Finansial

6 Investasi Online, Cara Kerja, Keuntungan, dan Risikonya

Pretty Angelia Wuisan-

01 Nov 2021

6 Investasi Online, Cara Kerja, Keuntungan, dan Risikonya

Investasi online saat ini mudah dilakukan karena tersedianya platform-platform yang dapat diakses secara online. 

Jenis investasi online juga ada banyak, sehingga Anda bisa memilih yang sesuai. Di sini akan dijelaskan mengenai investasi online, cara kerja, keuntungan, dan risikonya.


Baca juga: Value Investing adalah: Pengertian dan Langkah Melakukannya



1. P2P Lending

Platform ini lebih dikenal sebagai pinjaman online untuk kebutuhan konsumtif dan produktif. Namun, selain itu Anda juga bisa menyalurkan modal untuk pinjaman produktif dan memperoleh keuntungan darinya.

a. Cara kerja P2P Lending

Cara kerja pendanaan di P2P lending adalah Anda perlu mendaftar dulu sebagai pendana di platform tertentu. Kemudian, Anda bisa mempelajari berbagai macam UMKM yang bisa Anda pilih untuk didanai.

Nanti pinjaman Anda akan dikembalikan bersamaan dengan bunga sebagai hadiah untuk Anda.

b. Keuntungan dan risiko pendanaan P2P lending

P2P lending yang berizin OJK merupakan tempat pendanaan yang terjamin aman. Layanan berbasis teknologi ini memungkinkan Anda untuk memilih sendiri UMKM yang ingin didanai. Prosesnya adalah secara online, jadi terbilang mudah. Anda bisa meraih keuntungan hingga 20% per tahunnya. 

Risikonya adalah usaha yang Anda danai bisa saja mengalami pailit sehingga pinjaman Anda gagal dibayarkan. Namun, untuk menjamin pendana, biasanya P2P lending akan menyediakan pilihan asuransi untuk proteksi kerugian.

c. Contoh platform P2P lending

Salah satu alternatif platform online P2P lending yang dapat Anda pilih adalah Modal Rakyat. Anda punya potensi meraih untung 18% per tahunnya. Anda bisa mulai mendanai dari modal minim, yaitu Rp25.000 saja. Kunjungi Modal Rakyat untuk pendanaan pertama Anda. 

 


2. Investasi Online Saham

Untuk investasi online yang kekinian adalah investasi saham. Anda bisa melakukan transaksi jual beli saham untuk meraih profit hanya di pasar modal, yaitu Bursa Efek Indonesia. 

a. Cara kerja investasi saham

Anda memilih aplikasi investasi online untuk saham. Kemudian melakukan pembelian saham yang menurut Anda punya performa yang bagus. Pembelian minimal 1 lot atau berisi 100 lembar saham.

b. Keuntungan dan risiko investasi saham

Anda akan meraih keuntungan apabila harga saham yang Anda beli naik, setelah itu Anda menjualnya di harga yang tinggi. Atau Anda menyimpan saham dalam beberapa tahun dan mendapatkan dividen.

Namun, yang perlu diingat, investasi saham ini risikonya tinggi. Alasannya karena harga saham yang berubah-ubah sepanjang waktu. 

Untuk menjaga kestabilan portofolio investasi, Anda direkomendasikan untuk melakukan diversifikasi.

c. Contoh platform saham online

Untuk membeli saham, Anda bisa memilih beberapa aplikasi saham buatan Indonesia seperti IPOT yang dikeluarkan oleh Indo Premier, Motion Trade yang dikeluarkan MNC Sekuritas, dan memilih Mandiri Sekuritas yang memiliki aplikasi MOST.


3. Investasi Emas

Investasi online yang menjanjikan lainnya adalah investasi emas. Sampai saat ini, emas menjadi alternatif investasi jangka panjang karena mudah didapatkan dan harganya cenderung naik. Emas yang Anda investasikan adalah emas batangan.

a. Cara kerja investasi emas

Anda yang ingin membeli emas, bisa memilih platform yang menyediakan tabungan emas. Produk tabungan emas memungkinkan Anda membeli emas dengan cara cicilan.

Nanti Anda bisa menjual emas tersebut ketika harganya naik. Anda pun meraih keuntungan darinya.

b. Keuntungan dan risiko investasi emas

Keuntungan investasi emas adalah harganya yang punya kecenderungan untuk naik. Emas juga punya keunikan sebagai investasi yang bisa stabil padahal dunia sedang dilanda krisis. Hal ini juga yang membuat emas bisa dijadikan sebagai sumber dana darurat.

Risiko investasi emas adalah kenaikan harganya tidak signifikan. Lalu, Anda juga harus menyediakan tempat khusus untuk menyimpan emas dalam waktu lama.  

c. Contoh platform investasi emas

Platform untuk investasi online emas yang bisa Anda pilih adalah Pegadaian. Pegadaian menyediakan tabungan emas yang bisa Anda buka rekeningnya dari aplikasi resmi dari Pegadaian. 


4. Investasi Reksa Dana

Investasi online yang bisa diandalkan selanjutnya adalah reksa dana. Reksa dana merupakan investasi yang prosesnya adalah mengumpulkan dana milik masyarakat dan disebarkan ke beberapa efek yang tersedia seperti pasar uang, obligasi, saham, dan lainnya.

a. Cara kerja investasi reksa dana

Sama seperti saham, Anda bisa melakukan transaksi untuk reksa dana di pasar modal. Namun yang membedakannya dengan saham adalah di reksa dana Anda akan dibantu oleh manajer investasi. Perusahaan tersebut akan membantu Anda menyebarkan modal ke beberapa produk reksa dana yang tampak menguntungkan.

b. Keuntungan dan risiko investasi reksa dana

Reksa dana menjadi alternatif investasi online menguntungkan yang mudah untuk dijalankannya. Hal itu karena dalam pengelolaannya Anda dibantu oleh manajer investasi yang sudah ahli dalam mengerjakan tugasnya. 

Risiko dari reksa dana adalah Anda bisa saja mengalami kerugian, terutama untuk reksa dana yang risikonya tinggi seperti reksa dana saham. Keuntungan Anda besar, tapi risikonya juga tinggi. 

Anda perlu hati-hati memilih manajer investasi yang terpercaya. Lihat saja track record manajer investasi tersebut apakah pernah tersandung kasus investasi yang serius atau tidak.

c. Contoh platform investasi reksa dana

Saat ini berinvestasi di reksa dana juga mudah karena tersedia secara online. Aplikasi yang dapat Anda percaya untuk reksa dana adalah Ajaib dan Bibit. Kedua aplikasi tersebut menyediakan produk reksa dana yang bisa Anda pilih untuk meraih imbal hasil menjanjikan.

Anda bisa memulai berinvestasi reksa dana dari modal yang minim di kedua aplikasi tersebut.


5. Investasi Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh suatu lembaga atau pemerintah yang dibeli oleh investor, kemudian investor akan mendapatkan pengembalian dana beserta bunga yang ditambahkan padanya.

Investasi obligasi juga bisa dilakukan secara online. Anda pun bisa memilih obligasi untuk meraih pengembalian dana dengan waktu yang rutin.

a. Cara kerja investasi obligasi

Cara kerja investasi ini termasuk mudah dipahami. Anda membeli obligasi di masa penawaran lewat mitra distribusi yang ditunjuk oleh penyelenggara. 

Anda pun akan mendapatkan imbal hasil berupa pinjaman pokok dan kupon yang ditetapkan oleh penyelenggara obligasi.

b. Keuntungan dan risiko investasi obligasi

Keuntungan investasi obligasi adalah Anda bisa meraih kupon atau bunga yang lebih tinggi ketimbang deposito. Anda juga bisa mendapatkan pengembalian dana yang terjadwal rapi, misalnya satu bulan sekali. Ini tentu menguntungkan karena seperti memperoleh gaji bulanan.

Risikonya Anda bisa saja mengalami gagal bayar karena pihak yang menerbitkan obligasi tidak mempunyai dana akibat masalah keuangan. Untuk itu, Anda perlu memilih obligasi yang diterbitkan lembaga terpercaya.

c. Contoh platform investasi obligasi

Untuk membeli obligasi Anda bisa melakukannya di mitra distribusi yang ditunjuk resmi oleh penerbit obligasi.

Misalnya, seperti Obligasi Ritel Indonesia yang diterbitkan oleh pemerintah, mitra distribusi untuk pembelian obligasi yang ditunjuk biasanya adalah bank besar di Indonesia dan aplikasi financial technology yang sudah berizin di OJK.


6. Cryptocurrency

Atau disebut juga dengan mata uang digital, merupakan investasi jangka pendek yang saat ini digandrungi investor kawula muda. Investasi ini mengharuskan Anda membeli jenis mata uang digital yang tersedia, yang kemudian bisa mendatangkan keuntungan pada Anda.

a. Cara kerja trading cryptocurrency 

Cara kerjanya adalah Anda perlu memilih jenis mata uang digital yang harganya bergerak cukup bagus. Di sini Anda perlu melakukan analisis fundamental dan teknikal terlebih dulu sebelum mengambil keputusan menjual atau membeli.

b. Keuntungan dan risiko trading cryptocurrency

Untuk berinvestasi di mata uang kripto, Anda bisa meraih keuntungan besar dalam waktu singkat. Kemudian, pasar kripto ini buka setiap saat, jadi Anda bisa melakukannya ketika libur dari kerja.

Namun, investasi di mata uang kripto juga ada risikonya. Harga mata uang kripto sangat fluktuatif. Jika hari ini naik, bisa saja besok anjlok ke harga yang cukup rendah. Anda perlu siap akan hal ini.

c. Contoh platform trading cryptocurrency

Investasi mata uang digital ini mendapatkan dukungan dari pemerintah jadi Anda akan menemukan aplikasi legal seperti Indodax, Tokocrypto, dan Pluang. Ketiga aplikasi tersebut sudah mendapatkan izin beroperasi dari Bappebti.


Baca juga: Ingin Investasi Saham Aman? Inilah Tips Memilih Sekuritas


Itulah daftar investasi online yang bisa Anda pilih untuk raih keuntungan menjanjikan. Jangan lupa untuk mempelajarinya dari nol sebelum memilih investasi tersebut. Apabila Anda mengenalnya dengan baik, Anda akan lebih serius untuk mengelola investasi tersebut.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru