Finansial

Apa itu HODL dan Filosofinya dalam Cryptocurrency

Brigitta Winasis-

28 Jul 2021

Apa itu HODL dan Filosofinya dalam Cryptocurrency

HODL secara sederhana dapat dipahami sebagai tindakan membeli aset dan menahannya dalam periode waktu tertentu. Penahanan aset pada waktu tertentu dalam istilah HODL ini memiliki ukuran yang lebih panjang ketimbang masa penahanan biasanya. Istilah ini awalnya digunakan secara tidak sengaja pada tahun 2013.


Baca Juga: Panduan Membeli Asuransi Motor di Modal Rakyat


Pengertian HODL dalam Cryptocurrency

Istilah HODL dalam dunia uang digital dapat dipahami sebagai strategi membeli aset dan menahannya. Strategi HODL umumnya digunakan untuk terhindar dari kerugian akibat volatilitas jangka pendek pada dunia cryptocurrency. Hal yang diharapkan dalam strategi ini adalah mendapatkan keuntungan di jangka yang panjang.

Istilah HODL yang sebenarnya berasal dari kata “hold” atau “tahan”, kemudian mendapat anggapan bahwa singkatan dari hold on for dear life. Hal itu memang sesuai dengan prinsip yang ada pada strategi HODL. Dalam dunia bitcoin, istilah HODL digunakan untuk menjadi pengingat diri bahwa jangan sampai menjual aset yang ada.

Mempertahankan aset dalam dunia cryptocurrency tidak semudah kedengarannya. Misalnya, apabila Anda membeli sebuah aset bitcoin. Ketika harganya turun, ada dua hal yang dapat Anda lakukan, yaitu cut loss atau memilih untuk menahannya. Nah, dalam posisi inilah HODL menjadi strategi.

Umumnya untuk menyelamatkan aset yang dimiliki maka akan dilakukan cut loss. Hal itu dilakukan supaya kerugian tidak semakin banyak dengan asumsi bahwa harga akan semakin terus menurun. Namun, sebaliknya bagi strategi HODL.  

Orang-orang yang melakukan strategi HODL percaya bahwa di masa mendatang harga aset mereka akan kembali naik. Ketika harga sudah mencapai kembali harga beli aset, strategi HODL juga tetap harus dilakukan dengan kepercayaan harga dimasa mendatang akan terus meninggi.


Asal Usul Penggunaan Istilah HODL

Siapa sangka bahwa asal dari nama strategi HODL merupakan salah ketik pada mulanya. Kejadian itu terjadi pada tahun 2013 di sebuah forum bitcoin. Ketika itu, seorang pengguna forum bernama Game Kyuubi membuat sebuah postingan dengan kalimat “I'M HODLING” menganut strategi buy-and-hold.

Kalimat tersebut merupakan kesalahan ketik karena seharusnya “I’M HOLDING”. Namun, kalimat tersebut dibicarakan dan terus dikukuhkan menjadi istilah yang tidak salah di berbagai forum. Padahal, itu hanyalah ungkapan kekecewaan karena menurunnya harga bitcoin setelah sempat naik drastis.

Ketika itu, tahun 2013, harga bitcoin melonjak tinggi pada bulan Januari hingga awal Desember, yaitu dari 15 dollar menjadi 1.100 dollar. Namun, harga bitcoin kemudian turun di pertengahan Desember 2013 menjadi 716 dollar. Kejadian inilah yang membuat banyak orang kecewa dan membuat Game Kyuubi mengunggah kekecewaannya.

Game Kyuubi mencontohkan tindakan yang benar walaupun dari kalimat “I AM HODLING” yang salah. Akhirnya, pada akhir 2017 terpantau harga bitcoin mencapai nilai tertingginya, yaitu 19.167 dollar. Bagi pemilik aset yang melakukan HODL pasti tidak akan merasa kecewa karena pada awal 2021 harga bitcoin terpantau 58.000 dollar.


Baca Juga:  Apa itu Investasi? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini


Strategi dan Filosofi HODL

Seperti apa yang dilakukan oleh Game Kyuubi, filosofi dari strategi HODL adalah menghindari perdagangan aset berdasarkan perubahan harga jangka pendek. Fokus yang dijalankan pada strategi HODL adalah kepercayaan bahwa resiko kerugian menahan aset lebih sedikit ketimbang resiko pada perdagangan cepat.

Dengan menerapkan HODL, maka perdagangan akan terhindar dari fear of missing out (FOMO) dan fear, uncertainty, and doubt (FUD). FOMO dalam dunia cryptocurrency akan menyebabkan mental terlalu berani untuk membeli aset dengan harga tinggi. Sementara FUD yang menyebabkan mental menjadi takut dan ragu-ragu akan membuat kecenderungan berani menjual dengan harga rendah.  

Dengan pandangan yang lebih positif dalam upaya melakukan penahanan aset tersebut, tidak salah jika kemudian HODL diberi kepanjangan “Hold On for Dear Life” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Bertahan Untuk Hidup yang Lebih Baik”.


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan HODL 

Cryptocurrency seperti bitcoin, ripple, dan lainnya diperkirakan akan terus meninggi harganya. Hal itu karena dari waktu ke waktu diketahui banyak pelaku bisnis yang menaruh perhatian pada mata uang kripto. Bahkan, cryptocurrency yang dulu diciptakan untuk menggantikan uang di dunia digital kini justru menjadi aset yang lebih berharga daripada uang itu sendiri.  

Criptocurensi memiliki sifat yang fluktuatif sehingga kelebihannya dibanding mata uang fisik adalah menciptakan long and short lebih banyak. HODL tidak mempedulikan kelebihan itu dan justru memperlakukan cryptocurrency seperti aset fisik. Walaupun begitu, teknik HODL memang memiliki keuntungan dalam menjamin aset.  

HODL memberi jaminan keamanan yang lebih baik untuk pemilik aset ketika volatilitas jangka pendek cukup sering berubah. Dengan menerapkan strategi HODL, kemungkinan yang bisa didapatkan adalah keuntungan besar atau kerugian yang besar. Tidak ada kerugian sedikit atau kerugian yang “nanggung” jika terus melakukan HODL.

Namun, pada dasarnya HODL akan membuat harga dari aset yang dipegang menjadi lebih tinggi harganya. Seperti barang yang ditimbun oleh tengkulak, apabila sebuah produk tidak banyak beredar di pasaran maka harganya akan meningkat. Namun, akan jadi masalah besar jika ada peralihan penggunaan produk.


Baca Juga: Bukan Hanya Bitcoin, Matic Cryptocurrency pun Layak Dipilih


Memulai Bisnis Dengan Pendanaan Modal Rakyat 

Memulai sebuah bisnis harus diawali dengan pendanaan yang cukup. Bahkan, pendanaan yang telah diperkirakan kan sebelumnya kerap harus membengkak supaya bisnisnya menjadi lebih lebar dan efektif. Untungnya, perencanaan bisnis kini bisa dilakukan melalui Modal Rakyat.

Modal Rakyat merupakan medium yang membantu pebisnis untuk menemukan pihak sumber dana. Pihak yang membutuhkan dana akan dipertemukan dengan pihak sumber dana yang tepat dan terpercaya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Modal Rakyat, klik ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru