryptocurrency

Investasi koin cryptocurrency bisa dilakukan di Indonesia dan prosesnya melewati beberapa tahapan. Begini cara kerja untuk investasi cryptocurrency berdasarkan ketentuan dari Bappebti.

  • Investor cryptocurrency wajib mendaftarkan diri di salah satu pedagang aset kripto legal.
  • Setelah pendaftaran disetujui, Anda sudah boleh melakukan transaksi dengan mengisi modal pada rekening yang telah dibuat di pendaftaran sebelumnya.
  • Ada berbagai macam koin kripto yang bisa ditransaksikan. Untuk membelinya, Anda bisa memanfaatkan modal yang sudah diisi itu.
  • Anda juga bisa saling tukar koin kripto dengan investor lain dengan nilai kripto yang sesuai. 
  • Sebagai informasi, modal yang Anda pakai untuk membeli koin kripto disimpan di lembaga kliring 70% dan 30% disalurkan ke pedagang aset kripto.
  • Pedagang aset kripto menyediakan 2 tempat penyimpanan, yaitu cold wallet dan hot wallet
  • Seluruh transaksi Anda dengan berbagai koin kripto akan dicatat oleh lembaga kliring dan pedagang aset kripto. Anda pun bisa memeriksanya setiap saat.
  • Anda akan memperoleh keuntungan saat nilai koin kripto mengalami kenaikan. Anda juga bisa merugi ketika nilai koin kripto yang Anda punya harganya turun.


Apa Kelebihan Investasi Koin Cryptocurrency?

Cryptocurrency menjadi salah satu aset investasi yang difavoritkan saat ini karena keuntungan yang dimilikinya. Ini dia kelebihannya itu.

  • Waktu transaksi yang fleksibel
  • Akses dan transaksi yang mudah
  • Pencatatan transaksi yang transparan
  • Transaksinya juga cenderung cepat

1. Waktu transaksi yang fleksibel

Transaksi di pasar kripto bisa Anda lakukan kapan saja karena selalu buka 24 jam, tidak dipengaruhi oleh hari libur. Anda pun bebas menyesuaikan waktu yang Anda punya untuk bertransaksi di sana.

2. Akses dan transaksi yang mudah

Aset cryptocurrency diakui keberadaannya oleh pemerintah, sehingga sudah banyak tersedia aplikasi legal untuk bertransaksi. Anda pun bisa melakukan transaksi dari jarak jauh.

3. Pencatatan transaksi yang transparan

Hal penting dari cryptocurrency adalah transaksi yang transparan karena semuanya terekam dengan baik. Anda bisa langsung mendeteksinya ketika ada transaksi yang tampak mencurigakan.

4. Transaksinya juga cenderung cepat

Dibuktikan dengan pendaftaran yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Anda tinggal mengikuti prosedur, dalam waktu 24 jam Anda biasanya sudah bisa bertransaksi,

Aksesnya pun mudah karena modal yang Anda setor bisa dilakukan dari yang jumlahnya minim. Ini adalah syarat mudah yang ditawarkan beberapa aplikasi pedagang komoditi kripto di Indonesia.


Apa Kekurangan Investasi Koin Cryptocurrency?

Investasi cryptocurrency juga punya kekurangan yang perlu dimengerti. Ini dia kekurangannya.

  • Fluktuasi harganya tinggi
  • Sebagian besar negara di dunia belum mengakui keberadaannya
  • Bisa terjadi penipuan
  • Lupa kata sandi bisa merepotkan

1. Fluktuasi harganya tinggi

Harga koin kripto itu volatilitasnya sangat tinggi. Harga bisa naik sekian persen hingga membuat nilai kripto ikut terangkat, tapi besoknya bisa langsung turun sekian persen. Anda pun harus siap dengan risiko ini karena seluruh koin kripto punya nasib yang sama. 

2. Sebagian besar negara di dunia belum mengakui keberadaannya

Kripto memang bisa menjadi instrumen investasi dan Anda bisa menukarnya dengan uang, tapi kripto belum dapat digunakan sebagai alat bayar yang sah seperti uang.

Belum banyak negara di dunia yang menjadikan posisi kripto sama seperti mata uang yang biasa kita gunakan.

3. Bisa terjadi penipuan

Anda perlu cermat dalam memilih koin kripto karena bisa saja terjadi penipuan seperti pemilik kripto yang kabur membawa uang para investor. Atau akun transaksi Anda diambil alih oleh orang lain dengan teknik peretasan tertentu.

4. Lupa kata sandi bisa merepotkan

Anda jangan sampai lupa password untuk masuk ke akun transaksi karena untuk memulihkannya itu sulit. Alasannya karena punya sistem kata sandi tanpa diatur oleh siapapun. Pastikan Anda terus mengingat password-nya.


Berbagai Cryptocurrency yang Cocok Dijadikan Investasi Koin

Anda yang mau investasi koin cryptocurrency, inilah daftar koin kripto terbaik yang ada di dunia.

  • Ethereum
  • Bitcoin
  • Binance Coin
  • Litecoin
  • Ripple

1. Ethereum

Ethereum atau ETH merupakan salah satu aset kripto dengan kapitalisasi terbesar. Harga Ethereum saat ini juga termasuk yang tertinggi karena sering ditransaksikan.

2. Bitcoin

Atau disebut juga dengan BTC merupakan aset kripto paling populer saat ini. Jumlahnya yang cukup terbatas dibandingkan aset kripto lainnya, membuat Bitcoin berpotensi akan naik terus harganya. Namun, untuk memiliki satu koin Bitcoin pun Anda perlu menyiapkan uang hingga ratusan juta.

3. Binance Coin

Atau disebut dengan BNB, merupakan koin yang diterbitkan oleh Binance. Kapitalisasinya berada di urutan keempat terbesar di dunia. Koin ini punya supply yang banyak, yaitu mencapai 200 juta koin.

4. Litecoin

Atau dikenal juga dengan LTC, merupakan koin kripto yang punya waktu transaksi tercepat di dunia, yaitu sekitar 2,5 menit. LTC saat ini juga sering ditransaksikan dan menjadi koin kripto yang termasuk likuid.

5. Ripple

Atau dikenal juga dengan sebutan XRP. Diterbitkan oleh suatu perusahaan di Amerika Serikat, XRP juga menjadi alat bayar di negara asalnya. Hal itu karena dibuat khusus oleh lembaga keuangan legal di sana. Inilah yang membuatnya unik. 


Baca juga: Bukan Hanya Bitcoin, Matic Cryptocurrency pun Layak Dipilih


Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai investasi koin yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh keuntungan. Investasi ini akan menjadi instrumen yang diandalkan di masa depan. Jangan lupa untuk mempelajarinya dulu agar paham bagaimana cara kerjanya. 


Raih Keuntungan Memuaskan dengan Pendanaan di Modal Rakyat

Anda yang ingin mencari keuntungan dengan cara lain bisa memanfaatkan pendanaan Modal Rakyat untuk mencapai hal itu. Anda meminjamkan modal pada pelaku usaha yang meminjam dana melalui Modal Rakyat dan akan memperoleh keuntungan darinya.

Modal untuk UMKM yang bisa disetor minimal Rp25.000 dan keuntungannya adalah 18% untuk per tahun.

Modal Rakyat dikenal sebagai peer-to-peer lending legal Indonesia yang diperoleh dari OJK, Anda tidak perlu cemas soal keamanan.

Pakai promo BLOG25 untuk top up dana dan Anda akan memperoleh Rp25.000 gratis.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru