Gaya Hidup

Growth Mindset: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Kelebihannya

Pretty Angelia Wuisan-

29 May 2021

Growth Mindset: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Kelebihannya

Setiap orang punya pola pikir atau mindset yang berbeda, sesuai dengan pengalaman hidupnya, tingkat pendidikan, pola asuh, dan lain sebagainya. Namun, pola pikir sebenarnya adalah salah satu hal yang bisa diasah. Jika Anda ingin jadi orang sukses, Anda perlu memiliki growth mindset.

Growth mindset biasanya sering disandingkan bersama fixed mindset. Di artikel ini kita akan membahas pengertian growth mindset beserta kelebihannya untuk Anda.


Baca juga: 6 Tips Agar Sukses Sebelum Usia 30 Tahun


Pengertian growth mindset

Istilah growth mindset dan fixed mindset pertama kali dipopulerkan oleh profesor bidang psikologi yang mengajar di Stanford University bernama Carol Dweck. Ia menjelaskan dua pola pikir dimiliki oleh manusia itu dalam buku yang dia tulis berjudul Mindset The New Psychology of Success

Growth mindset atau pola pikir berkembang merupakan pola pikir yang dimiliki seseorang yang beranggapan bahwa kemampuan atau bakat yang mereka punya bisa dikembangkan. Intinya mereka adalah sosok yang menerima perubahan untuk tujuan yang lebih baik.

Orang yang menemukan bakatnya sejak dini memang beruntung, tapi mereka yang punya pola pikir berkembang akan menganggap bahwa apabila bakat tidak diasah dengan baik, makanya jadi sama saja. 


Ciri-ciri mereka yang punya growth mindset

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pola pikir itu dapat dipelajari dari berbagai macam hal. Apabila Anda sekarang bermalas-malasan, semoga dengan membaca artikel ini Anda akan terpacu untuk bekerja keras kembali. Ini adalah ciri khas yang dimiliki mereka yang punya pola pikir berkembang.


1. Memiliki tujuan hidup yang jelas

Orang yang punya pola pikir berkembang biasanya punya tujuan hidup yang jelas. Ia tahu apa yang diinginkannya dan tahu harus melakukan apa. Untuk itulah ia menyadari, ia harus berubah menjadi pribadi yang baik lagi dari segi skill dan sikap.


2. Senang bekerja keras untuk mencapai tujuannya

Orang yang punya growth mindset tidak ragu untuk bekerja keras demi mencapai tujuannya itu. Ia tidak bisa diam saja karena jika diam terus, maka ia tidak akan mendapatkan apa-apa. Kehidupan ini bagi mereka harus diperjuangkan.


3. Menganggap bakat sebagai permulaan

Mereka menyadari bakat yang dimiliki, tapi tahu jika bakat tidak dikembangkan dengan baik, akan menjadi hal yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, mereka akan mengasah bakat itu dengan kerja keras dan berlatih secara terus-menerus. Mereka adalah sosok yang konsisten.


4. Belajar adalah passion seumur hidup

Mereka tidak ragu untuk belajar, walaupun sebenarnya sudah lulus dari perguruan tinggi. Belajar tidak harus dilakukan di sekolah. Belajar bisa didapatkan dari mana saja. Apalagi sekarang peluang belajar bisa berasal dari mana-mana. 

Belajar adalah salah satu cara bagi mereka untuk terus berkembang menjadi yang lebih baik dari versi mereka di waktu dulu. Hal yang mereka pelajari bisa apa saja. Biasanya yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.  


5. Kegagalan adalah sebagian dari kehidupan

Orang yang punya pola pikir growth mindset menyadari bahwa kegagalan adalah hal yang terkadang tidak bisa dihindari. Kegagalan adalah sebagian dari kehidupan yang harus dihadapi. Kegagalan adalah sesuatu yang biasanya terjadi, tapi kesuksesan bukanlah sesuatu yang pasti.

Namun, mereka percaya, selama mereka berjuang untuk mendapatkannya, walaupun harus gagal berkali-kali, suatu saat mereka akan bisa menggapai mimpi. Jadi, kegagalan adalah sesuatu yang siap mereka terima, tapi nanti mereka akan berjuang kembali.


Baca juga: 6 Kunci Penting Menjadi Pebisnis yang Sukses


Kelebihan orang yang memiliki growth mindset

Orang yang punya pola pikir perkembang, pasti memiliki kelebihan-kelebihan di bawah ini.


1. Tidak mudah menyerah

Tidak mudah menyerah adalah sesuatu yang sulit untuk orang-orang yang merasa perjalanannya sudah sampai di sini. Padahal ia baru satu kali mencoba. 

Orang yang punya growth mindset akan mengusahakan dirinya untuk bangkit kembali setelah mengalami kegagalan.


2. Mau belajar dari kesalahan

Orang yang punya pola pikir berkembang ketika mengalami kegagalan akan mencari tahu salahnya di mana. Dari sana ia akan belajar untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi. 


3. Mau menerima kritik

Orang dengan growth mindset mau menerima kritikan terhadapnya, dan itu bisa didapatkan dari orang yang tidak dikenalinya. Kritik adalah salah satu hal yang ia jadikan bahan pembelajaran.


4. Menerima diri apa adanya

Pemilik growth mindset justru cenderung mampu menerima diri apa adanya. Ia tidak masalah mengalami kegagalan karena itu sudah menjadi jalan hidupnya. Maksudnya, ia tidak harus sukses terus karena setiap orang punya waktunya masing-masing. Ia yakin selama tidak menyerah akan bisa berada pada titik yang sudah lama diimpikannya.


5. Menghargai kerja keras

Orang yang memiliki pola pikir berkembang sangat cocok menjadi seorang pemimpin karena ia menghargai setiap kerja keras anak buahnya, walaupun hasilnya belum memuaskan. 

Tidak semua pekerjaan akan mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Pemimpin yang tidak menghargai kerja keras anak buahnya, pasti hanya bisa menyalahkan, lalu mengancam ini dan itu sampai membuat anak buahnya tidak nyaman. Pada akhirnya anak buah itu malah tidak mampu bekerja dengan baik.

Berbeda dengan pemimpin yang beranggapan bahwa anak buahnya sudah bekerja keras, tapi hasilnya belum maksimal saja. Suatu hari nanti dengan belajar dari kekurangan sekarang, ia bisa memacu anak buahnya untuk bekerja lebih tekun dan teliti lagi. 

Pemimpin yang memiliki growth mindset bisa menularkan pola pikirnya ini pada anak buahnya. Inilah salah satu kelebihan yang dimilikinya, bisa ditransfer juga pada orang lain, walaupun terkadang orang lain itu biasanya tidak menyadarinya. 

Dari sini Anda pasti sudah paham mengapa untuk menjadi orang sukses harus memiliki pola pikir berkembang karena akan menguntungkan untuk Anda.


Menjadi Pebisnis Sukses Bersama Modal Rakyat

Anda yang sedang merintis bisnis UMKM dan bermimpi menjadi pebisnis sukses, Anda bisa mengandalkan Modal Rakyat dalam meraih modal. P2P Lending Modal Rakyat bersedia meminjam dana pada Anda dimulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 miliar. Bunga yang dibebankan pada Anda pun kompetitif karena disesuaikan dengan risiko usaha.

Cara pengajuan pinjaman mudah, Anda bisa mengajukannya lewat online. Daftarkan diri Anda sebagai pencari dana melalui halaman berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru