Finansial

Bukan Hanya Bitcoin, Matic Cryptocurrency pun Layak Dipilih

Pretty Angelia Wuisan-

12 Jul 2021

Bukan Hanya Bitcoin, Matic Cryptocurrency pun Layak Dipilih

Pasar cryptocurrency atau mata uang kripto sekarang sedang digandrungi para investor muda karena dianggap bisa mendatangkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Anda pun leluasa menentukan pilihan. Yang kapitalisasi pasarnya tinggi adalah Bitcoin dan Ethereum, tapi ada juga Matic cryptocurrency yang bisa Anda lirik.

Matic cryptocurrency di tahun ini menjadi salah satu mata uang digital yang pamornya naik dan dipilih oleh banyak penambang yang mengincar keuntungan tinggi. Hal itu karena harganya yang mengalami kenaikan memuaskan.

Yuk, lebih tahu lebih banyak tentang Matic cryptocurrency.

 

Baca juga: Karakteristik Bitcoin dan Cara Peroleh Keuntungannya

 

Mengenal Lebih Dekat Matic Cryptocurrency

Kemajuan teknologi membuat orang-orang mengenal lebih banyak instrumen investasi. Mata uang digital adalah salah satu instrumen yang sedang naik daun. Ditambah dengan kemudahan menemukan platform yang menyediakan transaksi mata uang digital, para investor pun jadi mudah bertransaksi.

Kehadiran jenis mata uang digital pun semakin bertambah, tidak untuk negara tertentu, negara mana saja bisa memiliki pengembang blockchain tersendiri. Walaupun dibuat lokal, tapi mata uang digital bisa ditransaksikan di seluruh dunia karena pasar cryptocurrency itu luas dan bisa diakses di mana saja.

Namun, Matic cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dikembangkan oleh pengembang asal India dan berhasil mendunia. Pengembangnya bernama Sandeep Nailwal, Jaynti Kanani, dan Anurag Arjun.

Matic cryptocurrency pengembangannya berada di bawah Polygon Matic yang dikenal sebagai multichain scaling milik Ethereum. Keunikan dari Polygon adalah transaksi mata uang digital di sini lebih cepat dibandingkan rantai utama Ethereum karena menggunakan rantai sampingan layer 2, tapi tetap berjalan bersamaan dengan blockchain Ethereum.

Kecanggihan teknologi saat ini membuat Polygon berhasil memakai hasil modifikasi framework Plasma yang dikembangkan dalam bukti kepemilikan blockchain utama Ethereum.

Karena berhasil mengembangkan teknologi itu, Polygon mampu membangun rantai sampingan lainnya yang dapat menampung sekitar 65.536 transaksi per bagian bloknya. Inilah yang membuat transaksinya cepat dan anti ngadat di tengah jalan.

Walaupun dilahirkan dari pengembangan rantai sampingan, Matic cryptocurrency berhasil menarik minat investor mata uang digital untuk membelinya dan disimpan dalam jangka pendek atau panjang.

Salah satu alasannya adalah karena Polygon yang menerapkan biaya transaksi yang cukup miring, padahal menggunakan rantai sampingan Ethereum. Hal itu karena teknologi yang koin Matic terapkan adalah open source.

Untuk lebih jelasnya, open source membuka kesempatan bagi pengembang mana saja untuk membangun rantai bloknya sendiri. Artinya, Polygon membebaskan pengembang untuk membangun jaringannya sendiri.

 

Awal Mula Pengembangan Koin Matic

Matic cryptocurrency umurnya masih terbilang muda. Baru diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Ada 10 miliar koin Matic yang diciptakan oleh Polygon. Yang perlu Anda tahu, stok koin mata uang digital ini tidak akan bertambah atau berkurang karena sudah diatur dari pengembang akan tetap berjumlah sama.

Namun, Polygon mampu bermain cantik untuk melihat minat investor terhadap mata uang digital yang diciptakannya. Polygon sengaja menyebarkan koin Matic secara perlahan. Di awal peluncuran koin yang disebarkan berjumlah 3,8% dari stok keseluruhan.

Pada perilisan publik di April tahun 2019, stok penyebaran koin dinaikkan ke persentase 19. Lalu, koin yang tersisa disebar untuk keperluan sebagai berikut:

  • Penasihat atau pengurus Polygon mendapatkan 4%  koin.
  • Tim di dalam rantai blok Polygon mendapatkan 16% koin.
  • Di operasi jaringan jumlah koinnya mencapai 12% koin.
  • Perusahaan Polygon meraih 21,86% koin.
  • Di ekosistem Polygon pun tersebar koin Matic sebanyak 23,33%.

Dari total di atas, sudah ada 6,14 miliar koin yang tersebar ke publik. Polygon menargetkan seluruh koinnya akan disebar ke publik pada Desember tahun 2022.

 

Harga Koin Matic Terkini

Saat ini kapitalisasi pasar Polygon sudah mencapai US$14 miliar, sehingga menjadikan koin Matic berada di urutan 16 di seluruh dunia untuk peringkat kapitalisasinya. Peringkat ini bisa saja berubah mengingat perubahan akan terus terjadi di pasar mata uang digital.

Untuk hari ini tanggal 9 Juli 2021, harga Polygon Matic berada di Rp15.212. Angka ini tentu saja akan berubah mengingat transaksi di mata uang digital terus berjalan.

Anda perlu tahu bahwa pasar mata uang digital itu buka selama 24 jam. Selama Anda tidur, angkanya pasti bisa berubah. Apalagi pasarnya ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi berlaku di seluruh dunia.

 

Baca juga: Trader adalah: Karakteristik dan Perbedaannya dengan Investor

 

Cara Membeli Matic Cryptocurrency

Koin Matic dapat Anda beli di berbagai platform cryptocurrency yang hadir di Indonesia. Anda dapat memilih sesuai dengan kenyamanan Anda. Hanya saja Anda perlu ingat bahwa platform crypto yang aman adalah yang sudah terdaftar di Bappebti, jadi pastikan platform yang Anda pilih sudah diakui secara resmi keberadaannya oleh pejabat berwenang.

Tips lain untuk Anda yang ingin sukses menjadi penambang aset kripto adalah Anda wajib paham tentang analisis teknikal yang akan membantu Anda kapan waktu yang tepat menjual dan membeli mata uang digital itu. Anda juga perlu memeriksa sentimen pasar mata uang digital sedang berada di posisi mana.

 

Dapatkan Imbal Hasil Memuaskan dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Untuk Anda yang mengincar keuntungan, bisa mendaftar sebagai pendana di P2P Lending Modal Rakyat. Modal yang Anda salurkan akan dipinjamkan pada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Anda pun bisa sekalian membantu UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Potensi tingkat imbal hasil yang Anda raih bisa mencapai 18% per tahun. Mendanai di Modal Rakyat juga aman karena kami sudah memperoleh izin dari OJK. Yuk, mulai mendaftarkan diri Anda sebagai pendana di halaman berikut ini. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis senilai Rp25.000.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru