Finansial

Apa itu Futures Trading? Kelebihan dan Tipsnya

Kabrina Rian Ferdiani-

23 Jul 2021

Apa itu Futures Trading? Kelebihan dan Tipsnya

Pesatnya perdagangan emas di Indonesia dapat menjadi salah satu indikasi ramainya futures trading atau perdagangan jangka panjang derivatif. Selain emas, jenis lain dari perdagangan jangka panjang ini adalah saham, kepemilikan sekian persen dari perusahaan tertentu.

Di Indonesia sendiri, perkembangan pesat perdagangan jangka panjang ditandai dengan maraknya perusahaan futures. Sisi menariknya adalah trading dapat dilakukan kapan saja, selama 24 jam nonstop asalkan waktunya pada hari kerja atau lima hari dalam seminggu.


Baca juga: Saham Preferen adalah: Jenis, Kelebihan, dan Contohnya


Pengertian Futures Trading

Futures trading adalah transaksi perdagangan derivatif dengan bekerja berdasarkan sistem margin. Biasanya orang akan lebih percaya pada jenis investasi riil, seperti properti karena fisiknya dapat terlihat dan keuntungan dapat diperkirakan.

Namun, jenis emas, saham, dan berbagai sektor lainnya dalam dunia perdagangan berjangka juga tidak kalah menguntungkan. Terbukti dengan semakin banyaknya platform digital yang memfasilitasi pembelian emas, saham, dan reksa dana dengan nilai seminimal mungkin. 

Para pemula dari generasi muda bahkan dapat mulai melakukan investasi berjangka melalui kemudahan tersebut. Kian maju teknologi kian banyak orang mulai mau membuka diri untuk turut serta dalam perdagangan berjangka. 


Keuntungan Futures Trading

Secara singkat, orang akan mengira perdagangan dalam sektor ini hanya memberikan keuntungan halusinasi sebab keuntungan tidak bisa dilihat langsung. Namun, jika dipikirkan manfaat jangka panjangnya nanti maka dapat disimpulkan beberapa keuntungan berikut ini:

Bisa Mulai dengan Modal Kecil

Umumnya ketika orang membuka usaha, misalkan saja butik. Dibutuhkan dana besar sebagai modal awalnya. Sementara futures trading hanya membutuhkan dana lebih kecil dari itu untuk membuka akun lantas masuk ke dalam proses trading jangka panjang.

Fleksibel Dilakukan

Usaha mandiri atau bekerja pada perusahaan tertentu terbatas pada ruang maupun waktu. Tidak bebas bergerak bekerja dari mana saja sebab semua urusan harus diselesaikan pada satu tempat. Waktunya juga tidak bisa memilih sendiri karena ada aturan dari manajemen.

Sementara itu perdagangan jangka panjang dapat fleksibel dari mana saja dan kapan saja, bahkan bebas dilakukan pekerja kantoran. Dengan begitu, usaha memperbaiki masa depan menjadi lebih nyaman karena dapat menyesuaikan jadwal tanpa mengganggu aktivitas.

Bisa Dilakukan Sendiri

Anda memang dapat melakukannya sendiri, namun yang terpenting adalah memastikan bahwa ilmu sudah mencukupi sehingga tidak salah langkah kemudian hari. Penyerapan berbagai ilmu sangat mudah didapatkan dari berbagai sumber terpercaya.

Mulai dari buku teks, internet, dan berbagai sumber lainnya seperti orang yang telah berpengalaman. Semua sumber terpercaya dapat menjadi landasan untuk melakukan perdagangan jangka panjang demi meraih keuntungan pada masa mendatang.


Baca juga: Trader adalah: Karakteristik dan Perbedaannya dengan Investor


Tips Sukses dalam Melakukan Futures Trading

Penting sekali untuk selalu mengisi pengetahuan akan futures trading sebab selain pengalaman, ilmu juga menjadi pemicu Anda untuk sukses. Apalagi jika ilmu tersebut diaplikasikan.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan di atas, selanjutnya para trader pasti ingin tahu apa tips meraih kesuksesan dalam futures trading. Terutama bagi para pemula, penting sekali untuk menerapkan tips-tips di bawah ini:

Menentukan Gaya Trading

Gaya dalam melakukan perdagangan mesti disesuaikan juga dengan karakteristik trader maupun tujuan dalam melakukan perdagangan jangka panjang tersebut. Anda dapat memilih satu diantara day trade dan swing trade setelah menganalisis masing-masing kelebihan.

Cari Broker yang Pas

Maraknya minat pada perdagangan jangka panjang ini membuat perusahaan broker menjadi kian banyak seiring waktu. Selain penentuan gaya, menentukan perusahaan juga penting, salah satunya dengan selektif melihat seperti apa profil perusahaan tersebut.

Mempelajari Metode Trading

Metode perdagangan jangka panjang ini ada banyak jenisnya, Anda harus mempelajari semuanya kemudian mencari yang paling cocok. Setelah menemukan yang terbaik maka manfaatkan kesempatan tersebut untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin dari pasaran.

Analisis pada Waktu yang Tepat

Analisis bukan hal mudah jika tidak memiliki ilmunya. Itu pentingnya selalu memperbarui pengetahuan dengan berbagai cara maupun sumber. Setelah ilmu didapatkan, selalu update informasi terbaru juga penting guna menambah referensi dalam terjun sebagai trader.

Gunakan Dana Dingin

Memanfaatkan dana dingin, artinya ketika melakukan futures trading, Anda tidak akan merasa dirugikan apabila kemungkinan terburuk terjadi. Jangan pernah memanfaatkan dana pokok untuk proses ini karena dapat memberikan potensi risiko lebih banyak.


Baca juga: Apa Perbedaan Trading dan Investasi Saham?


Berbagai Metode Futures Trading

Untuk mendapatkan keuntungan besar dari futures trading, tidak sedikit pemula salah langkah dengan menerapkan berbagai metode sekaligus. Padahal Untuk memilih metode terbaik adalah dengan memilih satu diantara lainnya saja.

Profesional biasanya melakukan hal seperti itu sebab sadar bahwa jenis investasi ini memiliki tingkat volatilitas cukup tinggi. Anda juga dapat menirunya melalui langkah awal mengenai berbagai metode berikut ini:

Moving Average Crossover

JIka disederhanakan, Anda memasang pada dua tempat berbeda, dalam hal perdagangan jangka panjang disebut MA. Setelah itu pilih juga warna tidak seragam guna memudahkan penelitian mana yang lebih menjanjikan dari kedua MA tersebut.

Bollinger Bands

Bollinger adalah pita pengukur volatilitas yang berperan sebagai acuan atau ukuran pemantau harga. Biasanya pita sudah terpasang langsung pada platform trading MT4 sehingga langkah selanjutnya adalah Anda tinggal memantau pergerakan tersebut.

Heiken Ashi Subwindow

Metode ini memudahkan Anda untuk memeriksa pembalikan harga, dari bullish menjadi bearish atau dari bearish menjadi bullish. Penampilan sederhana memberikan kemudahan dalam segi pembacaan sehingga para trader amat dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Demi mendapatkan semuanya, jalan ninja terbaik dan paling tepat adalah dengan terus belajar dari ahlinya. Banyak sumber dapat dijadikan sarana untuk selalu memperbarui diri dalam menjalankan berbagai strategi supaya keuntungan dari futures trading bisa maksimal.


Baca juga: Saham vs Emas, Investasi Mana yang Paling Aman Untukmu?


Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru