Finansial

Ciri Investasi Bodong dan Modusnya yang Harus Diwaspadai

Pretty Angelia Wuisan-

01 Nov 2021

Ciri Investasi Bodong dan Modusnya yang Harus Diwaspadai

Jika Anda menonton berita, pasti sering menemukan kasus investasi bodong yang membuat banyak masyarakat terjebak. Tidak tanggung-tanggung kerugian yang mereka alami sampai miliaran.

Anda tentu saja tidak ingin berurusan dengan investasi merugikan seperti ini. Untuk itu Anda perlu tahu ciri dan modus dari investasi bodong.


Baca juga: Cara Mengatasi Penipuan Investasi Online yang Wajib Anda Lakukan


Ciri-ciri Investasi Bodong

Ciri-ciri investasi yang berbau penipuan sebenarnya mudah diketahui. Ini dia ciri khasnya yang patut Anda waspadai.

1. Iming-iming mendapatkan keuntungan tidak wajar

Jatuhnya jadi seperti money game atau permainan uang dengan memberikan keyakinan pada Anda bahwa Anda bisa meraih keuntungan 6% untuk per bulannya.

Anda perlu tahu, bahwa investasi seperti obligasi saja menawarkan keuntungan 6% untuk per tahunnya. Iming-iming yang tidak wajar ini, patut Anda curigai sebagai investasi bohongan. Jangan langsung tergiur dengan imbal hasil yang tinggi.

2. Menjalankan skema ponzi yang dipraktikkan dengan sistem MLM

Investasi bohong ini juga biasanya menjalankan sistem member get member dan menjanjikan Anda akan mendapat bonus secara otomatis apabila bisa meraih anggota baru yang banyak. 

MLM tanpa adanya barang yang dijual, jelas-jelas adalah penipuan berkedok skema ponzi.

3. Tidak ada membahas tentang kerugian

Pengelola investasi yang benar pasti tidak hanya akan membahas keuntungan pada Anda. Mereka juga akan menjelaskan kerugian atau risiko yang bisa saja Anda terima. Untuk itu mereka terkadang memberikan berbagai macam opsi untuk diversifikasi.

Anda perlu mencurigai pengelola investasi yang hanya membahas keuntungan, tapi tidak mau menjelaskan risiko pada Anda.

4. Iming-iming cepat tajir

Ciri khas yang tidak kalah ngaco dari yang sebelumnya adalah Anda akan dijanjikan akan cepat tajir. Anda akan meraih rumah, mobil, dan harta benda yang tampak menggiurkan lainnya, tanpa dijelaskan bagaimana skema untuk mendapatkan hadiah tersebut.

5. Izin usaha tidak jelas

Investasi bodong sebenarnya rata-rata punya ciri khas yang sama, yaitu izin usaha tidak jelas. Mereka memang bisa memasang plang nama perusahaan, tapi ketika Anda cek di internet, ternyata nama perusahaan itu tidak ada di mana-mana. 

Hal inilah yang perlu Anda waspadai. Jangan lupa untuk mengecek bahwa usaha yang akan Anda danai itu benar-benar ada atau tidak. 


Modus Investasi Bodong

Pemerintah Indonesia sangat mendukung hadirnya investasi aman untuk masyarakat. Namun, tentunya instrumen tersebut wajib mengikuti aturan dan nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat kita.

Di bawah ini adalah modus investasi bohong yang perlu Anda hindari.

1. Robot trading

Investasi yang katanya menggunakan teknologi canggih ini menjanjikan pada penggunanya keuntungan tanpa harus melakukan analisis terlebih dulu. Jadi, tugas Anda akan digantikan dengan robot.

Hal ini jangan langsung Anda percaya karena prosesnya tampak mencurigakan. Manusia saja tidak bisa menebak pergerakan pasar, apalagi robot yang dibentuk manusia.

2. Skema ponzi

Skema satu ini punya ciri khas, Anda diharuskan mencari anggota baru sebanyak-banyaknya. Hanya dari sana, Anda akan meraih keuntungan. Ini adalah jenis investasi yang tidak wajar.

Harusnya investasi yang benar adalah Anda meraih keuntungan dari bisnis yang Anda beri modal. Sedangkan, di sini tidak ada bisnis yang Anda danai.

3. Binary Options

Ada lagi modus investasi berkedok penipuan yang menawarkan proses yang mudah, tapi menjebak. Di sini Anda hanya diminta untuk menebak sebuah aset akan naik atau turun dan membuat prediksi lainnya.

Misalnya, Anda diberikan pilihan untuk menebak nilai tukar mata uang tertentu naik atau tidak. 

Tebak-tebakan tidak jelas seperti ini tentunya jauh dari proses investasi yang sesungguhnya. Jatuhnya jadi berbau judi. Oleh sebab itu, Anda perlu menjauhi investasi apapun yang terindikasi sebagai binary options.

Di luar negeri jenis investasi ini diperbolehkan, tapi di Indonesia tidak karena tidak sesuai dengan aturan dalam negeri kita.


Baca juga: Cara Investasi dan Manfaatnya yang Perlu Dipahami Pemula


Itulah pembahasan mengenai investasi merugikan yang perlu Anda pahami. Semoga dengan informasi ini, Anda terhindar berbagai macam investasi yang tidak jelas itu.

 

Jauh dari Investasi Bodong, Mendanai di Modal Rakyat Terjamin Keamanannya

Anda yang mau meraih keuntungan hingga 18% per tahun bisa bergabung menjadi pendana di Modal Rakyat. Di sini Anda akan menemukan UMKM yang membutuhkan modal untuk pengembangan bisnisnya.

Anda bisa mendanai dari Rp25.000 saja. Gunakan promo BLOG25 ketika Anda mau top up saldo, Anda akan mendapatkan tambahan Rp25.000 secara cuma-cuma. Yuk, mendanai di Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru