Finansial

Hindari Kesalahan Investasi Emas Ini Jika Tak Ingin Rugi

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Sep 2020

Hindari Kesalahan Investasi Emas Ini Jika Tak Ingin Rugi

Investasi emas menjadi salah satu instrumen yang paling diminati, terutama bagi pemula karena dirasa lebih mudah dan praktis dilakukan dibanding instrumen investasi yang lain. Logam mulia ini merupakan simbol kekayaan di mana nilainya akan terus meningkat sehingga cocok dijadikan instrumen investasi atau penanaman modal. 

Alasan lain mengapa banyak orang memilih emas sebagai instrumen adalah relatif lebih aman. Meski begitu, bukan berarti investasi ini tidak memiliki risiko sama sekali. Bahkan, Anda juga bisa mengalami kerugian jika tidak memperhatikan hal-hal penting yang seharusnya menjadi pertimbangan saat menjalankan penanaman modal dengan emas. 

Kesalahan dalam berinvestasi bisa menjadi penyebab kita mengalami kerugian. Setiap investor pasti tidak ingin melakukan kesalahan karena mereka juga akan menanggung kerugian yang tidak diharapkan. Oleh karena itu, Anda harus memahami benar kesalahan apa saja yang biasa dilakukan oleh para investor, terutama bagi para pemula.


Baca juga: Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Ini Tipsnya!


Tidak Memeriksa Kemurnian Emas

Logam mulia ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu bentuk perhiasan dan bentuk batangan. Perlu diketahui bahwa emas perhiasan terdiri dari campuran emas dan logam lainnya sehingga tidak murni terbuat dari logam mulia saja. Berbeda dengan investasi emas dalam bentuk batangan yang terbuat dari emas murni. 

Jika Anda sekadar ingin memiliki logam mulia yang digunakan untuk acara tertentu, maka emas perhiasan dirasa lebih cocok. Namun, jika Anda ingin memanfaatkan logam mulia ini untuk keperluan investasi, tentu emas batangan akan lebih cocok karena hanya terbuat dari emas murni sehingga harganya lebih menguntungkan. 

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan penanaman modal dengan perhiasan. Jika Anda ingin menggunakan perhiasan sebagai instrumen investasi emas, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kemurnian logam mulia. Banyak investor yang melupakan hal ini padahal sangat penting untuk memastikan harga dan keuntungan nantinya. 


Tidak Memiliki Tempat Penyimpanan Khusus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa banyak orang memilih investasi emas karena lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Di balik keuntungan ini, ada juga risiko yang sering dilalaikan hingga membuat logam mulia ini lebih mudah hilang atau bahkan dicuri oleh orang lain. 

Jika Anda sudah memutuskan untuk memilih logam mulia ini sebagai instrumen investasi, maka Anda seharusnya juga memikirkan di mana tempat penyimpanan yang aman agar logam mulia tidak hilang, lupa meletakkan atau bahkan dicuri. Anda bisa menyediakan tempat khusus yang aman, misalnya brankas.

Sekarang ini, Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat penyimpanan logam mulia yang aman jika tidak memiliki brankas karena sudah banyak tempat penyimpanan, seperti pegadaian atau bank yang menyediakan layanan ini. Dengan begitu, Anda bisa melakukan investasi emas dengan aman tanpa cemas memikirkan tempat penyimpanan.


Tidak Membandingkan Harga Emas

Harga menjadi bagian yang tidak boleh Anda abaikan. Meskipun ada standar harga nasional atau bahkan dunia terhadap harga logam mulia, bukan berarti Anda bisa investasi emas tanpa mempertimbangkan harganya dulu. Jika Anda terburu-buru beli emas tanpa memperhatikan harga, maka nantinya akan kecewa. 

Beberapa tempat penjual logam mulia batangan mungkin akan menawarkan harga yang berbeda, meskipun selisihnya tidak banyak tapi tetap memberikan keuntungan jika kita lebih cermat dalam memilihnya. Tidak ada salahnya jika kita melakukan perbandingan harga di beberapa tempat tersebut untuk mendapatkan harga terbaik dalam berinvestasi. 

Hindari penjual yang menaikkan harga logam mulia terlalu mahal dibanding pasaran karena ini tentu akan mengurangi keuntungan yang bisa didapatkan. Setelah menemukan harga terbaik, pastikan Anda juga memantau pergerakan harga emas pada waktu-waktu tertentu sehingga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menambah investasi emas. 


Baca juga: 5 Metode Investasi Emas Fisik yang Aman untuk Pemula


Tujuan Investasi yang Kurang Tepat

Penting untuk meluruskan tujuan Anda dalam berinvestasi agar tidak salah langkah dan strategi. Pembelian emas perhiasan rasanya kurang tepat untuk dijadikan instrumen investasi karena lebih cocok digunakan untuk mempercantik tampilan karena nilai investasi emas justru bisa turun karena perhiasan mungkin tergores, patah dan lainnya. 

Jika Anda ingin membeli logam mulia untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, emas batangan dirasa lebih cocok karena terbuat dari emas murni dan nilainya pun tidak akan berkurang, tergantung harga pasar. Terlebih tidak ada biaya pembuatan sehingga harga jualnya tidak akan berkurang banyak. 

Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, Anda harus sedikit bersabar. Paling tidak Anda harus menunggu sekitar 2 tahun untuk bisa merasakan keuntungannya. Jika Anda menginginkan hasil lebih cepat, logam mulia ini bukanlah instrumen yang tepat karena investasi emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang. 


Tidak Memantau Harga Emas

Sudah disebutkan sebelumnya jika memantau harga logam mulia menjadi sebuah keharusan karena harga logam mulia ini cukup dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pergerakan emas memiliki peran penting untuk kita mengetahui waktu paling tepat untuk menjual atau membeli agar keuntungan investasi emas lebih maksimal.

Jika Anda ingin menjualnya kembali, pastikan harga logam mulia sudah naik dari waktu Anda membelinya agar keuntungan yang didapat lebih banyak. Sekarang ini, mudah bagi kita untuk melakukan pemantauan harga logam mulia ini, bisa melalui website, media masa, aplikasi khusus jual beli logam mulia dan lain sebagainya. 

Apabila Anda sering lupa untuk mengecek harga logam mulia, ada fitur notifikasi yang bisa diaktifkan. Dengan begitu, apabila terjadi perubahan harga, baik naik atau pun turun, Anda akan mendapatkan notifikasi pada ponsel sehingga lebih mudah untuk memantau harga. 

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam melakukan investasi. Jika Anda menginginkan yang lebih mudah dan menguntungkan, percayakan saja pada Modal Rakyat. P2P Lending bisa dijadikan instrumen lain selain investasi emas karena keuntungan yang didapat mulai 15-25% tiap tahun.


Baca juga: 5 Cara Mengetahui Harga Emas Hari ini Tanpa Harus Ke Toko Emas

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru