Finansial

Gaya Hidup

Insurable Interest adalah: Cara Kerja, Elemen, dan Contohnya

Pretty Angelia Wuisan-

09 Sep 2021

Insurable Interest adalah: Cara Kerja, Elemen, dan Contohnya

Ada berbagai macam produk asuransi yang tersedia untuk Anda. Ada lagi berbagai istilah yang mungkin belum Anda kenali di asuransi. Insurable interest adalah salah satu istilah yang perlu Anda ketahui, terutama untuk Anda yang memiliki suatu produk asuransi.

Insurable interest adalah prinsip dalam asuransi yang perlu Anda pahami. Dengan memahaminya, Anda pun bisa mengetahui hak-hak yang Anda miliki sebagai pemilik polis asuransi. Di sini akan dijabarkan mengenai insurable interest, cara kerja, elemen, hubungannya dengan indemnity, dan contohnya dalam keseharian.

 

Baca juga: Kenapa Asuransi Bisnis Dibutuhkan dan Apa Manfaatnya?

 

Insurable Interest adalah

Saat Anda mengasuransikan sesuatu, baik dalam bentuk harta benda, jiwa dan raga, dan hal lainnya, Anda harus punya alasan yang kuat untuk membeli asuransi tertentu. Atau kata lainnya Anda punya kepentingan pada hal-hal tersebut karena berkaitan dengan kebutuhan harian Anda.

Keterkaitannya ini berhubungan dengan finansial karena Anda akan membeli premi asuransi dan mendapatkan ganti rugi dari masalah yang timbul dalam bentuk uang juga.

Misalnya, Anda akan mendapatkan ganti rugi dari kebakaran rumah yang Anda alami karena Anda punya bukti bahwa rumah tersebut adalah milik Anda, dan rumah itu Anda asuransikan sebelumnya. Apabila Anda tidak punya bukti yang kuat, maka Anda akan sulit melakukan klaim untuk proteksi.

Prinsip insurable interest adalah istilah yang menjabarkan prinsip asuransi yang berlaku pada pemegang hak polis asuransi yang punya kepentingan keuangan dengan objek yang menjadi pertanggungan atau objek yang diasuransikan.

Oleh sebab itu, sangat wajar apabila perusahaan asuransi akan meminta Anda sebagai pemegang polis untuk melengkapi berbagai macam dokumen yang berkaitan dengan objek atau sesuatu yang akan Anda asuransikan sebagai tanda bahwa benda itu benar-benar milik Anda.

Dokumen yang perlu diberikan pun harus asli bukan yang diada-adakan. Intinya dokumen itu harus punya kekuatan hukum yang mutlak.

 

Cara Kerja Insurable Interest adalah

Dari penjelasan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa insurable interest adalah hak yang dapat diklaim oleh pemegang polis, selama pemegang polis mempunyai kepentingan terhadap asuransi yang dipilihnya.

Misalnya, pemegang polis memiliki mobil pribadi. Risiko memiliki mobil adalah mengalami pencurian, kecelakaan, atau ada komponen yang mengalami kerusakan akibat sebab tertentu. Maka, pemegang polis pun memilih asuransi kendaraan bermotor sebagai proteksi bagi dirinya ketika hal-hal buruk itu terjadi.

Intinya, dasar dari segala kebijakan yang ada di dunia asuransi adalah memiliki insurable interest. Pemegang polis pun harus bersedia membayar sejumlah biaya agar bisa mendapatkan insurable interest tersebut.

Pemegang polis juga dilarang mencelakai diri atau merugikan diri secara sengaja agar pihak asuransi mengeluarkan klaimnya. Pihak asuransi biasanya akan mengecek hal ini secara ketat, sehingga bisa memberikan klaim pada kasus yang tepat.

Kenapa proses klaim pun harus diperiksa kebenarannya? Dari kasus yang sudah-sudah, tidak sedikit pemegang polis melakukan hal-hal merugikan yang disengaja supaya asuransi mengeluarkan klaimnya. Padahal hal ini tidak dibenarkan sama sekali.

 

Elemen Insurable Interest adalah

Insurable interest adalah prinsip yang punya elemen yang wajib dipahami oleh Anda yang merupakan pemegang polis asuransi. Ini penjelasannya.

  1. Memiliki benda atau harta, jiwa dan raga, hak kepemilikan, serta tanggung jawab terhadap hal-hal itu untuk diasuransikan.
  2. Objek asuransi yang bisa diasuransikan tergantung dari ketersediaan produk yang berkaitan dengan benda atau harta, jiwa dan raga, dan hak kepemilikan.
  3. Pemilik polis yang menanggung asuransi harus dalam keadaan mengalami kerugian ketika apa yang diasuransikannya mengalami kerusakan atau berbagai macam masalah dan risiko lainnya.

Sebaliknya, ketika tidak terjadi apa-apa, pemilik polis tidak mengalami kerugian apapun, sehingga tidak melakukan klaim asuransi.

  1. Pemilik polis harus bisa membuktikan bahwa hubungannya dengan objek yang diasuransikan itu sah secara hukum.


 

Hubungan Insurable Interest dengan Indemnity

Insurable interest adalah prinsip yang sering disamakan dengan indemnity atau bisa kita kenal juga dengan ganti rugi. Padahal keduanya berbeda.

Maksud dari prinsip indemnity adalah pemilik polis akan memperoleh haknya saat mengalami kerugian. Namun, klaim ini bukan diartikan sebagai hadiah atau ganjaran untuknya.

Prinsip ini juga meliputi usaha perusahaan asuransi untuk melindungi aset risikonya sendiri. Hal itu dilakukan supaya perusahaan asuransi tidak mengalami kerugian karena kebijakan klaim yang asal-asalan atau tidak ketat.

Perusahaan asuransi biasanya akan menyampaikan kriteria tertentu kapan dan bagaimana klaim bisa dilakukan oleh pihak pemegang asuransi. Pemegang asuransi pun pasti bisa langsung memahaminya diawal.

Misalnya, ada asuransi kesehatan yang bisa digunakan setelah 6 bulan pemilik polis melakukan pembayaran secara rutin. Perusahaan asuransi biasanya akan menginformasikan hal ini ketika pertama kali melakukan penawaran.

 

Contoh Insurable Interest

Untuk lebih jelasnya, di sini akan dijabarkan mengenai contoh insurable interest. Misalnya, Anda membeli produk asuransi jiwa karena asuransi itu bisa diwariskan apabila Anda meninggal. Anda harus memahami bahwa orang yang bisa mendapatkan asuransi tersebut adalah keluarga Anda.

Anda bisa saja memilih selain ahli waris untuk mendapatkan manfaat dari asuransi itu, tapi ahli waris harus tetap dicantumkan. Oleh sebab itu, pihak perusahaan asuransi akan meminta bukti hubungan keluarga Anda dengan para ahli waris yang namanya Anda pilih sebagai penerima asuransi jiwa.

Hal ini untuk mengurangi risiko kecurangan yang bisa saja terjadi, seperti ada anak yang sengaja mendaftarkan orang tuanya yang sudah lansia di asuransi jiwa, supaya cepat mendapatkan klaim asuransi itu ketika orang tuanya tiada.

Ada lagi contoh orang yang sengaja menabrakkan kendaraan miliknya ke suatu objek untuk mendapatkan asuransi kendaraan juga tidak akan dibenarkan dan tidak bisa meraih klaim asuransi. Perusahaan asuransi sangat ketat soal klaim asuransi ini, jadi pemeriksaan akan dilakukan terlebih dulu.

 

Baca juga: Asuransi Jiwa adalah: Manfaat dan Jenis-jenis Produknya

 

Seperti itulah penjelasan mengenai insurable interest. Insurable interest adalah prinsip yang perlu dipahami oleh pemegang polis mengenai bagaimana cara kerja asuransi yang umumnya berlaku selama ini. Asuransi akan sangat bermanfaat bagi pemilik polis yang memiliki kepentingan khusus terhadapnya.

Anda bisa memilih asuransi menyesuaikan dengan keperluan. Jangan lupa memilih perusahaan asuransi yang punya track record bagus.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan syarat-syarat dan hak yang Anda dapatkan ketika memutuskan menjadi pemegang polis, supaya nanti Anda bisa melakukan klaim tanpa kendala. Jangan sampai asuransi yang polisnya Anda beli malah jadi merugikan Anda.

 

Raih Imbal Hasil Menarik Anda dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru