Finansial

8 Cara Investasi Saham Online dan Aplikasi Pendukungnya

Pretty Angelia Wuisan-

12 Oct 2021

8 Cara Investasi Saham Online dan Aplikasi Pendukungnya

Investasi saham online sekarang mudah dilakukan karena cukup banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan platform khusus transaksi saham online. Untuk membeli saham, Anda pun bisa melakukannya di mana saja dan kapanpun. Tidak mengherankan jika semakin banyak orang tertarik untuk memulai investasi saham.

Anda sebagai investor pemula, perlu tahu investasi saham secara online karena hal ini akan Anda andalkan ke depannya. Di sini akan dijelaskan cara investasi saham online, aplikasi trading saham atau untuk beli saham, dan aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau pasar saham.


Baca juga: 4 Cara Beli Saham Perusahaan Luar Negeri dan Brokernya


8 Cara Investasi Saham Online

Investasi saham online sangat bisa dilakukan oleh mereka yang belum pernah belajar tentang saham. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siapa saja yang mau menambah aset yang akan berguna di masa depan. Saham sejak dulu memang sudah dianggap sebagai instrumen investasi yang menjanjikan.

Anda tidak perlu pusing memikirkannya karena cara membeli saham itu mudah untuk diikuti. Ini 8 cara beli saham secara online.

  • Belajar dulu tentang saham.
  • Memilih aplikasi saham.
  • Membuka rekening efek.
  • Buka rekening dana nasabah.
  • Menyetorkan modal.
  • Analisis fundamental.
  • Transaksi beli dan jual saham.
  • Settlement transaksi.

1. Belajar dulu tentang saham

Sebelum terjun ke pasar saham, Anda perlu belajar dulu mengenai saham. Anda dapat membaca buku saham yang ditulis oleh para investor ternama. Menemukan buku saham pun mudah, Anda bisa membelinya secara online.

Atau Anda juga bisa mengikuti seminar saham yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia. Seminar ini tidak mahal, biaya yang diminta akan dijadikan sebagai modal pertama ketika membuka rekening dana nasabah (RDN). Di seminar ini Anda akan langsung diajar oleh para ahlinya dalam dunia saham.

2. Memilih aplikasi saham

Cara investasi saham online berikutnya adalah Anda perlu memilih aplikasi saham yang tersedia secara legal, artinya operasionalnya diberikan izin dan diawasi langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda akan mudah menemukannya di aplikasi khusus pengunduhan.

Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK akan mudah Anda temukan. Jangan memilih aplikasi abal-abal karena yang itu hanya akan membuat Anda terkena masalah. Perusahaan sekuritas berizin yang mempunyai aplikasi tersebut.  

3. Membuka rekening efek

Setelah berhasil menjadi pengguna di aplikasi saham itu, cara investasi saham online selanjutnya adalah buka rekening efek atau saham. Untuk membuka rekening efek, tenang saja karena hal ini dapat Anda lakukan secara langsung lewat aplikasinya. 

Jadi, Anda hanya perlu ikuti petunjuk yang ada. Rekening efek ini khusus dibuat untuk kegiatan Anda dalam bertransaksi saham.

4. Buka rekening dana nasabah

Kemudian Anda akan diminta juga untuk membuka rekening dana nasabah atau dikenal juga dengan RDN. RDN ini biasanya dibuat berbarengan dengan rekening efek. Tujuan pembuatannya adalah untuk memudahkan Anda menyetor modal pertama di saham Anda, lalu untuk tempat menyimpan dana hasil pembelian saham Anda.

5. Menyetorkan modal

Untuk membeli saham, Anda membutuhkan modal. Besaran modalnya tergantung pada Anda. Modal tersebut akan masuk ke RDN, dan berikutnya bisa Anda gunakan untuk membeli saham pertama Anda. 

6. Analisis fundamental

Sebelum memilih saham, Anda perlu menuliskan daftar saham yang menarik untuk Anda. Mungkin untuk saat ini, Anda belum bisa membeli semua saham yang menurut Anda bagus, jadi Anda perlu melakukan seleksi untuk memilih saham yang menurut Anda terbaik.

Cara seleksinya adalah dengan melakukan analisis fundamental dengan mempelajari laporan keuangan masing-masing emiten. Anda akan mudah menemukan laporan keuangan itu karena disediakan untuk publik. Biasanya di aplikasinya atau di BEI pun tersedia.

Di laporan keuangan itu Anda bisa menengok pendapatan, laporan laba rugi, ROI, dan berbagai komponen lain yang penting untuk dipelajari.

7. Transaksi beli dan jual saham

Setelah menemukan harga saham dan fundamental yang sesuai kriteria, Anda bisa langsung melakukan transaksi. Pertama, Anda perlu membeli saham tersebut di harga terendahnya. Anda akan mendapatkan saham tersebut ketika ada investor lain yang menawarkan harga jual sesuai dengan pembelian yang Anda tetapkan.

Kemudian, coba Anda tunggu saham tersebut harganya naik. Anda bisa menjualnya di harga yang lebih tinggi ketika Anda beli. Dari sana Anda bisa mendapat keuntungan.

8. Settlement transaksi

Setelah Anda melakukan pembelian saham, Anda akan mendapatkan tagihan pembayaran dua hari setelah transaksi. Anda perlu melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang diminta. Biasanya akan disertakan biaya transaksi untuk layanan jasa aplikasi yang Anda andalkan.

Jangan sampai terlambat untuk membayar karena Anda akan dikenai denda cukup besar. Jadi, perhatikan tanggal pembayarannya juga.


Aplikasi untuk Beli Saham

Untuk berinvestasi saham yang dilakukan secara online, inilah berbagai aplikasi yang dapat Anda andalkan. Semuanya legal karena terdaftar atau berizin dari OJK.

1. Stockbit

Aplikasi ini cocok diandalkan oleh pemula karena menyediakan AI robot yang membantu Anda menjelaskan berbagai keperluan untuk membeli saham. Biaya transaksi juga cukup murah dan bisa dimulai dari modal minim.

2. Ajaib

Aplikasi ini juga cocok digunakan pemula untuk investasi saham online. Fiturnya cukup lengkap. Anda bisa transaksi jual beli saham dan reksa dana. Bisa juga berdiskusi dengan sesama investor.

3. IPOT

Aplikasi IPOT telah menjadi andalan investor sejak lama. Aplikasi ini biasa digunakan oleh investor ahli sampai ke pemula. Anda juga bisa melihat berita tentang saham paling terkini.

4. MNC Trade New

Aplikasi buatan MNC Sekuritas ini juga mempunyai keunggulan yang sama dengan aplikasi yang disebutkan sebelumnya. Aplikasi ini dapat dipakai untuk bertransaksi secara cepat.


Aplikasi atau Situs Web untuk Pantau Pasar Saham Terkini

Semua keputusan Anda dalam saham misalnya ketika ingin membeli atau menjual saham, bisa Anda lakukan dengan melihat pergerakan harga saham yang paling terbaru. 

Pergerakan pasar saham ini dapat Anda lihat di situs web dan beberapa aplikasi yang menyediakannya. Ini dia daftarnya.

  1. IDX Channel
  2. Investing.com
  3. Stockbit
  4. Google Finance
  5. Investasi Kontan


Baca juga: 10 Jenis Saham yang Perlu Diketahui Investor Pemula


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Bisakah membeli saham secara online?

Bisa. Malah, sekarang sebagian besar investor membeli saham online. Tidak perlu datang langsung ke perusahaan sekuritas. Cara ini tentu saja lebih praktis jika dibandingkan waktu dulu.

2. Beli saham online di mana?

Untuk beli saham online, Anda bisa mengunduh aplikasi saham online yang tersedia legal di Indonesia. Mengapa harus legal? Karena aplikasi tersebut diawasi langsung oleh OJK dan sudah terjamin keamanannya. Anda akan mudah menemukannya karena aplikasi saham online ada banyak pilihan.

3. Bagaimana cara investasi saham online?

Pertama, Anda harus mendaftar dulu di aplikasi saham online yang legal. Cara pendaftarannya mudah karena Anda tinggal mengikuti petunjuk. Kemudian, membuka rekening saham dan RDN dari aplikasi tersebut.

Lalu, melakukan penyetoran modal. Setelah itu, Anda baru bisa berinvestasi saham online dengan membeli saham pertama.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru