Finansial

Ketahui Cara Buat NFT Sendiri dan Platform untuk Menjualnya

Pretty Angelia Wuisan-

01 Jul 2022

Ketahui Cara Buat NFT Sendiri dan Platform untuk Menjualnya

NFT merupakan jenis token pengembangan dari kemunculan cryptocurrency yang begitu populer di masa kini. Terutama untuk mereka yang senang berkarya di bidang kesenian. Anda suka berkarya dan ingin memperoleh cuan? Anda perlu tahu cara buat NFT sendiri yang kemudian dijual pada orang lain.

Menjual NFT dilakukan di platform khusus yang terhubung langsung dengan blockchain tertentu. Ini dia fakta-fakta yang perlu diketahui Anda yang ingin membuat NFT.


Baca juga: Apa itu NFT, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya


Apa itu NFT?

NFT merupakan sebutan dari Non-Fungible Token yang berbentuk aset digital berupa karya seni seperti gambar, foto, lukisan, musik, game, dan lainnya yang bisa ditransaksikan melalui sistem bernama blockchain.

Sekilas NFT tampak sama dengan cryptocurrency, tapi berbeda ya. Cryptocurrency adalah mata uang virtual. Untuk membeli atau menjual NFT, justru Anda hanya bisa melakukannya dengan cryptocurrency.

Anda yang punya bakat seni, bisa menjual karya secara cepat dan harga yang layak di NFT. Jadi, NFT adalah penemuan canggih yang membuat para seniman menjual karya secara global.


Cara Buat NFT Sendiri itu Mudah, ini Tahapannya

Cara buat NFT sendiri pasti Anda bisa mengikutinya. Anda hanya perlu tahu cara main di platform yang dipilih. Sementara itu Anda sudah menyiapkan karya seni yang akan ditawarkan pada investor di platform tersebut. Ini dia cara membuat NFT gratis untuk Anda.

  • Menyiapkan karya seni yang akan dijual
  • Memilih jenis blockchain untuk menjual NFT
  • Memilih jenis dompet cryptocurrency untuk transaksi
  • Memilih marketplace NFT yang terbaik

1. Menyiapkan karya seni yang akan dijual

Buat karya seni yang serius untuk menghasilkan karya seni terbaik. Nanti Anda akan menjual NFT bersama jutaan NFT lainnya yang tidak kalah unik. Pastikan karya yang Anda bikin sesuai dengan ciri khas Anda dan punya keunikan tersendiri agar langsung dilirik.

2. Memilih jenis blockchain untuk menjual NFT

Ada berbagai blockchain open source yang membolehkan transaksi khusus NFT. Namun, pastikan blockchain yang Anda pilih itu stabil, yang berarti gampang terkoneksi dengan Anda. 

Rekomendasi blockchain yang biasanya dipilih oleh para pegiat NFT adalah Ethereum. Hal itu karena di sana transaksi NFT paling ramai, sekaligus paling stabil.

3. Memilih jenis dompet cryptocurrency untuk transaksi

Untuk bisa menerima transaksi pembayaran NFT yang dibeli investor, Anda perlu memiliki dompet khusus cryptocurrency. Hasilnya nanti bisa Anda konversikan menjadi uang.

Beberapa dompet yang digunakan oleh Anda adalah Metamask, Math Wallet, Coinbase, dan lainnya. Perhatikan ketentuan untuk membuat wallet di masing-masing platform agar Anda lancar melakukan transaksi.

4. Memilih marketplace NFT yang terbaik

Anda perlu menjual NFT di marketplace khusus NFT. Beberapa marketplace yang bisa Anda manfaatkan adalah OpenSea, CryptoPunk, dan Axie Marketplace. Para penggemar NFT biasanya banyak yang berkumpul di sana untuk menjual atau membeli NFT yang mereka sukai.


Apa Platform yang Bisa Digunakan untuk Menjual NFT?

Tadi sudah disebutkan beberapa platform untuk bertransaksi NFT, salah satunya adalah OpenSea. Platform ini dikembangkan sejak tahun 2017. Perputaran dana yang sudah ada di sana sejak hampir 5 tahun lalu itu dikatakan mencapai 13,3 miliar USD atau Rp199 triliun.

Cara jual NFT di OpenSea sebenarnya cukup mudah, ini dia cara yang bisa Anda lakukan.

  • Berkunjung ke situs web OpenSea.
  • OpenSea langsung terhubung dengan Ethereum, jadi Anda akan diminta membuat wallet yang berhubungan dengan blockchain itu.
  • Setelah wallet sudah dibuat, Anda baru bisa sign up ke OpenSea.
  • Akun Anda sudah terverifikasi, Anda pun bisa mengunggah gambar atau karya seni lain di OpenSea lewat menu My Collection.
  • Anda pun bisa langsung menjual NFT dengan harga yang ditentukan sendiri. Tentukan harga yang bersaing agar NFT Anda laku di pasaran.


Berapa Ukuran Gambar NFT?

Gambar yang Anda unggah untuk NFT ukurannya sesuai dengan ketentuan platform marketplace. Contohnya di OpenSea, maksimum ukuran gambar yang boleh diunggah adalah 100 MB. Lebih dari itu, unggahan Anda tidak akan diterima atau Anda akan diminta untuk mengubah ukuran sesuai ketentuan.

Yang terpenting dari gambar yang diunggah adalah hasilnya harus bagus, sesuai dengan bentuk preview. Biasanya Anda akan mengunggah dalam ukuran besar karena takut kualitasnya jadi buruk atau gambar jadi pecah setelah digitalisasi. Namun, tidak perlu cemas akan hal itu karena Anda akan mudah untuk mengaturnya.


Berapa Pajak NFT?

Penjual NFT sekarang akan dikenai pajak oleh pemerintah. Besaran pajak yang harus dibayarkan adalah 0,5% dengan ketentuan Pajak Penghasilan Final UMKM menurut PP No. 23 Tahun 2018.

Mengapa disamakan dengan PPh untuk pelaku UMKM? Karena hasil penjualan NFT itu memiliki pendapatan atau nilai bruto tertentu. Anda yang menjual NFT akan dikenakan pajak sesuai dengan seluruh hasil penjualan yang diperoleh.


Baca juga: 10 Game NFT Crypto yang Seru dan Bisa Mendatangkan Cuan


Kesimpulan

Cara buat NFT sendiri tidak begitu sulit selama Anda memang punya passion dalam berkarya. Setelah mendapatkan hasil dari jualan NFT, jangan lupa untuk membayar pajak agar transaksi NFT Anda ke depannya tetap lancar. Semangat terus berkarya ya!


Kembangkan Dana Menjadi Imbal Hasil Menjanjikan di P2P Lending Modal Rakyat

Anda punya dana yang berlebih? Jangan hanya disimpan karena Anda bisa mengembangkannya bersama P2P Lending Modal Rakyat.

Dengan minimal Rp500.000 yang dipinjamkan ke UMKM, Anda akan memperoleh imbal hasil yang bisa mencapai 18% per tahun. Ada asuransi yang bisa digunakan untuk melindungi dana Anda itu sebesar 95%.

Modal Rakyat sudah berizin resmi dari OJK, sehingga aman dan legal. Yuk, jadikan dana Anda berkembang dengan mudah di Modal Rakyat!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru