Finansial

Gunakan Tips Menabung yang Efektif dengan Gaji Kecil

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Jun 2020

Gunakan Tips Menabung yang Efektif dengan Gaji Kecil

Sebenarnya ada banyak tips menabung di rumah yang sangat efektif dan bisa dicoba oleh mereka dengan gaji kecil. Tentunya hal ini sangat penting mengingat tabungan tersebut bisa membantu masalah keuangan Anda saat mendesak. Jadi, bila saat ini gaji Anda pas-pasan, sebaiknya belajarlah menabung dari sekarang.

Menabung sendiri tidak harus dimulai dengan jumlah yang besar dulu sehingga Anda masih bisa memiliki uang simpanan untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Misalnya saja Anda bermimpi ingin membeli kendaraan, investasi, rumah, dan usaha. Semua impian dapat tercapai bila Anda mau berusaha menabung sejak dini.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan berbagai macam tips menabung di bawah ini supaya dapat mengumpulkan uang yang banyak meskipun gajinya kecil. Dengan begitu rencana Anda untuk mengumpulkan uang tidak berantakan begitu saja. Di bawah ini adalah beberapa cara menabung paling efektif saat gajinya kecil.


Baca juga: Banyak Penghasilan tapi Tetap Miskin? Stop 10 Kebiasaan ini


Tempelkan Kertas Impian di Celengan

Sebelum mencoba menabung, tahukah Anda apa tujuannya terlebih dahulu? Untuk memotivasi diri Anda sendiri, sebaiknya tempelkan gambar atau kertas impian pada celengan. Misalnya Anda ingin pergi haji menggunakan uang tabungan, tempelkan gambar Ka’bah pada celengan itu. Atau bila ingin membeli rumah, Anda bisa menggambar rumah.

Menggunakan tips menabung ini akan membuat Anda termotivasi setiap kali melihat celengan tersebut di dalam kamar. Itu terjadi karena dari awal Anda sudah membuat rencana dengan menempelkannya pada celengan tersebut. Sehingga keinginan untuk memakai uang tabungan tidak sesuai rencana dapat diredam karena sudah ada tujuannya.


Tetapkan Nominal Tabungan Harian

Selain harus menempelkan kertas impian pada celengan Anda, maka tips menabung selanjutnya adalah putuskan nominal yang ingin ditabung setiap hari. Anda harus menetapkan berapa lama akan menabung dan kapan menggunakannya. Sehingga itu akan memudahkan dalam menentukan jumlah uang yang harus disisihkan setiap hari secara teratur.

Misalnya saja Anda ingin mengumpulkan uang sebanyak Rp12 juta selama 2 tahun. Artinya setiap bulan Anda harus menabung sebesar Rp500 ribu. Dengan begitu, Anda dituntut untuk menyisihkan uang setiap hari sebanyak Rp17 ribu. Anda bisa memasukkan uang recehan ke dalam tabungan supaya targetnya cepat tercapai.


Atur Pengeluaran Rumah

Saat berbicara tentang tips menabung di rumah yang benar, maka hal itu tidak hanya sekadar membicarakan tentang mengisi celengan saja. Karena sebenarnya menabung berarti cara Anda melakukan penghematan uang untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah agar ada uang yang tersisa untuk ditabung setiap hari.

Sayangnya kebutuhan rumah terkadang lebih banyak daripada penghasilan sehingga tidak ada uang lagi untuk ditabung. Maka dari itu, solusi terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengatur pengeluaran rumah tangga sebaik mungkin. Misalnya saja dengan mematikan AC dan lampu saat pergi, memakai air ketika dibutuhkan, dan lainnya.

Bagaimanapun juga semua kebutuhan rumah sehari-hari itu yang tahu hanya Anda sendiri. Itulah sebabnya Anda harus mengatur pengeluaran di rumah sendiri supaya bisa menetapkan berapa banyak uang yang dapat ditabung harian atau bulanan. Tips menabung ini sangat efektif untuk membantu pekerja dengan jumlah penghasilan kecil.


Sisihkan Uang Receh

Uang receh terlihat merepotkan saat dimasukkan ke dalam dompet sehingga banyak orang memilih membuangnya. Atau bahkan ada beberapa juga yang memakainya untuk membayar parkir, membeli permen, dan lainnya. Padahal saat Anda mengumpulkan uang receh ke dalam celengan, justru tips menabung ini membuat tabungan cepat penuh.

Maka dari itu, cobalah untuk tidak malu ketika menyimpan uang receh tersebut. Anda juga tidak perlu malu menunggu saat ada uang kembalian Rp1.000 ketika membeli barang. Karena uang itu nanti bisa digunakan untuk menabung atau melakukan pembayaran kecil lainnya, seperti parkir atau mengisi kotak amal.


Simpan Uang Tabungan di Bank

Salah satu tips menabung lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan menyimpan uang di bank secara berkala. Misalnya saat uangnya telah terkumpul sebanyak Rp1 juta, maka Anda bisa langsung menyimpannya di bank. Atau Anda juga bisa menyimpan uang setiap 6 bulan sekali di bank. 

Cara ini merupakan salah satu tips menabung paling aman dan bebas pencurian daripada hanya menyimpannya di rumah. Karena saat Anda menyimpan uang di rumah, maka seiring berjalannya waktu akan membuatnya rusak oleh kelembapan. Di samping itu, menabung di rumah itu risiko terhadap pencurian sangat besar.

Hal ini berbeda bila menyimpannya di bank. Saat menyimpannya di bank, uangnya tidak dapat diambil kecuali diri Anda sendiri yang mengambilnya. Maka dari itu, segera buka rekening bank bila sekarang belum memilikinya. Terlebih proses pembuatannya sekarang ini semakin cepat dan mudah, jadi manfaatkan dengan baik.


Cobalah untuk Berinvestasi

Sangat disayangkan, selama ini banyak orang berpikir bila tips menabung itu hanya menjelaskan bagaimana caranya menyimpan uang di brankas, celengan, dan bawah kasur saja. Padahal salah satu cara menabung terbaik adalah dengan melakukan investasi. Saat berinvestasi, uang yang disimpan dapat bertambah ini bisa Anda manfaatkan.

Ada banyak investasi yang bisa digunakan untuk menabung. Salah satunya dengan cara membuka usaha, seperti menjual barang, bengkel, restoran, dan lainnya. Anda bisa menjadikan cara ini sebagai salah satu tips menabung termudah supaya uang tidak hanya berhenti di situ saja. Namun cara ini membuat uang berkembang.

Jadi, siapa bilang seseorang yang gajinya kecil tidak bisa menabung? Sebenarnya semuanya kembali kepada masing-masing orang. Apakah mereka memang memiliki niat ingin menabung atau tidak. Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk mempersiapkan uang di masa mendatang, sebaiknya terapkan tips menabung dengan baik dan disiplin.


Baca juga: Tips Membeli Rumah dan Menabung dengan Gaji Kecil

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru