Finansial

Gaya Hidup

8 Cara Menjadi Kaya Sebelum Umur 30

Kabrina Rian Ferdiani-

25 Jun 2021

8 Cara Menjadi Kaya Sebelum Umur 30

Membahas tentang bagaimana cara menjadi kaya sangatlah menarik karena semua orang pasti ingin seperti itu. Namun penting dipahami tolak ukur kekayaan dan kesuksesan masing-masing orang sangat berbeda satu dengan lainnya.

Bagi Anda yang mempunyai target harus memiliki banyak kekayaan sebelum usia 30 tahun. Simak pengertian kaya yang sesungguhnya dan bagaimana cara menjadi kaya dari segi finansial maupun kepribadian.


Baca juga: 10 Mindset yang Dimiliki Orang Kaya


Apa itu yang Dimaksud Kaya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kaya secara sederhana yaitu seseorang yang memiliki banyak harta. Harta yang dimaksud bisa kekayaan materi berupa uang, aset dan masih banyak bentuk kekayaan lainnya.

Sebagian besar orang belajar bagaimana cara menjadi kaya dengan menggunakan berbagai usaha agar uangnya banyak. Karena tujuan utamanya memang uang dan aset dalam bentuk lainnya yang dapat terlihat.

Padahal uang bukan segalanya namun segalanya butuh uang jadi definisi kaya sebenarnya sangat luas. Banyak orang yang tidak memiliki banyak harta namun dirinya sudah merasa kaya dan semua terasa cukup.

Sementara ada yang berusaha kerja mencari cara menjadi kaya namun tidak pernah merasa puas. Sehingga sebanyak apapun hasil yang didapatkan tidak merasa merasa cukup dan akhirnya terus merasa miskin.

Jika Anda mengatakan kaya karena uangnya banyak, butuh berapa banyak uang yang harus dimiliki agar memenuhi syarat kaya? Misalnya seseorang dikatakan kaya jika uangnya sudah mencapai 1 milyar.

Lantas bagaimana jika ternyata orang tersebut memang memiliki uang 1 M namun hutangnya 2 M? Itulah kenapa tidak bisa jika menyebutkan nilai kekayaan seseorang hanya dilihat dari berapa besar uangnya.

Jangan heran jika ada orang sudah dikatakan banyak hartanya namun masih merasa belum menurut dirinya sendiri. Itulah kenapa jika membahas tentang hal ini begitu banyak perbedaan pendapat yang harus dipahami.

Sangat penting dipahami ada dua jenis kekayaan yang ada di dunia ini yaitu kaya secara finansial maupun kepribadian. Keduanya saling mempengaruhi dan menyeimbangkan sehingga jika jalan bersama jauh lebih baik.

Maka jika Anda ingin mempelajari bagaimana cara menjadi kaya jangan hanya dari segi finansial saja. Namun juga memperkaya diri dari segi kepribadian agar dapat memahami makna yang sesungguhnya.

Dengan begitu Anda tidak sekedar mengejar kekayaan demi mendapatkan banyak uang namun mampu mengelolanya juga. Sehingga apa yang sudah didapatkan tidak akan habis sia-sia tanpa adanya manajemen keuangan secara bijak.


Baca juga: Ikigai adalah Konsep Hidup Orang Jepang, ini Penjelasannya


Cara jadi Kaya Secara Finansial

Kekayaan memang sangat erat kaitannya dengan finansial dan hal ini sangatlah wajar untuk diperhatikan. Jika Anda ingin memiliki banyak kekayaan finansial maka bisa mencoba cara menjadi kaya berikut ini.

Memiliki penghasilan

Cara menjadi kaya paling utama Anda harus memiliki penghasilan baik harian, mingguan maupun bulanan. Cari penghasilan dari manapun sumbernya karena fokus Anda mencari hasil bukan sekedar mencari pekerjaan.

Karena banyak orang mencari kerja bukan hasilnya sehingga memilih pekerjaan yang dianggap sesuai. Padahal kalau tujuan Anda adalah uangnya maka mau melakukan apapun termasuk berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan.

Pengelolaan Keuangan yang Benar

Seseorang yang menjadi kaya secara finansial bukan berarti memiliki penghasilan sangat besar setiap bulannya. Namun bagaimana mereka mampu mengelola keuangan dengan bijak pastinya sehingga pendapatan yang masuk dapat dimanfaatkan.

Terkadang orang dengan penghasilan Rp 10 juta per bulan belum tentu selalu cukup jika dibandingkan Rp 5 juta. Hal ini karena dipengaruhi gaya hidup dan ketidakmampuan mengelola keuangan.

Menabung secara Rutin

Perlu dipahami memiliki kekayaan secara finansial tidak bisa didapatkan secara instan termasuk dari warisan sekalipun. Salah satu cara menjadi kaya paling efektif yaitu dengan menabung secara rutin berapapun nilainya.

Jangan melihat berapa nominal tabungan Anda namun menabung secara rutin jauh lebih penting. Belajar disiplin dan konsisten pada hal-hal kecil membuat Anda akan mampu mengelola keuangan besar secara bijak.

Berinvestasi dengan Keuntungan di Atas Inflasi 

Cara lainnya yaitu melakukan investasi dengan tujuan untuk mencari keuntungan di atas nilai inflasi. Ada banyak jenis investasi yang sangat menguntungkan jadi silahkan cari informasi sebanyak mungkin.


Cara jadi Kaya Secara Kepribadian

Setelah mengetahui cara menjadi kaya secara finansial selanjutnya pelajari juga kaya dari segi kepribadian. Hal ini akan sangat mendukung untuk mewujudkan mimpi Anda memiliki kekayaan dan mampu mengelola secara bijak.

Memperkaya Pengetahuan dengan Membaca Buku

Cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan memperkaya pengetahuan dalam bidang apapun. Caranya juga sangat beragam misalnya membaca buku kisah orang-orang hebat, buku motivasi dan banyak lainnya.

Seseorang yang memiliki banyak pengetahuan membuat mereka jauh lebih tenang dalam menjalani hidupnya. Percuma memiliki banyak harta namun Anda terus merasa ketakutan dan gelisah karena tidak tahu cara mengelolanya.

Mengasah dan Mempertajam Skill

Banyak orang lupa kalau cara menjadi kaya secara kepribadian dapat dilakukan dengan mengasah dan mempertajam skill. Bukan sekedar skill mengelola keuangan namun skill dalam bersosial, pengembangan diri dan banyak lainnya.

Membangun Relasi

Memiliki banyak relasi sangat penting bagi Anda jika ingin memiliki kekayaan kepribadian. Relasi merupakan aset penting dalam kehidupan dan sangat menguntungkan bukan sekedar fokus menghasilkan uang saja.

Relasi akan membantu Anda mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan usaha, memiliki rekan untuk sharing. Bahkan bisa diajak kerja sama untuk berbagai jenis bisnis agar bisa menunjang kekayaan finansial.

Tidak Berhenti Belajar

Seseorang yang memiliki kekayaan kepribadian pasti selalu semangat untuk tidak berhenti belajar. Ada banyak sumber informasi yang dapat dipelajari dan hal ini jangan disia-siakan untuk menambah pengetahuan Anda.

Secara sederhana definisi kaya adalah memiliki banyak harta, padahal faktanya kekayaan sangatlah luas. Anda bisa kaya secara finansial maupun kepribadian dan keduanya dapat diwujudkan dengan mempelajari cara menjadi kaya.


Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia [Update 2021]


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru