Finansial

Pengaruh Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Dec 2020

Pengaruh Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial

Di era modern ini media sosial sangat berpengaruh terhadap investasi emas. Paling banyak ditemui melalui sosmed adalah penawaran untuk memiliki gold. Baik melalui cicilan maupun arisan. Segala kemudahan bertransaksi ditawarkan dengan lebih praktis dan real time melalui sosmed. 

Gold tidak hanya dijual melalui lembaga keuangan, pegadaian dan instansi lainnya tetapi juga perorangan. Beberapa pebisnis online menyediakan fasilitas investasi dengan cara mencicil. Bagi masyarakat yang masih mengalami kesulitan terbantu dengan sistem ini. Tidak memberatkan karena nominal pembayarannya kecil.

Kemudahannya disediakan melalui social media ikut berperan mempengaruhi minat masyarakat untuk mulai berinvestasi. Tidak perlu keluar rumah untuk mendatangi kantor cabang lembaga keuangan. Investasi bisa dilakukan dari rumah memanfaatkan smartphone. Keamanan tetap dijamin melalui kesepakatan yang sudah dibuat bersama.


Baca juga: Alasan Investasi Emas Tidak Pernah Mati dan Terus Diminati


Pengaruh Social Media dengan Investasi Emas

Investasi emas dipengaruhi oleh keberadaan social media. Dari sosmed informasinya didapat masyarakat lebih aktual serta real time. Masyarakat secara umum mendapatkan update berita paling baru. Sehingga naik turunnya harga emas atau bisnis lainnya dapat diketahui dengan cepat.

Perusahaan pendanaan atau lembaga seperti pegadaian umumnya sudah go online. Sehingga masyarakat lebih mudah menggali info berhubungan dengan nilai bisnis. Meliputi syarat serta ketentuan serta keuntungannya bisa didapatkan. Dari manapun informasi bisa diakses lebih cepat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Pengaruh Social Media dengan Investasi Emas  Harga Emas

Keuntungan dari segi konsumen adalah kecepatan info mengenai nilai bisnis. Misalnya berminat untuk investasi emas, tentu harus mengetahui berapa harga emas terbaru. Tidak perlu menunggu informasi dari lembaga atau perusahaan terkait. Ketika harga cocok bisa langsung mendaftar untuk mulai berinvestasi.

Harga emas atau pendanaan lainnya bisa berubah sewaktu-waktu tanpa diprediksi. Jika harus menunggu informasi dari media cetak atau perusahaan terkait tentu sangat memakan waktu. Sangat merugikan karena bisa jadi informasi yang kemudian diterima tidak akurat. 

Bagi penyedia produk pendanaan seperti pegadaian, perbankan atau perusahaan keberadaan sosmed menjadi alat komunikasi. Memberikan informasi menjadi lebih mudah dan cepat kepada masyarakat. Tanpa mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Jangkauan penyebaran informasi lebih luas.

Media sosial menjadi tempat transaksi yang cepat antara perusahaan dan calon nasabah. Proses pembelian emas atau produk pendanaan lainnya bisa dilakukan secara online. Lebih cepat, mudah dan privasi. Keamanan terjamin asalkan memilih perusahaan pendanaan yang kredibel dan legal.


Pentingnya Waspada Soal Berita Emas di Media Sosial 

Dibalik kemudahan yang ditawarkan dalam informasi seputar investasi emas, perlu diwaspadai akun-akun tidak bertanggung jawab. Bisa saja terjadi resiko kerugian akibat penipuan melalui sosmed. Sebab saat ini semakin banyak pihak memanfaatkan media sosial untuk mengeruk keuntungan. 

Pentingnya Waspada Soal Berita Emas di Media Sosial

Perlu mencari tahu informasi dari berbagai sisi sebelum memutuskan untuk membeli gold sebagai pendanaan. Pastikan terlebih dahulu bahwa informasi harga yang dicantumkan real time. Bisa juga dengan membaca testimoni konsumen sebelumnya. Intinya perlu memastikan keaslian akun media sosial tersebut.

Sebagai orang yang belum banyak pengalaman perlu rajin memantau sumber berita terkait investasi emas. Indeks pasar global bisa berpengaruh terhadap kenaikan dan penurunan harga gold. Meskipun tidak setiap hari, tetapi usahakan selalu mengikuti update berita minimal setiap satu pekan. 

Baca juga: Masih Pemula dalam Investasi Emas? Lakukan 5 Cara Ini

Melalui media sosial masyarakat bisa mengetahui perubahan tingkat suku bunga. Suku bunga menjadi salah satu instrumen yang mempengaruhi harga gold. Bergabunglah dengan group komunitas investor untuk mendapatkan kabar dan isu terkait investasi emas. Sekaligus untuk mendapatkan second opinion sebelum berinvestasi.

Dapatkan informasi kondisi perekonomian global. Melalui media sosial segala informasi dari dalam maupun luar negeri didapatkan real time. Manfaatkan waktu untuk membaca ulasan terkait kondisi ekonomi dan bisnis. Bisa juga mengikuti prediksi bisnis oleh pakar berpengalaman. 

Selain terkait berita dengan perekonomian, media sosial juga memberikan kabar kondisi terkini mengenai kejadian di sekitar. Kecelakaan, bencana, huru-hara misalnya, juga berpengaruh terhadap iklim bisnis. Mengikuti berita seperti ini menjadi pertimbangan sebelum melakukan investasi emas.


Baca juga: Ingin Investasi Emas? Ketahui 4 Keuntungan Berikut


Cara Menggunakan Media Sosial untuk Melakukan Investasi Emas

Sebagai pengguna media sosial perlu bijak dalam menyikapi informasi yang didapatkan terutama dalam investasi emas. Paling utama adalah memastikan akun yang dipilih adalah akun asli dan kredibel. Sebab saat ini banyak akun abal-abal menjual investasinya. Akibatnya banyak yang rugi dan tertipu.

Ikuti informasi dari beberapa akun berbeda

Sebagai bahan pertimbangan sebelum menyetorkan uang untuk pendanaan, pastikan informasi yang disampaikan benar. Bisa di cross cek antara akun satu dengan lainnya. Setelah dipastikan benar dan informasinya akurat barulah membeli produk investasinya.

Ikuti naik turunnya harga gold setiap hari

Kenaikan dan penurunan harga bisa terjadi setiap saat. Keuntungan tentu akan didapatkan ketika mendapat harga rendah. Namun bagi yang ingin mengetahui kenaikan nilai investasinya bisa menentukan kapan saat tepat untuk pencairan atau penjualan.

Selain harga gold, perlu juga mengikuti naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap US dollar. Sebab kurs dollar juga berpengaruh terhadap nilai investasinya termasuk gold. Ketika nilai rupiah melemah, dolar menguat, nilai investasinya tinggi, harga gold juga akan naik.

Konsultasi dengan pemilik akun

Sebelum menginvestasikan dana untuk membeli atau mencicil gold, konsultasikan terlebih dahulu dengan pemilik akun. Jika pemilik akun adalah korporasi bisa menghubungi customer service. Dapatkan informasi yang detail mengenai kelebihan dan keuntungan berinvestasi di perusahaan tersebut. 

Baca juga: Fakta dan Plus Minus Investasi Emas yang Jarang Disadari

Saat ini tidak perlu bingung menentukan perusahaan kredibel. Investasikan uang Anda bersama P2P lending Modal Rakyat karena terbukti memberikan keuntungan 15-25% per tahun. Modal awal yang terjangkau mulai dari Rp25.000. Sehingga lebih ringan modalnya daripada investasi emas.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru