Gaya Hidup

8 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

21 Jul 2021

8 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

Bahasa Jepang adalah bahasa yang diminati banyak orang di dunia. Anda yang tertarik, bisa serius belajar bahasa Jepang.

Mahir bahasa Jepang ada banyak manfaatnya. Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia banyak yang membutuhkan tenaga kerja lokal yang mahir bahasa Jepang, Anda bisa juga menjadi penerjemah komik, novel, dan pekerjaan atau kegiatan lain yang berhubungan dengan Jepang. Atau Anda bisa belajar karena memang menyukai bahasa itu.

Tidak perlu mengikuti kursus bahasa Jepang yang mahal, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dengan belajar secara otodidak. Anda dapat mengandalkan aplikasi-aplikasi keren ini untuk belajar bahasa Jepang.

 

Baca juga: 6 Manfaat Bahasa Asing, Soft Skill Penting dalam Hidup

 

1. Duolingo

Merupakan aplikasi belajar bahasa sejuta umat. Ada puluhan bahasa asing yang tersedia di sini. Anda bisa memilih sesuai dengan minat, salah satunya adalah belajar bahasa Jepang.

Penggunaannya gratis. Anda dapat mengatur target harian ingin mencapai berapa skor. Materi yang diajarkan pun dari dasar sekali, mulai dari pengenalan huruf hiragana dan katakana, dan kalimat yang digunakan secara umum oleh orang Jepang. Anda akan cepat hafal kosakata baru apabila belajar setiap hari di aplikasi ini.

Fiturnya berupa soal-soal. Tidak masalah jika Anda masih sering melakukan kesalahan karena tidak berpengaruh terhadap nilai. Anda juga akan dibantu dengan fitur pengucapan yang benar.


2. Kanji Study

Selain hiragana dan katakana, Anda juga perlu hafal huruf kanji Jepang. Kanji ini diadopsi dari hanzi bahasa Mandarin. Supaya Anda bisa membaca bahasa Jepang dengan benar, kanji perlu dikuasai. Ada sekitar 2.000 lebih kanji yang dimiliki oleh bahasa Jepang.

Anda bisa menghafalnya dengan mudah dengan bantuan Kanji Study. Anda akan mempelajari kanji yang masuk kategori N5 terlebih dulu, yang artinya tingkat dasar bahasa Jepang. Di sini tidak hanya menghafal, Anda juga bisa belajar bagaimana cara menulis kanji dengan benar. Untuk mengetahui kemampuan, ada kuis yang dapat Anda kerjakan.

Supaya bisa menggunakan fasilitasnya secara keseluruhan, ada harga yang perlu Anda bayar. Namun, Anda hanya membayar sekali, tidak perlu diperpanjang. Belajar bahasa Jepang di sini sangat menyenangkan.


3. Marugoto Japanese Online

Aplikasi belajar bahasa Jepang ini perlu Anda ketahui. Dikembangkan secara langsung oleh Japan Foundation yang kantornya juga ada di Indonesia.

Di sini Anda bisa belajar dari tingkat yang paling dasar. Semua materi dapat diakses secara online. Materi belajarnya juga ditambah dengan animasi dan gambar, jadi Anda bisa membayangkan penggunaan kosakata yang tepat sesuai dengan situasinya.

Materi di sini juga disediakan per level. Seiring waktu, Anda bisa menambah level belajar Anda sampai mahir.


4. Simple Learn Japanese

Untuk Anda yang ingin mengunduh aplikasi belajar bahasa Jepang yang sederhana, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Simple Learn Japanese mempunyai desain yang sederhana, tapi materinya cukup banyak dan ramah untuk pemula. Di sini Anda akan menemukan 1.200 kalimat dalam bahasa Jepang, cara pengucapan, dan kuis untuk membantu Anda menghafal.


5. Hello Talk

Format aplikasi belajar bahasa ini cukup menarik. Anda bisa berkomunikasi dengan penutur asli dan berlatih bersama mereka. Cara berkomunikasinya biasanya menggunakan chat. Di sini Anda dapat mengoreksi satu sama lain bagaimana menyusun kalimat bahasa Jepang yang benar.

Format belajarnya akan membuat Anda lebih mahir karena langsung belajar dengan yang ahlinya. Anda juga bisa sekalian berkenalan dan menambah teman.

Bahasa yang tersedia tidak hanya bahasa Jepang. Anda juga bisa memilih belajar bahasa lain yang Anda inginkan.


6. Learn Japanese Offline

Apabila Anda akan ke Jepang untuk liburan, Anda pasti membutuhkan berbagai kalimat yang memudahkan Anda berkomunikasi dengan warga lokal. Anda bisa mengandalkan aplikasi ini yang dapat diunduh tanpa biaya di smartphone Anda.

Materi yang disediakan di aplikasi ini juga punya ciri khas. Ada kategori yang dapat Anda tentukan sesuai kebutuhan. Misalnya, bagaimana caranya menanyakan lokasi, bagaimana kalimat yang disampaikan ketika menawar harga barang yang ingin dibeli, menjelaskan angka-angka yang ada di bahasa Jepang, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga sangat bisa Anda andalkan ketika sudah tiba di Jepang.


7. LingoDeer

LingoDeer juga bisa Anda andalkan untuk belajar bahasa Jepang. Di sini Anda bisa belajar kosakata yang mudah sampai yang sulit. Tenang saja karena ada fitur suara untuk mengetahui pengucapan yang benar.

Selain itu, di sini Anda juga dapat belajar menulis huruf Jepang seperti kanji, katakana, dan hiragana. Ketiga huruf itu punya tantangannya tersendiri. Namun, selama Anda menghafalnya dengan baik, Anda pasti akan lebih mengenal bahasa Jepang.

Anda akan mempelajari sekitar 2.000 kosakata dan kalimatnya di 150 pelajaran yang tersedia di aplikasi ini.


8. Memrise

Untuk Anda yang ingin belajar bahasa Jepang secara serius, aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengatur skor belajar harian semampunya. Dengan pengaturan skor itu, Anda akan bisa belajar secara konsisten setiap harinya.

Ada juga fitur suara yang membuat Anda tahu bagaimana pengucapan yang benar. Tidak hanya online, aplikasi ini juga bisa diakses offline, jadi Anda tidak akan membutuhkan banyak kuota.

 

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Gratis dari 9 Youtube Channel Ini 

 

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk belajar bahasa Jepang yang Anda senangi. Sekarang belajar bahasa Jepang termasuk mudah karena fasilitasnya sudah tersedia banyak. Semuanya bisa diakses secara online. Anda tidak harus mendapatkan kursus atau memilih kelas yang harganya mahal.

Namun, belajar bahasa baru punya tantangannya. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain karena pasti ada yang lebih jago dari Anda. Ketika belajar bahasa, Anda hanya perlu bersaing dengan diri sendiri, kecuali jika Anda memang ingin mengikuti suatu lomba yang berhubungan dengan bahasa Jepang. Barulah Anda bersaing dengan orang lain.

Apapun aplikasi yang Anda gunakan, kemampuan Anda bisa naik tergantung Anda sendiri. Semakin Anda sering belajar, Anda pasti akan menguasai bahasa Jepang. Belajar bahasa itu membutuhkan waktu, Anda hanya perlu latihan terus dan percaya diri dengan kemampuan Anda.

 

Mendanai di P2P Lending Modal Rakyat dan Raih Keuntungan Hingga 18% per Tahun

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun. Yuk, mulai mendanai dengan klik tautan ini.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru