Finansial

9 Aplikasi Investasi Terpercaya Berdasarkan Jenisnya

Pretty Angelia Wuisan-

05 Nov 2021

9 Aplikasi Investasi Terpercaya Berdasarkan Jenisnya

Aplikasi investasi terpercaya berdasarkan instrumen yang hadir di Indonesia ada cukup banyak. Anda pun tidak akan sulit untuk menemukannya.

Anda hanya perlu mengetahui aplikasi investasi terpercaya yang berdiri secara resmi alias legal. Mengapa harus legal? Itu artinya aplikasi tersebut bekerja sesuai peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Ini dia daftar aplikasinya.

  1. Bibit
  2. Bareksa
  3. Indogold
  4. Lakuemas
  5. Pegadaian
  6. Modal Rakyat
  7. Ajaib
  8. IPOT
  9. MOST 


Baca juga: 12 Manfaat Investasi untuk Masa Kini dan Nanti


Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Reksa Dana

Aplikasi investasi terpercaya tersedia juga untuk reksa dana. Reksa dana merupakan investasi yang diproses dari modal milik masyarakat yang digabungkan, kemudian disetor pada produk-produk reksa dana yang tersedia di pasar modal.

Untuk memaksimalkan profit atau menekan kerugian, di reksa dana ada  manajer investasi yang bersiap menjalankan tugasnya. Perusahaan manajer investasi berisi para profesional yang sudah ahli dalam menjalankan tugasnya ini. Mereka juga akan memberikan laporan rutin pada para investor.

Di bawah ini adalah aplikasi investasi terpercaya yang dapat Anda andalkan untuk reksa dana. 

1. Bibit

Bibit termasuk aplikasi investasi terpercaya reksa dana baru yang hadir di Indonesia, yaitu pada tahun 2018. Namun, berkat target pasarnya yang spesifik, Bibit mudah untuk mengambil hati masyarakat Indonesia. 

Aplikasi ini sangat ramah untuk pemula atau anak muda yang penasaran dengan investasi. Anda bisa memulai investasi dari modal yang minim. Lalu, ada banyak manajer investasi yang bisa dipilih juga. 

Jika Anda kebingungan memilih produk reksa dana yang sesuai, jangan khawatir karena akan ada robo advisor milik Bibit yang menyarankannya pada Anda sesuai dengan survei risiko profil yang Anda isi.

Anda tidak perlu khawatir karena Bibit sudah meraih lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan.

2. Bareksa

Bareksa adalah aplikasi tempat berbagai macam manajer investasi yang hadir cukup lama di Indonesia, yaitu sejak tahun 2015. Setahun kemudian, Bareksa memiliki izin beroperasi secara resmi dan sampai sekarang pun diawasi oleh OJK.

Tahun 2019 tercatat ada 92 manajer investasi yang menawarkan jasanya di Bareksa. Investor pun jadi mudah untuk memilih manajer investasi yang terpercaya.

Seluruh kegiatan berinvestasi di sini dilaksanakan secara online melalui aplikasi. Di Bareksa investasi mulai Rp10.000.  Tahun 2018, Bareksa dipilih oleh pemerintah sebagai mitra distribusi penyebaran Surat Berharga Nasional. 


Aplikasi Investasi Emas Terpercaya

Investasi emas merupakan instrumen yang tidak pernah kehilangan peminatnya. Banyak yang sudah paham bahwa emas punya keistimewaan yang tidak dimiliki instrumen lain, yaitu tahan banting terhadap ekonomi yang anjlok. Untuk itu emas sering digunakan memperbaiki kondisi keuangan rumah tangga.

Emas juga mudah ditukarkan menjadi uang tunai. Kalaupun mengalami penurunan harga, tidak akan terlalu jauh. Bahkan sulit juga bagi emas bernilai 0 karena sudah dianggap menjadi barang mewah sejak dulu,

Anda pun bisa mengandalkan beberapa aplikasi investasi terbaik untuk membeli emas  di bawah ini. 

3. Indogold

Indigold sudah dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan pembelian emas sejak tahun 1978. 

Karena tuntutan zaman, Indogold pun menyediakan aplikasi investasi terpercaya khusus emas bagi siapa yang berminat. Pembayarannya tersedia dalam bentuk online juga. Di sini Anda bisa mengisi tabungan untuk emas mulai dari Rp10.000. Termasuk murah, bukan? 

Emas yang ditawarkan di Indogold berasal dari Antam dan UBS. Anda juga pun bisa menukar emas dengan uang tunai melalui aplikasinya.

4. Lakuemas

Aplikasi khusus investasi emas ini juga menarik untuk dipilih. Memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan kegiatan Anda mulai dari pembelian emas yang dimulai dari 0,1 gram seharga Rp50.000.

Lalu, jika Anda ingin memberikan emas ke sesama pengguna, Anda bisa menggunakan fitur transfer. Prosesnya sama seperti ketika transfer uang.

Apabila Anda ingin menjualnya ke pengguna lain juga bisa. Transaksi termasuk aman karena semua dilakukan di aplikasi.

Anda juga bisa menukar emas dengan uang tunai di aplikasi ini. Prosesnya cepat dan Anda bisa menggunakannya sesuai keperluan.

5. Pegadaian

Pegadaian tidak hanya menjadi tempat untuk menggadai barang berharga, tapi juga bisa dijadikan tempat aman untuk berinvestasi emas.

Pegadaian memang memiliki banyak cabang yang tersebar di sekitar Anda, tapi untuk investasi emas pun bisa Anda lakukan dari jarak jauh melalui online.

Pegadaian membuat aplikasi khusus online yang dinamai Pegadaian Digital. Dari aplikasinya, Anda bisa membuka rekening khusus tabungan emas.

Untuk membuka rekening, Anda tidak akan dikenai biaya. Pembelian emas pertama bisa dimulai dari Rp50.000. Kemudian, emas itu Anda bisa titipkan di Pegadaian dengan biaya Rp30.000 per tahunnya. Untuk tahun pertama penitipan diberikan secara gratis.

 

Aplikasi Investasi Pendanaan P2P Lending

P2P lending adalah platform yang serba bisa. Anda bisa mengajukan pinjaman untuk keperluan produktif atau konsumtif. Anda juga bisa melakukan pendanaan untuk peminjam, khususnya peminjam yang memiliki usaha.

Jadi, bukan pihak P2P lending yang menyediakan dana bagi peminjam, tapi pihak lain yang menyetorkan dana atau disebut sebagai pendana. 

Pendana akan meraih keuntungan dari dana yang disetorkannya pada peminjam. Peminjam dan pendana pun sama-sama diuntungkan. Semua kegiatan pendaftaran hingga penyetoran dana pun dilakukan secara online, jadi tidak perlu mendatangi usaha yang Anda danai secara langsung.

6. Modal Rakyat

P2P lending yang bisa menjadi andalan Anda adalah Modal Rakyat. Di Modal Rakyat Anda akan meraih potensi keuntungan sampai 18%. Anda juga bisa mulai penyetoran modal dari Rp25.000. Setoran awal yang murah membuat pemula pun tidak perlu takut untuk memulai mendanai.

Jangan lupa gunakan kode BLOG25 ketika top up supaya mendapat Rp25.000 secara cuma-cuma. 


Aplikasi Investasi Saham Terpercaya

Saham adalah surat berharga yang bisa dibeli di pasar modal sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sebagai hadiah untuk Anda yang membeli saham, emiten yang menerbitkannya akan membagikan laba dalam bentuk dividen untuk Anda.

Anda juga bisa menjual saham ketika harganya melambung dibandingkan harga awal ketika Anda beli, Di sinilah Anda bisa meraih capital gain.

Keuntungan investasi saham lainnya adalah mudah karena bisa dipraktikkan melalui online. Inilah beberapa aplikasi saham yang bisa Anda pilih.

7. Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi diperuntukkan bagi mereka yang mau berinvestasi saham dan reksa dana. Anda pun bisa memilih dua jenis instrumen itu di satu aplikasi.

Ajaib juga punya fitur notifikasi waktu jual-beli saham yang tepat bagi para pengguna. Anda perlu menyalakan notifikasinya untuk ini.

Ada lagi fitur auto order yang membuat Anda tidak ketinggalan dalam melakukan pembelian. Hal itu karena siapa yang cepat memesan, dia yang akan mendapatkan sahamnya. 

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah komunitas. Anda bisa bertukar pikiran bersama investor lain, sehingga Anda akan kenal dengan orang-orang yang punya perjuangan sama.

Aplikasi investasi terpercaya satu ini sudah meraih izin operasional dari OJK, jadi aman untuk para investor.

8. IPOT

Aplikasi investasi terpercaya ini menjadi salah satu platform jual-beli saham terbaik yang ada di Indonesia.

Di sini Anda bisa menemukan charting yang paling akurat, sehingga mudah dipelajari untuk Anda yang menganalisis pergerakan saham. 

Berita-berita mengenai ekonomi Indonesia dan kabar dari emiten juga ditampilkan di dalamnya untuk para investor supaya tidak ketinggalan.

Anda yang pemula juga bisa belajar langsung di aplikasi yang menyediakan jadwal belajar yang berkaitan dengan dunia saham. Kontennya pun mudah dipahami oleh para pemula.

Selain itu, aplikasi ini juga tampilannya sederhana, dan mudah digunakan di penggunaan pertama. 

9. MOST

Merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Mandiri Sekuritas. Aplikasi investasi terpercaya ini dikembangkan untuk memudahkan investor Mandiri Sekuritas investasi mudah melalui online.

Di aplikasi ini Anda bisa membeli saham, reksa dana, obligasi, dan saham yang baru melantai di BEI atau IPO. Anda juga bisa mengakses MOST lewat situs web.

Paket setoran modal awal yang bisa dipilih untuk mahasiswa adalah Rp2 juta, umum adalah Rp5 juta, dan untuk Anda yang punya banyak modal bisa langsung memulainya dari Rp100 juta.

Anda juga bisa mengikuti pelatihan yang rutin diadakan oleh Mandiri Sekuritas dengan menghadirkan para pakar bidang investasi. 


Baca juga: Yuk Belajar Investasi Lewat Buku, Influencer, dan Youtube


Demikian berbagai aplikasi investasi terpercaya yang bisa Anda andalkan. Untuk berinvestasi, memilih aplikasi yang tepat itu penting. Semua aplikasinya dapat Anda download tanpa biaya sama sekali. Anda pun bisa mencobanya sampai menemukan yang dirasa cocok.


Pertanyaan Umum

1. Apa saja aplikasi investasi terpercaya itu?

Aplikasi investasi ada banyak. Anda bisa memilih sesuai dengan instrumennya. Untuk reksa dana, Anda bisa memilih Bibit. Untuk P2P lending, Anda bisa memilih Modal Rakyat. Untuk saham, Anda bisa memilih Ajaib.

Yang terpenting Anda memilih aplikasi terdaftar dan berizin dari OJK. Ini adalah syarat utama dalam pemilihan aplikasi terbaik.

2. Apa investasi terpercaya yang menguntungkan hanya dengan modal kecil?

Hampir semua jenis investasi saat ini bisa dilakukan dengan modal kecil. Misalnya, saham bisa dimulai dari Rp100 ribu. Mendanai usaha di P2P lending bisa dimulai di Rp25.000.  Untuk investasi emas juga bisa dimulai dari tarif di bawah Rp100 ribu.

Anda tinggal mencari aplikasi yang membuka kesempatan pada penggunanya untuk memulai dari modal yang terbilang murah.

3. Investasi apa yang baik untuk pemula?

Instrumen investasi buat pemula ada banyak pilihan. Untuk yang berisiko rendah, Anda dapat memilih deposito. Untuk risiko menengah, Anda bisa memilih obligasi, emas, P2P lending. Untuk risiko tinggi, Anda dapat memilih saham, cryptocurrency, dan trading forex. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru