Gaya Hidup

Mudah dan Menyenangkan, Ini 10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Brigitta Winasis-

02 Aug 2021

Mudah dan Menyenangkan, Ini 10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Menguasai bahasa asing adalah kemampuan yang penting di masa sekarang. Contoh manfaatnya adalah membantu mengembangkan karier, mengasah otak, atau sekadar mengisi waktu luang.

Anda kini dapat belajar bahasa asing dari mana saja, termasuk bahasa Korea. Sekarang ada banyak aplikasi untuk mempermudah Anda mempelajari bahasa Korea.

Apa saja aplikasi tersebut? Berikut 10 aplikasi belajar bahasa Korea yang dapat diakses dengan mudah.


Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Gratis dari 9 YouTube Channel ini


1. Eggbun

Salah satu aplikasi belajar bahasa Korea yang unik adalah Eggbun. Aplikasi ini memiliki fitur menarik yang interaktif, yaitu chatting. Fitur tersebut membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Eggbun merupakan salah satu aplikasi terbaik karena sangat user-friendly. Aplikasi ini menggunakan rekaman serta suara asli dari native speaker untuk membantu belajar pengucapan bahasa Korea.

Tidak hanya untuk bahasa Korea, Eggbun juga menyediakan pembelajaran bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Menarik, bukan?


2. Duolingo

Aplikasi ini tentu sudah banyak dikenal mereka yang gemar belajar bahasa asing. Ada berbagai macam bahasa yang dapat dipelajari, termasuk bahasa Korea.

Aplikasi Duolingo menyediakan pelajaran tata bahasa yang mendasar dan alfabet Korea. Pelajaran tersebut disajikan dalam bentuk game, sehingga Anda tidak akan bosan.

Duolingo menyediakan level-level pelajaran yang dapat diakses sesudah misi sebelumnya diselesaikan. Sehingga benar-benar terasa seperti bermain game. Dengan begitu, belajar bahasa asing akan terasa menyenangkan.


3. Memrise

Aplikasi ini dapat digunakan untuk belajar bahasa Korea. Memrise menyediakan format desktop dan smartphone untuk memudahkan penggunanya.

Memrise bermanfaat untuk mempelajari kosakata dan frasa yang sering digunakan dalam bahasa asing. Dalam pembelajarannya, Memrise menggunakan metode pengulangan.

Anda akan diminta mengingat apa yang sudah dipelajari melalui pengulangan. Walaupun begitu, cara yang digunakan menyenangkan, misalnya memakai flash card.

Anda akan sangat terbantu memahami kosakata yang sulit. Tidak hanya itu, Memrise membantu Anda mempelajari ungkapan dan tata bahasa dasar yang digunakan dalam bahasa asing tersebut.

Memrise juga menyediakan rekaman contoh penuturan native speaker. Hal ini membuat Anda bisa belajar benar-benar dari ahlinya.


4. Naver Korean Dictionary

Aplikasi ini menyediakan idiom, kosakata, serta tata bahasa Korea yang dapat dipelajari. Anda juga bisa mempelajari cara penuturan yang tepat melalui rekaman audio yang disediakan.

Sesuai dengan namanya, Naver Korean Dictionary dapat digunakan untuk menerjemahkan dari bahasa lain ke bahasa Korea, demikian pula sebaliknya.

Aplikasi ini mudah digunakan terutama bagi mereka yang masih pemula. Dengan giat mempelajari dasar-dasarnya, pemelajar bisa melanjutkan ke tingkat yang lebih lanjut.


5. Hello Talk

Aplikasi Hello Talk termasuk yang paling direkomendasikan untuk Anda yang ingin belajar bahasa asing, termasuk bahasa Korea. Pasalnya melalui aplikasi ini Anda bisa berkomunikasi langsung dengan penutur asli.

Fitur ini bisa dilihat di bagian Pertukaran Pelajar. Di sisi lain, penutur bahasa asing juga dapat berkomunikasi dengan Anda untuk mengasah kemampuan mereka.


Baca juga: 8 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula


6. LingoDeer

Aplikasi ini tergolong salah satu yang terbaik. Kurang lebih fitur yang disajikan sama seperti aplikasi pelajaran bahasa asing lainnya.

Hal yang menonjol adalah LingoDeer lebih menekankan penggunaan audio. Anda dapat belajar dengan mendengarkan. LingoDeer menyediakan kata-kata dan frasa dasar dalam bahasa Korea dengan cara belajar yang mudah dan menyenangkan.

Aplikasi ini menyediakan layanan offline jika Anda sedang tidak tersambung internet. Anda dapat mengunduh LingoDeer di Play Store atau AppStore.

Untuk mendapatkan fitur lengkapnya, Anda bisa mengikuti layanan berbayar dengan harga sekitar Rp170.000 per bulan.


7. Drops

Aplikasi Drops cukup populer di antara mereka yang gemar belajar bahasa Korea. Aplikasi ini lebih menekankan pembelajaran frasa serta kosakata.

Untuk mempermudah penggunanya, Drops menyediakan berbagai permainan melatih kemampuan bahasa. Untuk versi gratisnya, aplikasi Drops bisa diunduh lewat Play Store atau App Store.

Namun jika Anda ingin mendapatkan layanan lengkap, Anda harus membayar sekitar Rp100.000 per bulan.


8. KORLINK Talk To Me in Korean

KORLINK direkomendasikan bagi Anda yang masih pemula dan ingin lebih fasih berbahasa Korea. Aplikasi ini menyediakan pembelajaran bahasa yang lengkap, mulai dari kosakata, frasa, hingga tata bahasa.

Ada beberapa level dalam KORLINK yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Aplikasi ini juga mengajarkan penggunaan alfabet Hangeul dalam pembelajarannya.


9. King Sejong Institute Foundation

Pemerintah Korea Selatan mendirikan lembaga ini sejak 2007. Nama lembaga ini berasal dari salah satu raja Korea di masa Joseon, Raja Sejong. Ia adalah pencipta alfabet Hangeul yang digunakan di Korea sampai sekarang.

Aplikasi King Sejong Institute Foundation dapat Anda unduh dengan gratis. Terdapat enam aplikasi yang tersedia sesuai kemampuan masing-masing pengguna.

Secara singkat, masing-masing aplikasi menyediakan aspek pembelajaran yang berbeda. Mulai dari kosakata, membaca, berbicara, hingga tata bahasa.


10. Simply Learn Korea

Simply Learn Korea relatif lebih sederhana dibandingkan aplikasi-aplikasi lainnya. Aplikasi ini menyediakan ratusan frasa dan kosakata yang dapat dipelajari penggunanya. Agar pelajaran semakin dimengerti, Simply Learn Korea menyediakan kuis serta latihan.

Sayangnya aplikasi ini baru dapat diakses terbatas untuk pengguna Android. Fitur yang ditawarkan gratis pun dibatasi. Jika Anda ingin mendapatkan fitur lengkap, Anda harus membayar sekitar Rp98.000 per bulan.


Baca juga: Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris untuk Alumni yang Siap Kerja


Tips Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa baru memang bukan hal yang mudah. Namun ingat kembali, kemampuan menggunakan bahasa asing akan menambah kesempatan karier dan pengalaman hidup. Berikut beberapa tips belajar bahasa asing yang dapat diterapkan.

Pelajari Kata-kata Baru

Catatlah kata-kata asing yang Anda temui saat bepergian ke luar rumah. Kemudian temukan artinya dalam bahasa yang sedang Anda pelajari.

Selanjutnya Anda dapat menempel catatan kata-kata baru tersebut di sekitar meja belajar, rak, lemari, maupun cermin. Hal ini akan membantu menanamkan kosakata baru dalam pikiran Anda.

Selalu Aktif

Anda bisa mencari teman yang juga sedang mempelajari bahasa asing yang sama. Anda dapat saling mendukung proses masing-masing dengan mencoba mengobrol menggunakan bahasa asing tersebut.

Apabila Anda bertemu dengan orang asing, jangan minder untuk mencoba mempraktikkan bahasa yang sedang Anda pelajari. Metode pembelajaran ini cenderung lebih efektif daripada sekadar belajar lewat buku.

Menonton Film dan Mendengarkan Lagu

Menonton film atau mendengarkan lagu berbahasa asing akan membantu Anda cepat menguasai bahasa tersebut. Anda bisa mencari film atau acara televisi yang menggunakan bahasa asing.

Misalnya jika Anda sedang belajar bahasa Korea, Anda dapat membarengi dengan menonton drama Korea atau mendengarkan K-Pop.

Gunakan Fitur Penerjemahan

Menerjemahkan kalimat atau frasa akan membantu Anda memahami struktur bahasa tersebut. Anda juga akan semakin memahami penggunaan masing-masing kosakata.

Terjemahkanlah suatu kalimat dan buat catatan. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan fitur penerjemahan.


Jadilah Pendana UMKM Indonesia Melalui Modal Rakyat

Anda ingin membantu mendanai UMKM Indonesia? Anda dapat mulai melakukannya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Imbal hasil yang ditawarkan mencapai 18 persen per tahun.

Selanjutnya, Anda dapat mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Pendanaan akan diberikan kepada UMKM yang sudah diseleksi ketat.

Likuiditas yang ditawarkan juga tinggi. Anda dapat memilih durasi pendanaan, minimal mulai dari satu bulan saja.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru