Finansial

Cepat Capai Financial Freedom dengan 4 Checklist Ini!

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Oct 2021

Cepat Capai Financial Freedom dengan 4 Checklist Ini!

Finansial adalah salah satu isu yang sering kali menjadi latar belakang dari isu kriminal hingga kesehatan mental.

Keuangan tidak bisa kita abaikan begitu saja, perlu kita kelola sesuai kemampuan dan kebutuhan. Karena jika kita diam begitu saja, maka akan lebih banyak lagi masalah yang akan datang.

Namun dalam mengelola keuangan pun juga perlu keterampilan. Jika tidak, kita bisa terbawa bias diri sendiri.

Oleh karena itu, berikut adalah 4 checklist finansial ini mungkin bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan.


Apa itu pengelolaan Keuangan?

Pengelolaan keuangan erat kaitannya dengan tujuan finansial. Pengelolaan keuangan dilakukan agar bisa mencapai tujuan finansial. Tentunya setiap orang memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda, kendati demikian, apapun tujuannya pengelolaan keuangan sebenarnya ada rumusnya.


Baca juga: Rekomendasi 13 Buku Pengelolaan Keuangan untuk Anda


Financial Checklist Lewat Piramida Finansial

Dalam mengelola keuangan, kamu bisa menggunakan kerangka piramida finansial. Dinamakan piramida, dikarenakan dalam konsep ini hal yang perlu dilakukan tahapannya seperti piramida yang semakin mengerucut. Piramida finansial adalah dasar dari perencanaan keuangan yang baik. 

Wealth Creation

Wealth creation adalah hal paling dasar dalam membangun pondasi pengelolaan keuangan. Lewat checklist ini, kamu perlu mengecek pendapatan kamu yang nantinya akan menjadi sumber pendanaan dari berbagai biaya yang kamu perlukan. 

Sekarang ini untuk mendapatkan pendapatan tidak tertutup hanya lewat pekerjaan 9-5 saja, lho. Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan lewat hobi. Misalnya ketika kamu berkreasi lewat YouTube hal tersebut memberikan peluang untuk kamu bisa mendapatkan uang lebih.

Meskipun kita tidak membawa mati rejeki kita, namun usahakan penghasilan kamu selalu ada peningkatan setiap tahunnya dan juga pastikan untuk live below your means dan tentunya mencapai financial freedom sejak dini. 

Wealth Mitigation

Setelah punya penghasilan maka kamu juga harus melakukan pengecekan, analisa dan review dari cashflow kamu. Hal ini terdiri dari biaya utang/cicilan yang kamu miliki, biaya kebutuhan dan gaya hidup. 

Pada checklist ini, jangan lupa untuk mengalokasikannya untuk dana darurat, persiapan dana pensiun, sekaligus kebutuhan proteksi (asuransi). 

Wealth Accumulation 

Kalau kamu sudah melalui tahapan di atas, maka artinya kamu sudah siap untuk lanjut ke checklist berikutnya. Yaitu investasi! 

Saat sudah siap berinvestasi, maka kamu perlu mengecek juga nih berbagai instrumen investasi yang sesuai profil finansial kamu dan juga kemampuan. Dalam tahap ini yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari berbagai instrumen investasi. 

Perlu diingat ketika melakukan investasi, jangan sampai kamu FOMO (fear of missing out) alias ikut-ikutan trend saja.

Wealth Distribution

Selamat untuk kamu jika kamu sudah melalui tiga checklist sebelumnya! Jika sudah sampai sini pastinya fondasi pengelolaan keuangan kamu sudah sesuai dengan kaidah dan juga kamu. 

Dalam tahapan ini, sebagai seseorang yang sudah menjadi financial freedom kamu bisa membagikan kepemilikan kamu kepada para ahli waris. Untuk hal ini, jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal legal yang dibutuhkan ya. 


Hal Yang Kamu Butuhkan Agar Checklist Bisa Tercapai

Di bawah ini adalah contoh habit yang harus kamu bangun agar keempat wealth checklist diatas bisa kamu centang dan juga menjadi seorang financial freedom:

Mencatat Pemasukan & Pengeluaran

Dengan mencatat setiap pemasukan dan juga pengeluaran yang terjadi, membuat kamu menjadi lebih mindful terhadap arus kas kamu. Dengan tau kondisi arus kas kamu, seharusnya kamu juga bisa menjadi semakin rasional ketika ingin melakukan impulse buying untuk biaya gaya hidup semata. 

Catat setiap pemasukan dan pengeluaran kamu dengan neuBudget, download neuBudget disini ya 

neuBudget adalah fitur dari aplikasi neu yang bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis dari e-wallet. Cara menggunakannya juga mudah, cukup berikan sharing akses kepada aplikasi neu agar dapat data transaksi bisa tersinkronisasi. Tenang aja data privasi kamu juga akan dijamin aman. 

Punya Growth Mindset

Pemikiran kita punya peranan yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan, jika kita sudah pesimis dan tidak mau berusaha keras maka akan sulit untuk kita bisa mencentang 4 financial checklist diatas. Selalu terbuka untuk peluang baru, dan memiliki growth mindset adalah kunci agar kita bisa menjadi seorang financial freedom.

Live Below Your Means

Selalu hidup sederhana, secukupnya dan sesuai kemampuan juga adalah wisdom penting agar kita bisa sampai ke keseluruhan piramida finansial dalam pengelolaan keuangan. Meskipun ketika pendapatan kita bertambah, dan saat hasil investasi dalam kondisi baik bisa mengontrol pengeluaran dan segala biaya tentunya perlu dilakukan. 

Cari Bantuan Jika Memang Dibutuhkan

Untuk mencapai tujuan finansial, tentunya tidak mudah dan jika memang kita membutuhkan bantuan carilah bantuan yang memungkinkan. Bisa jadi dari kerabat terdekat, ataupun financial advisor.

Pastikan bantuan yang kita cari adalah sosok yang kredibel, dan tidak akan menimbulkan masalah finansial baru karena sudah banyak penipuan berkedok financial consulting. 

Hidup Sehat Lahir Batin

Meskipun terkesan tidak berkaitan langsung dengan finansial, dengan menjaga kesehatan lahir batin punya dampak besar untuk kesehatan finansial kita juga. Sebelum berinvestasi di instrumen investasi, pastikan kamu sudah berinvestasi terlebih dahulu di diri sendiri. Kesehatan diri sendiri ini mencakup fisik dan juga kesehatan mental ya. 

Demikianlah 4 finansial checklist dan juga kebiasaan yang bisa kamu bangun untuk mencapai keempat checklist tersebut dan juga untuk menjadi seorang financial freedom


Baca juga: Tips Investasi di P2P Lending, Keuntungan, dan Risikonya


Capai Financial Freedom melalui Pendanaan dengan return 18% per tahun

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut.

Anda dapat meraih imbal balik hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru