Bisnis

IUMK Online untuk Kemudahan Bisnis UMKM, ini Penjelasannya

Pretty Angelia Wuisan-

24 Nov 2021

IUMK Online untuk Kemudahan Bisnis UMKM, ini Penjelasannya

IUMK online merupakan perizinan berusaha yang bisa dilakukan secara online oleh para pelaku usaha mikro yang ada di Indonesia. Dulu kalau mengurus perizinan cukup rumit, sekarang Anda bisa melakukannya dari jarak jauh.

Supaya Anda lebih memahami mengenai IUMK online untuk kegiatan usaha UMKM, di sini akan dijelaskan pengertian, syarat, dan tahapan untuk mengajukan perizinan berusaha.


Baca juga: Syarat dan Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 


Apa itu IUMK Online?

IUMK merupakan Izin Usaha Mikro Kecil. Usaha kecil di Indonesia perlu membuat IUMK karena sebagai tanda legalitas usaha tersebut. 

Tanda legalitas ini membuat keberadaan usaha Anda diakui oleh negara. Untuk usaha mikro, kecil, dan menengah keberadaan IUMK ini juga akan penting bagi Anda. 

Sebagai pelaku usaha mikro, Anda tentu diwajibkan membayar pajak, tapi keuntungannya bagi Anda, Anda bisa juga mendapatkan modal untuk mengembangkan usahanya yang berasal dari pemerintah.

Contohnya, seperti pada program PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan pemerintah di masa pandemi ini. Usaha kecil yang bisa mendapatkan bantuan adalah UMKM yang memiliki IUMK. 

Dalam pengajuan pinjaman dana di lembaga keuangan bank, P2P lending, lainnya pun IUMK adalah persyaratan yang cukup mutlak. Tentunya lembaga-lembaga itu hanya bersedia menyalurkan modal usaha ke usaha yang legal.

Usaha mikro yang bisa mendaftarkan untuk punya IUMK adalah usaha yang punya kekayaan bersih sebanyak Rp50 juta dan itu belum termasuk bangunan dan tanah. Ditambah dengan penjualan tahunan yang mencapai Rp300 juta.

IUMK online ini menjadi sarana pemberdayaan dari pemerintah untuk para pelaku UMKM yang hadir di Indonesia. Untuk itu Anda perlu mengurusnya.


Syarat Membuat IUMK Online

Cara membuat IUMK online cukup mudah, tapi ada syarat dokumen permohonan IUMK yang perlu dipenuhi terlebih dulu. Ini penjelasannya.

  1. Untuk menunjukkan keabsahan lokasi usaha, Anda harus membawa surat pengantar RT/RW.
  2. Fotokopi KTP pemilik usaha.
  3. Pas foto warna 4x6 2 lembar.
  4. Fotokopi KK pemilik usaha.
  5. Formulir IUMK yang diisi sebenar-benarnya. Formulir ini bisa didapat dari situs nanti yang akan disebutkan di bawah.
  6. Pemilik usaha kemudian mendaftarkan dirinya lewat OSS www.oss.go.id/oss/ 
  7. Pemilik usaha wajib mempunyai email yang aktif digunakan.
  8. Cantumkan juga nomor telepon yang dapat dihubungi, yang artinya harus aktif juga.


Tahapan IUMK Online

Untuk mendapatkan IUMK, Anda perlu melewati berbagai macam tahapan. Sebenarnya tidak sulit karena semuanya dilakukan online. Ini tahapan yang perlu Anda perhatikan.

  1. Daftarkan diri di OSS https://ui-login.oss.go.id/login?action=register.
  2. Verifikasi email untuk mengaktifkan akun Anda.
  3. Setelah akun sudah aktif, Anda sudah bisa mulai untuk melakukan pengajuan IUMK. Klik tombol bagian Perizinan Usaha, lalu klik bagian Perseorangan.
  4. Usaha mikro, kemudian memilih Daftar NIB Perseorangan Mikro.
  5. Usaha kecil, kemudian memilih Daftar NIB Perseorangan Kecil.
  6. Nanti akan muncul formulir untuk mengisi data profil, Anda isi formulir itu dengan data-data yang benar. Jangan sampai ada manipulasi kalau tidak mau berurusan dengan hukum nantinya.
  7. Anda juga akan diminta mengisi data usaha, isi juga dengan benar, seperti nomor induk penanggung jawab usaha. Klik tombol simpan dan lanjutkan.
  8. Apabila Anda ingin mendaftarkan lebih dari 1 usaha, Anda bisa menambahkan data baru dengan klik Tambah Usaha
  9. Nanti akan muncul formulir Komitmen Prasarana Usaha. Biasanya untuk usaha kecil Anda diperbolehkan mengurus Izin Lokasi dan untuk yang lainnya Izin Lingkungan (apabila diperlukan).
  10. Setelah semua dirasa selesai, Anda bisa melakukan preview draft Izin Usaha dan Nomor Induk Berusaha atau NIB. Apabila tidak ada kesalahan, Anda bisa langsung klik Proses NIB.
  11. Anda pun akan bisa melihat dokumen Izin Lokasi, Izin Usaha, NIB, dan Izin Lingkungan. Dokumen Izin Usaha dapat Anda cetak melalui kode QR yang tersedia di sana.

Apabila Anda membutuhkan izin komersial atau operasional, Anda juga dapat mengajukan lewat IUMK ini. Caranya dengan pilih Izin Komersial/Operasional dan lakukan tahapan yang persis seperti di atas.

Pembuatan IUMK ini tidak ada tarif sama sekali. Anda mungkin harus mengeluarkan uang untuk menyediakan fotokopi dan berkas-berkas lain yang diperlukan untuk IUMK, tapi itu tidak akan banyak.


Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) dan Manfaatnya


Itulah proses pengajuan IUMK secara online. Mudah, kan? Semua sistem yang diperbarui ini hadir untuk kemudahan seluruh pemilik usaha. Anda bisa memanfaatkan ketentuan IUMK secara online sebaik-baiknya. Tinggal mengikuti prosedur secara perlahan dan cermat, urusan ini pun bisa selesai.


Butuh Modal untuk Menaikkan Omzet Usaha? Modal Rakyat Siap Membantu Anda

Anda yang membutuhkan modal untuk menaikkan produksi usaha, bisa mendaftar sebagai peminjam di Modal Rakyat.

Kami akan menghubungkan Anda dengan pendana yang tertarik untuk meminjamkan dana bagi Anda. Dana yang Anda ajukan bisa di angka Rp500 ribu hingga sebesar Rp2 miliar.

Tak perlu mencemaskan persentase bunga sebab hal itu akan dihitung sesuai dengan risiko usaha. Informasi lanjutan dapat Anda temukan di Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru