Bisnis

Tidak Perlu Modal Banyak, ini Cara Dropship di Shopee

Pretty Angelia Wuisan-

23 Sep 2021

Tidak Perlu Modal Banyak, ini Cara Dropship di Shopee

Shopee menjadi salah satu marketplace oke untuk mendirikan toko online. Alasannya karena Shopee adalah salah satu situs web belanja yang ramai dikunjungi. Selain itu, mendirikan toko di Shopee juga termasuk mudah.

Namun, ada juga program lain bernama dropship. Cara dropship di Shopee termasuk mudah dan tidak memerlukan modal juga. Anda hanya perlu mencari supplier. Di sini akan dijelaskan tentang kelebihan dropship Shopee, hal yang perlu diperhatikan cara menjadi dropshipper, cara jualan, dan tips and trick-nya.


Baca juga: Peluang Bisnis Minuman Kekinian dan Tips untuk Memulainya


Kelebihan Cara Dropship di Shopee

Dropship merupakan salah satu cara menjual produk yang tidak memerlukan modal. Dropship bisa menjadi alternatif menjualkan barang tanpa harus mendirikan toko. Jadi, Anda hanya perlu menemukan supplier yang menyediakan barang untuk Anda. Anda yang membantu toko online itu untuk mendapatkan pembeli.

Shopee sendiri membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin menjadi dropshipper dengan fitur yang disediakan olehnya. Anda pun bisa mendapatkan komisi dari banyaknya barang yang berhasil Anda jual.

Kenapa Shopee menjadi pilihan bagus untuk para dropshipper? Alasannya karena transaksi belanja di Shopee tidak pernah sepi pengunjung. Anda sangat bisa meraih pelanggan dengan cepat, selama melakukan strategi pemasaran bisnis online yang benar.

Belum lagi ada fitur gratis ongkir yang disenangi oleh pembeli. Berjualan di Shopee dengan menjadi dropshipnya pun jadi terasa menyenangkan.


Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai

Sebelum memulai dropship di Shopee, Anda perlu memperhatikan hal di bawah ini dulu.

1. Memilih produk yang akan Anda jual

Cara dropship di Shopee yang pertama adalah memilih produk yang ingin dijual. Banyak yang sekali produk yang dijual di Shopee, Anda bisa memilih produknya yang sesuai dengan minat atau kesukaan.

2. Mencari supplier

Setelah berhasil menemukan produk yang Anda inginkan, Anda bisa mencari supplier yang membuka kerja sama dengan sistem dropship. Cara mencarinya adalah dengan menemukan toko online yang menjual produk yang Anda ingin jual.

3. Modal

Cara dropship di Shopee membutuhkan modal sebanyak berapa jumlah produk yang bisa Anda jual pada pembeli. Sistem pembayaran ditahan yang ada di Shopee membuat Anda harus membayar bayar yang dibeli oleh pembeli.

Sebenarnya modal ini nanti akan kembali pada Anda setelah pembeli mengkonfirmasi barang yang dibelinya sudah diterima. Jadi, sekarang Anda tahu cara dropship di Shopee seperti apa.

4. Bekerja sama dengan satu toko online

Sebaiknya Anda menjual produk dari satu toko online supaya pembeli nanti tidak menanggung ongkos kirim yang double jika membeli beberapa produk yang Anda tawarkan. Ini juga akan mempermudah Anda dalam mengatur pemesanan ke toko online bersangkutan.


Cara Dropship di Shopee

Sekarang, Anda bisa memulai melakukan dropship yang telah Anda niatkan. Inilah cara dropship di Shopee yang dapat diikuti.

1. Punya akun Shopee

Anda harus punya akun Shopee dulu. Jika belum, cara daftarnya mudah. Anda tinggal unduh aplikasi Shopee dan mendaftar melalui email atau nomor ponsel. Prosesnya pun cukup cepat.

2. Cari pembeli

Anda bisa mencari pembeli yang berminat membeli produk supplier yang Anda tawarkan padanya. Setelah itu Anda bisa mencatat nama dan alamat pembeli yang nanti akan Anda butuhkan untuk tahapan selanjutnya.

3. Memesan produk

Anda bisa memesan produk yang diinginkan pembeli di toko online yang sudah bekerja sama dengan Anda. Perhatikan bahwa produk itu memang yang diinginkan oleh pembeli.

4. Checkout

Setelah itu Anda bisa melakukan checkout dengan mencentang produk yang akan Anda pesan untuk pembeli.

5. Isi alamat pembeli

Akun pribadi Shopee Anda biasanya berisi alamat Anda sendiri. Di sistem dropship ini, Anda perlu memasukkan alamat pembeli secara manual setelah proses checkout dengan menambah alamat baru.

6. Centang “kirim sebagai dropshipper

Setelah itu Anda perlu centang bagian “kirim sebagai dropshipper” yang biasanya muncul di bawah pengisian alamat baru. 


Cara Jualan dengan Sistem Dropship di Shopee

Tadi adalah cara dropship di Shopee menggunakan akun pembeli. Ternyata di Shopee juga memungkinkan menjadi dropshipper dengan cara menjadi penjual. Namun, produk yang Anda jual tetap berasal dari toko lain. 

Catatan yang perlu Anda ingat, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mengutarakan niat Anda pada toko atau supplier bersangkutan, supaya tidak ada kesalahpahaman. Alasannya karena Anda akan memajang foto produk toko online itu, apalagi isu plagiat foto produk sangat sensitif.

Ini cara dropship Shopee dengan menjadi penjual.

1. Buat akun Shopee

Pembuatan akun Shopee sudah menjadi langkah wajib yang perlu Anda ikuti. Jika sudah memiliki akun Anda tidak perlu lagi membuat akun yang baru.

2. Aktifkan gratis ongkir

Pembeli senang dengan fitur gratis ongkir yang disediakan oleh Shopee. Anda bisa mengaktifkannya pada lapak jualan Shopee milik Anda. Mumpung program ini masih ada, jadi sebaiknya Anda tidak melewatkannya.

3. Masukkan rekening bank

Anda perlu memasukkan data rekening bank aktif milik Anda untuk keperluan pencairan uang hasil dropship..

4. Isi alamat supplier

Untuk akun penjual, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat penjual. Produk Anda berasal dari supplier lain, jadi Anda perlu memasukkan alamat supplier untuk proses pengiriman. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap ongkos kirim yang berlaku untuk pembeli.

5. Unggah foto produk

Cara dropship di Shopee sebagai penjual berikutnya adalah mengunggah foto produk yang telah disediakan oleh supplier. Dengan begini, calon pembeli Anda tahu bentuk produk yang Anda jual padanya.


Tips and Trick Cara Dropship di Shopee

Dropship di Shopee akan mudah Anda lakukan jika Anda mengikuti tips and trick di bawah ini.

1. Riset pasar

Coba Anda perhatikan produk apa yang banyak diminati oleh masyarakat. Anda bisa menentukannya dari sana dan mencari supplier yang menyediakan produk itu. 

Atau tidak masalah juga jika Anda memilih produk yang Anda senangi karena Anda bisa mengenal produk itu lebih baik. 

2. Pilih supplier terpercaya

Cara dropship di Shopee yang penting adalah supplier Anda merupakan sosok yang bisa dipercaya. Tidak mengirimkan produk yang tidak sesuai keinginan pembeli atau malah sama sekali tidak mengirimkan produk. Anda perlu memeriksa track record miliknya.

3. Manfaatkan fitur promosi

Jika cara dropship di Shopee yang Anda pilih adalah menjadi penjual, Anda dapat memanfaatkan fitur promosi yang disediakan untuk memancing lebih banyak pembeli.


Baca juga: Ingin Bisnis Reseller? Ini yang Perlu Dipersiapkan


Membangun Usaha dengan Meraih Pinjaman Modal di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman modal di Rp500 ribu hingga Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Bagaimana sistem dropship itu?

Dropship merupakan salah satu cara menjual produk yang tidak memerlukan modal. Dropship bisa menjadi alternatif menjualkan barang tanpa harus mendirikan toko. Jadi, Anda hanya perlu menemukan supplier yang menyediakan barang untuk Anda. Anda yang membantu toko online itu untuk mendapatkan pembeli.

2. Apa bedanya reseller dan dropshipper?

Untuk menjadi reseller, Anda tinggal mencari toko atau penjual yang membuka program reseller. Lalu, Anda membeli produk dari penjual dulu, baru nanti Anda jual lagi.

Sedangkan dropshipper, Anda adalah orang yang menghubungkan pembeli dengan penjual. Namun, Anda sama sekali tidak perlu mengirimkan barang karena proses pengirimannya tetap dilakukan oleh penjual.

3. Apa keuntungan menjadi dropshipper?

Keuntungan jadi dropshipper adalah Anda sama sekali tidak membutuhkan modal mengingat produk disediakan penjual. Anda juga bisa mendapatkan komisi dari berapa banyak barang yang terjual oleh Anda.

4. Apakah bisa menjadi dropship di Shopee?

Sangat bisa. Shopee memang menyediakan program ini untuk para pengguna. Pengguna Shopee yang tidak memiliki toko bisa ikut berjualan dengan program dropship.

5. Apa maksudnya kirim sebagai dropshipper di Shopee?

Shopee membuka program dropshipper untuk pengguna Shopee yang berniat menjual produk toko online Shopee yang membuka sistem dropship.

Cara dropship di Shopee. Anda tinggal menemukan pembeli yang berminat untuk membeli produk. Kemudian buat pesanan di toko Shopee yang bekerja sama dengan Anda, mengisi alamat sesuai dengan alamat pembeli, dan centang bagian kirim sebagai dropshipper



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru