Gaya Hidup

Finansial

7 Ciri-Ciri Emas Asli untuk Membedakannya dengan yang Palsu

Pretty Angelia Wuisan-

10 Nov 2021

7 Ciri-Ciri Emas Asli untuk Membedakannya dengan yang Palsu

Untuk Anda yang mau investasi emas, harus tahu ciri-ciri emas asli supaya Anda yang Anda beli benar-benar yang asli. Banyak sekali oknum yang membuat akal-akalan memoles emas palsu hingga tampak seperti asli untuk menguntungkan dirinya sendiri.

Kabar baiknya, emas asli atau palsu sangat bisa dibedakan. Untuk mengetahui emas asli, ini adalah ciri-ciri emas asli yang bisa menjadi petunjuk.


Baca juga: Kode Emas: Penggolongan dan Cara Mengetahui Emas yang Asli


1. Ada tanda khusus di permukaan emas

Ciri-ciri emas asli bisa Anda perhatikan dengan melihat permukaan emas. Terutama untuk emas batangan.

Biasanya pada emas batangan yang asli, ada tanda atau cap di permukaannya yang menunjukkan kemurnian emas tersebut. Misalnya, apabila kemurnian emas itu adalah 24 karat, maka cap yang ada di permukaannya tertulis 24K.

Ini akan mudah Anda temukan pada emas batangan. Apabila Anda tidak melihat cap tersebut di emas yang Anda mau beli, Anda patut mempertanyakan keasliannya pada yang menjual. 


2. Emas memiliki warna yang tidak mudah pudar

Harga emas memang terbilang mahal karena emas adalah logam yang mewah. Emas dibuat dengan susah payah hingga bentuknya menjadi mudah disimpan dan memiliki warna yang menarik.

Untuk mengetahui emas asli atau palsunya, Anda bisa tahu dari warnanya. Coba saja Anda gunakan telunjuk Anda menggosok permukaan emas yang Anda punya.

Apabila warna emas tersebut pudar dan tidak seragam, bisa jadi emas itu termasuk palsu. Hal itu karena orang yang memalsukannya memoleskan warna emas yang mirip emas asli, sehingga emas palsu mudah mengalami perubahan warna.

Emas yang asli tidak perlu ditambah dengan warna apapun. Ini adalah ciri-ciri emas asli yang perlu diingat.


3. Ciri-ciri emas asli adalah semakin murni semakin lunak

Untuk investasi emas terbaik, tentunya Anda hanya bisa mengandalkan emas asli. Emas palsu harganya akan berbeda jauh dengan yang asli, bahkan tidak berharga.

Cara membedakan emas dan palsu berikutnya adalah dari tingkat kepadatannya. Semakin murni emas, biasanya akan semakin lunak. Mengikuti sifat aslinya yang memang mudah dibentuk. Lihat saja emas perhiasan yang bentuknya unik-unik. 

Anda bisa mencoba menggigit emas yang Anda miliki. Apabila meninggalkan goresan atau punya bekas gigitan yang tertinggal di permukaannya, kemungkinan besar emas tersebut asli.


4. Tidak menempel pada magnet

Ciri-ciri emas lainnya adalah emas bukan logam magnetik. Ketika Anda mencoba mendekatkannya pada magnet, emas tidak akan menempel di magnet.

Cara ini mungkin cukup mudah dilakukan, tapi bukan menjadi cara satu-satunya untuk mengecek emas yang asli. Alasannya karena emas palsu pun bisa saja tidak menempel pada magnet karena tergantung dari bahan pembuatannya. 

Yang jelas, apabila ada emas yang ada cek ternyata menempel pada magnet, itu sudah dipastikan palsu. 


5. Emas tidak berbekas pada kertas

Ciri-ciri emas lainnya adalah apabila Anda menggoreskan emas pada keramik atau kertas, warna dari emas itu tidak akan berbekas pada keramik atau kertasnya. 

Warna emas asli pun tidak mudah berubah hanya karena digoreskan pada medium lainnya. Ini adalah cara pengecekan emas asli yang mudah Anda lakukan. 

Namun, harus hati-hati juga untuk melakukannya supaya permukaan emas tidak rusak karena emas adalah logam yang lunak.


6. Tidak bereaksi terhadap asam

Ciri emas berikutnya adalah apabila Anda meneteskan cairan asam bernama Nitric Acid di permukaannya, tidak ada perubahan apapun dalam emas tersebut. 

Bisa dikatakan emas tidak akan memiliki reaksi jika diteteskan dengan asam. Bentuknya akan tetap utuh, warnanya pun akan sama saja.

Lain halnya apabila emas tersebut warnanya jadi berubah. Bisa jadi emas itu ternyata adalah kuningan yang sengaja dibuat menyerupai emas. Inilah yang perlu Anda waspadai.

Untuk mengecek emas menggunakan cairan asam harus dilakukan hati-hati ya karena cairan itu termasuk berbahaya.


7. Hanya dijual di agen terpercaya

Beredarnya emas tiruan mungkin membuat Anda jadi khawatir. Namun, tenang saja karena Anda hanya perlu tempat yang tepat untuk membelinya.

Belilah emas di agen-agen terpercaya yang sudah bertahun-tahun menjadi tempat jual-beli emas. Emas adalah logam mulia yang difavoritkan masyarakat Indonesia, jadi untuk menemukan agen penjual emas asli bukanlah hal yang sulit.

Apabila Anda membeli emas dari orang pribadi, pastikan melakukan pemeriksaan yang ketat terlebih dulu. Namun, sebenarnya paling aman membeli emas di tempat yang sudah terjamin legal.


Baca juga: Pengaruh Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial 


Itulah ciri emas yang bisa jadi petunjuk ketika ingin membeli emas. Investasi emas memang termasuk menguntungkan, tapi tentu hanya emas asli yang diakui. Semoga informasinya bermanfaat.


Salurkan Dana di Modal Rakyat dan Raih Keuntungan untuk Anda

Anda yang ingin meraih imbal hasil untuk jangka waktu pendek, bisa mendanai pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman dana di Modal Rakyat.

Hanya modal Rp25.000, Anda bisa mulai mendanai UMKM. Keuntungannya dapat mencapai 18% dalam per tahun.

Jangan lupa pakai kode BLOG25 supaya Anda mendapatkan saldo gratis saat top up dana. Kunjungi Modal Rakyat untuk mulai menjadi pendana.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru