Bisnis

Gaya Hidup

Mengenal Lebih Dekat Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia

Pretty Angelia Wuisan-

11 May 2021

Mengenal Lebih Dekat Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia

Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa menjadikannya sebagai negara maju. Salah satu potensi yang bisa dikembangkan lebih besar lagi adalah ekonomi kreatif yang pertama kali dicetuskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2006.

Kini, ekonomi kreatif menjadi salah satu tonggak ekonomi Indonesia secara keseluruhan di masa sekarang. Semakin banyak pelaku yang membuat bisnis di bidang ini. Untuk semakin mengenal dunia ekonomi kreatif di Indonesia, Anda perlu mengenalnya dengan baik.


Baca juga: 11 Ide Kreatif Untuk Menghasilkan Uang


Pengertian ekonomi kreatif  

Ekonomi kreatif merupakan potensi bisnis yang lahir dari kreativitas para pelakunya yang tidak memiliki batas, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. 

Ekonomi kreatif menjadikan para pelakunya bisa mengeluarkan kreativitas sesuai dengan passion mereka. Seunik dan seotentik mungkin hingga pada akhirnya hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang baru, serta membuat industri ini semakin berwarna.


Ciri-ciri ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif memiliki ciri khas yang menjadikannya potensial untuk menghasilkan tidak hanya karya, tapi juga pendapatan yang layak untuk para pelakunya. Seperti ini ciri khasnya.

  • Memiliki beberapa komponen yang bersatu sehingga menjadikannya sangat solid. Ekonomi kreatif tidak hanya mengandalkan kreativitas, tapi juga talenta dan kemampuan berelasi, sehingga membuatnya memiliki nilai jual yang tinggi. 
  • Pengembangan ekonomi tidak hanya pada satu bidang, tapi seluruh bidang pun bisa masuk ke dalamnya. Contohnya adalah game yang memadukan kreativitas dan teknologi yang semakin terdepan.
  • Produknya cenderung berumur pendek, sehingga perlu dilakukan pembaharuan atau inovasi untuk bisa membuatnya selalu berjalan. Berbasis pada ide yang selalu digali setiap saat. 
  • Membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak yang saling bersinergi seperti orang yang mengeluarkan gagasan, pebisnis yang membantu pendanaan, dan pemerintah yang mendukung dengan pembentukan regulasi nyata. 


Contoh dari bisnis ekonomi kreatif

Bisnis ekonomi kreatif di Indonesia ada bermacam-macam. Peluang untuk hadirnya bisnis jenis baru di bidang ini sangat besar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai dua ratus juta jiwa lebih. Seperti inilah contoh dari bisnis ekonomi kreatif itu.


1. Perfilman

Apa Anda setuju sekarang film-film produksi Indonesia mulai berhasil merajai perfilman di negeri sendiri? Hal itu karena dicanangkannya konsep ekonomi kreatif ditambah dengan insan perfilman Indonesia yang selalu berusaha keras memproduksi film-film yang berkualitas.

Film-film ini tidak hanya menghadirkan cerita untuk para penonton, tapi juga bisa mempromosikan kearifan lokal yang dimiliki Indonesia, sehingga bisa juga menaikkan peluang pariwisata Indonesia. Tempat-tempat terpencil Indonesia yang dijadikan lokasi syuting, bisa menjadi potensi wisata ramai selanjutnya.


2. Musik

Indonesia memiliki banyak musisi yang menghadirkan musik dan lagu yang tidak kalah bagus dengan negara lain. Hal ini dibuktikan dari beberapa musisi Indonesia yang mendunia. Saat ini mendengarkan musik juga sangat mudah jika dibandingkan dulu yang perlu membeli kaset atau CD.

Dengan memanfaatkan platform untuk mendengarkan musik legal, tidak hanya orang Indonesia, orang di luar Indonesia pun bisa menemukan musik asal Indonesia dengan mudah. 

Pemerintah juga mulai menggalakkan aturan pembayaran royalti untuk musik-musik yang dinyalakan di restoran dan tempat-tempat umum.


3. Kuliner

Potensi kuliner asli Indonesia sangat besar. Rasanya memang tidak perlu dipertanyakan lagi karena semuanya lezat. Ditambah dengan nama-nama unik yang menjadi ciri khas utama kuliner di dunia ekonomi kreatif. Sekarang namanya bukan kopi lagi, tapi jadi Kopi Kenangan. Bukan makaroni pedas lagi, tapi Makaroni Ngehe.

Nama-nama unik itu juga adalah ciri khas kreativitas tanpa batas yang ada di industri ekonomi kreatif.


4. Game

Perusahaan-perusahaan game asal Indonesia saat ini sudah bertambah banyak. Game tidak hanya berupa permainan, tapi bisa menjadi lahan bisnis yang memajukan negara. Hadirnya game asal Indonesia, menandakan orang kita juga punya kemampuan membuat game dengan baik.

Tidak hanya itu, tim game seperti e-sport Indonesia juga berprestasi sampai ke luar negeri dan membawa harum nama bangsa.


5. Kerajinan tangan

Kerajinan tangan dari seniman-seniman asal Indonesia juga punya daya tariknya tersendiri. Ekonomi kreatif membantu para seniman itu agar bisa mempromosikan karya-karya mereka secara maksimal tidak hanya di Indonesia, tapi juga disukai oleh penikmat kerajinan tangan yang ada di luar Indonesia.


6. Periklanan

Industri periklanan di Indonesia semakin bertumbuh juga. Dulu, iklan hanya ditayangkan di televisi, majalah, koran, radio, tapi sekarang sudah merambah ke internet dengan peluang yang lebih luas. 

Para pelaku bisnis di bidang kreatif juga bisa memanfaatkan iklan untuk pendapatan mereka, contoh paling mudahnya adalah adsense pada Youtube.


Baca juga: Langkah Jitu Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis


Manfaat ekonomi kreatif bagi perekonomian Indonesia

Manfaat majunya ekonomi kreatif Indonesia, tidak hanya memajukan pebisnis, tapi juga bisa berpengaruh baik pada seluruh masyarakat Indonesia. Inilah manfaat yang bisa kita rasakan.


1. Membuat pebisnis tidak ragu untuk mengeluarkan seluruh kreativitasnya

Adanya ekonomi kreatif ini membuat para pelakunya jadi semakin kreatif dalam mengeluarkan ide baru mereka. Hal itu karena kegiatan mereka tidak dibatasi. Mereka pun bisa terus berkarya sesuai dengan yang mereka sukai.


2. Mengurangi angka pengangguran di Indonesia

Dahulu kala banyak yang bilang seniman atau pekerja kreatif itu tidak bisa menghasilkan uang. Namun, hal itu cepat dipatahkan dengan kehadiran ekonomi kreatif ini. Mereka juga bisa mendapatkan penghasilan yang layak. Apalagi yang namanya ide itu sebenarnya sangat mahal.

Semakin banyaknya bisnis kreatif yang dibuka, hal itu pun bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia yang angkanya cukup mengkhawatirkan. Dampaknya, pertumbuhan sektor ekonomi pun berpotensi mengalami kenaikan. 


3. Membuat masyarakat mencintai produk asli Indonesia

Ekonomi kreatif ini selalu dihubungkan dengan UMKM dan produk asli dalam negeri. Kehadirannya dapat membuat masyarakat Indonesia lebih mencintai produk-produk asli yang diciptakan oleh anak bangsa. 


4. Memajukan perekonomian negara secara keseluruhan

Sektor ekonomi kreatif juga menjadi penyumbang yang cukup besar untuk pendapatan negara hingga Rp1.100 triliun di tahun 2020 lalu. Memang sudah seharusnya ekonomi kreatif di Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata.


UMKM di bidang ekonomi kreatif maju bersama Modal Rakyat

Bagi Anda yang memiliki UMKM di bidang ekonomi kreatif, bisa mencari pinjaman usaha dengan mengandalkan Modal Rakyat. Bunga yang dibebankan pada peminjam disesuaikan dengan risiko usaha, jadi sangat kompetitif. Proses pengajuan juga sangat mudah karena Anda tinggal melakukannya secara online. Lalu, Modal Rakyat juga sudah mendapatkan izin beroperasi dari OJK, sehingga keamanannya terjamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru