Bisnis

Peluang Bisnis Minuman Kekinian dan Tips untuk Memulainya

Pretty Angelia Wuisan-

07 Sep 2021

Peluang Bisnis Minuman Kekinian dan Tips untuk Memulainya

Untuk Anda yang ingin berbisnis, tapi bingung mau bisnis apa, coba saja membuka bisnis minuman kekinian. Minuman ini sangat difavoritkan oleh masyarakat Indonesia yang ada di kota-kota besar. Mereka biasanya meminum minuman kekinian di saat santai atau sebagai penghibur ketika jadwal kerja sedang padat.

Namun, Anda tentu saja perlu tahu bagaimana caranya membangun bisnis minuman kekinian yang berhasil. Di sini akan dibahas mengenai alasan menjalankan usaha minuman yang kekinian, ide jenis minuman yang bisa Anda jual, dan tips untuk memulainya.

 

Baca juga: 6 Franchise Minuman Paling Laris di Indonesia

 

Alasan Membangun Bisnis Minuman Kekinian

Minuman kekinian itu rasanya berbagai macam, mulai dari kopi, coklat, stroberi, bahkan sampai ada yang mencampurkannya dengan keju. Belum lagi harganya murah, sehingga banyak yang menyukainya.

Ada berbagai alasan dan peluang bisnis minuman kekinian yang perlu Anda pertimbangkan. Ini penjelasannya.

1. Pasar yang luas

Anda perlu tahu bahwa saat ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai minuman kekinian. Terutama di kota-kota besar karena ketersediaan bisnis minuman kekinian lebih banyak ada di sana.

Mereka yang menyukai minuman kekinian juga tidak mengenal umur. Dari anak-anak hingga yang sudah dewasa pun menyukai minuman ini. Calon pembeli Anda tidak hanya fokus di umur tertentu, Anda bisa meraih pelanggan dari umur mana saja.

Hal ini juga tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat akan minuman. Ketika sedang jalan-jalan di luar, mereka akan membeli minuman dengan berbagai rasa. Bahkan saat sedang sibuk di kantor pun banyak juga dari mereka yang menggunakan minuman kekinian untuk melepas stres.

2. Modal cenderung kecil

Untuk memulai bisnis minuman kekinian, Anda tidak perlu memiliki modal besar. Anda dapat memulainya dari modal yang kecil. Anda bisa menjual minumannya per hari 10 gelas terlebih dulu untuk melihat sambutan pelanggan. Ketika pelanggan semakin banyak, Anda bisa menambah jumlah gelasnya.

Kemudian, biaya yang diperlukan untuk bahan baku dan alat juga tidak mahal. Anda bisa menemukan bahan-bahan itu di sekitar, tidak perlu sampai mencarinya ke luar negeri.

3. Anda hanya perlu mempekerjakan beberapa orang

Minuman kekinian bisa diolah dengan beberapa orang saja. Sepuluh orang untuk gantian shift apabila Anda ingin membuka usaha dari pagi hingga malam juga sudah cukup.

Selain itu, tempat untuk membuka usaha ini juga tidak perlu luas. Anda bahkan sangat bisa memilih konsep kedai biasa, tanpa tempat duduk untuk pelanggan. Jadi, pembeli membawa pulang minumannya. Anda pun bisa menggunakan modal secara efisien

4. Keuntungan besar

Anda bisa meraih keuntungan yang besar untuk usaha minuman ini. Hal itu karena modal yang Anda perlukan termasuk kecil. Dengan mematok harga minuman mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000, Anda bisa meraih keuntungan bersih hingga jutaan per bulannya. Tidak mengherankan bisnis ini begitu menggiurkan.

 

Ide Bisnis Minuman Kekinian

Ada berbagai minuman kekinian yang dapat Anda andalkan sebagai produk minuman Anda. Ini penjelasannya.

1. Thai Tea

Minuman asal Thailand ini cukup difavoritkan di Indonesia. Minuman ini sering dicari karena rasanya yang enak dan menyegarkan juga. Paling pas disuguhkan dengan es alias dalam keadaan dingin.

Resep untuk membuatnya pun mudah. Anda bisa membeli bahan-bahannya di dekat Anda. Apalagi sekarang sudah banyak produsen yang memproduksinya dalam bentuk bubuk. Anda tinggal meramunya dengan kreativitas sendiri.

2. Boba

Minuman satu ini sudah lama hadir di Indonesia dan hingga sekarang masih difavoritkan. Di minuman ini Anda menambahkan boba yang bahan dasarnya tapioka. Boba yang ada di dalam minuman bisa menambah cita rasa minumannya.

3. Bubble Tea

Minuman kekinian lain yang tidak kalah menarik adalah bubble tea. Minuman berbahan dasar teh ini bisa dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti krim keju, sehingga menjadi minuman cheese tea. Ada lagi yang mencampurkannya dengan susu, sehingga jadi milk tea. Pokoknya, rasa teh-nya jadi beda dari yang original, dan banyak orang yang menyukainya.

Bubble tea ini juga biasanya cocok diisi dengan boba atau isian lain seperti jelly, rumput laut, dan lain sebagainya.

4. Kopi

Minuman kekinian satu ini penggemarnya ada di mana-mana. Masyarakat Indonesia sejak dulu memang menyukai kopi. Anda bisa menjadikan bisnis minuman kopi sebagai andalan. Anda hanya perlu mempersiapkan resep yang berbeda, supaya kopi yang Anda suguhkan berbeda dari minuman kopi kebanyakan.

5. Minuman es cokelat

Minuman cokelat juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Minuman cokelat dapat disuguhkan panas maupun dingin, dua-duanya sama enak, dan pembeli pun ada yang memfavoritkan keduanya.

 

Tips Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Untuk memiliki bisnis minuman yang berhasil, ini yang perlu Anda lakukan.

1. Pilih lokasi strategis

Lokasi strategis akan sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang mendatangi kedai Anda. Anda tidak perlu memilih tempat yang luas, asalkan berada di lokasi yang ramai juga sudah sangat baik. Coba cari lokasi di dekat kampus, perkantoran, atau perumahan besar.

2. Bekerja sama dengan platform antar online

Anda bisa bekerja sama dengan platform antar online untuk membuka pesanan secara online. Jadi, pembeli tidak harus mendatangi kedai Anda untuk membeli, mereka juga bisa membeli lewat online.

3. Buat resep minuman yang berbeda

Anda pasti sudah menyadari bahwa minuman yang dijual di luar sana jenisnya hampir sama semua. Yang membedakannya adalah cita rasa dan varian rasanya. Anda perlu menciptakan cita rasa tersendiri supaya pelanggan lebih mengenal Anda. Anda bisa memulainya dengan membuat percobaan berbagai resep minuman.

4. Desain kemasan yang unik

Desain kemasan minumannya juga perlu dibuat yang unik. Anda bisa melihat desain minuman kekinian yang sudah ada sebelumnya. Jangan lupa untuk mencantumkan logo Anda di kemasannya. Selain unik, desain kemasan itu harus mudah dan nyaman untuk dibawa.

5. Andalkan promosi yang menarik

Hal penting yang perlu Anda siapkan adalah promosi yang menarik untuk brand minuman Anda. Promo yang menarik akan mengundang banyak pembeli. Coba Anda usahakan untuk menerapkan sistem bundling, misalnya beli dua minuman harganya jadi lebih murah. Atau Anda bisa menambahkan paket minuman dan camilan.

Pembeli biasanya menyukai sistem bundling itu. Apalagi biasanya mereka menikmati minuman-minuman ini bersama keluarga dan teman-teman.


Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung


Seperti itulah penjelasan mengenai bisnis minuman kekinian. Supaya cabangnya bisa bertambah, Anda bisa menerapkan usaha franchise yang menguntungkan.

Memulai bisnis minuman, tidak perlu menunggu lama. Yuk, mulai dari sekarang.

 

Membangun Bisnis Minuman Kekinian dengan Pinjaman di Modal Rakyat

Anda yang ingin membuka bisnis minuman, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru