Gaya Hidup

10 Karakter Generasi Milenial yang Melampaui Zaman

Pretty Angelia Wuisan-

29 May 2021

10 Karakter Generasi Milenial yang Melampaui Zaman


Generasi milenial adalah sosok yang saat ini mendominasi usia produktif di Indonesia. Kemajuan Indonesia yang akan datang dipengaruhi oleh produktivitas generasi ini. Karakter generasi milenial berbeda dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu generasi X. Anda perlu tahu banyak tentang generasi milenial.

Punya karakter unik sendiri dan mulai menyadari hal-hal yang awalnya dianggap remeh, hingga memperjuangkannya untuk diubah. Atau mengubah sesuatu yang tidak mungkin, menjadi hal yang mungkin. Di sini kita akan membahas karakter generasi milenial lebih jauh.


Baca juga: 5 Pebisnis Generasi Milenial Sukses di Indonesia


1. Dekat dengan teknologi

Karakter generasi milenial atau disebut juga dengan generasi Y adalah sangat dekat dengan teknologi. Mereka mampu menguasainya dengan baik, walaupun teknologi itu baru pertama kali diciptakan. Atau mereka lah yang menciptakan teknologi baru itu.

Generasi milenial lahir di tahun 1980 hingga tahun 1996. Mereka mengandalkan kecanggihan teknologi untuk hiburan dan bekerja. Mereka senang berselancar di internet untuk mencari informasi. Mereka juga senang menggunakan media sosial yang tidak hanya digunakan untuk hiburan, tapi juga untuk belajar hal baru.

Anda bisa melihatnya dari konten-konten media sosial yang sekarang tidak hanya berisi gosip, tapi juga tips-tips tentang gaya hidup, bisnis, finansial, dan masih banyak lagi. Mereka dapat menggunakan potensi teknologi sampai detail dan tidak pernah mau ketinggalan darinya.


2. Menginginkan semuanya serba cepat

Karakter generasi milenial yang lain adalah menginginkan semuanya serba cepat. Dapat kita ambil contoh, meminjam dana untuk usaha. Mereka sekarang tidak hanya mengandalkan bank

 Ada financial technology yang membantu mereka sebagai alternatif pinjaman lain. Kita mengenalnya salah satunya adalah P2P Lending.

Meminjam di P2P Lending ini prosesnya mudah dan cepat. Anda tidak perlu menunggu berbulan-bulan sampai pinjaman diizinkan. 

Sama seperti menyampaikan komplain pada sebuah marketplace karena ada masalah ketika melakukan pembelian. Mereka inginnya komplain tersebut direspons secara cepat tanpa harus mendatangi kantornya langsung.


3. Pilih yang praktis daripada yang rumit

Berkat kemajuan teknologi, generasi milenial jadi bisa menggunakan waktu yang ada untuk hal lain. Jika ada yang praktis, untuk apa memilih yang rumit? Mereka lebih senang menggunakan transportasi online, ketimbang transportasi umum karena dinilai lebih cepat.

Mereka sekarang lebih memilih memesan makanan secara online, dibandingkan mendatangi langsung restorannya. Mereka juga lebih senang membayar dengan non tunai daripada membayar tunai karena membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak itu tidak aman.

Tidak mengherankan apabila teknologi akan semakin berkembang karena tujuannya untuk membuat hidup manusia jadi lebih praktis.


4. Mengedepankan Work Life Balance

Salah satu karakteristik generasi milenial adalah mulai menyadari pentingnya work life balance. Mereka adalah sosok yang rajin bekerja, tapi tidak memungkiri mereka juga butuh hiburan dan istirahat. 

Setelah bekerja, mereka pun akan mencari hiburan di tempat-tempat yang disukai. Atau merencanakan liburan dari jauh hari untuk berkunjung ke suatu tempat yang disukai. Kerja boleh rajin, tapi mereka akan lebih mengutamakan kebahagiaan dan kesehatan. 


5. Mengejar Passion

Anda pasti menyadari profesi sekarang sudah berbagai macam. Ini terjadi karena perubahan zaman yang cukup signifikan dan generasi millenials yang menyadari bahwa untuk bekerja yang penting adalah yang sesuai dengan passion. Mereka akan lebih bersemangat dalam mengejar profesi yang sesuai dengan passion-nya.

Mereka memulai pencarian passion dari sejak dini. Lalu, masuk ke jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Setelah bekerja pun mereka tidak ragu menambah ilmu dan kemampuan untuk mengembangkan passion-nya. 

 

6. Siap dengan interaksi global

Generasi milenial siap dengan interaksi global. Tidak perlu heran jika Anda menemukan para generasi milenial yang bekerja di perusahaan global. Mereka juga akan terbiasa bekerja sama dengan orang luar Indonesia.

Hal ini karena kualitas pendidikan mereka lebih bagus dari generasi sebelumnya. Banyak dari mereka yang juga tidak hanya menguasai bahasa Indonesia, tapi juga bahasa Inggris yang digunakan di mana-mana, sampai menambah kemampuan bahasa lain.

Belajar bahasa baru pun sekarang sangat mudah karena fasilitasnya gampang ditemukan secara online.

 

7. Jago multitasking

Generasi milenial dikenal juga sebagai sosok yang bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Maksudnya adalah mereka bisa saja bekerja kantoran, tapi di luar itu mereka juga membangun bisnis dari bawah atau berinvestasi di instrumen yang mereka kenali.

Mereka berpikir waktu sama berharganya dengan uang. Waktu yang ada mereka gunakan untuk mengerjakan hal lain. Namun, mereka tetap bisa beristirahat sesuai dengan porsinya. Mereka adalah sosok yang mampu memanajemen waktu dengan sebaik-baiknya. 


8. Suka sesuatu yang baru

Generasi milenial tidak ragu belajar sesuatu yang baru. Mereka adalah sosok yang penasaran dengan berbagai perkembangan yang ada di sekitarnya. Sebut saja pasar modal yang semakin ramai saat ini. Sebagian besar investor masa kini berasal dari generasi milenial

Mereka mulai menyadari pentingnya mempersiapkan masa depan mulai dari sekarang. Agar di masa depan nanti mereka bisa memetik hasilnya tanpa mengkhawatirkan diri yang sudah tidak produktif bekerja lagi. 

Oleh karena itu, mereka mulai mencari tahu lebih banyak soal berinvestasi. Hal ini berlaku juga dengan sesuatu yang baru lainnya.


Baca juga: Tips Memulai Berbisnis Online yang Cocok Untuk Milenial Kekinian


9. Ambisius

Sosok generasi millennial biasanya mampu mendapatkan yang diinginkannya. Ada yang mampu membeli rumah, membeli mobil, jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya sendiri, dan masih banyak lagi hal-hal yang mereka gapai. Itu karena mereka adalah sosok pekerja keras yang ambisius.

Mereka adalah sosok yang cenderung konsisten dalam mengejar tujuan. Mereka juga tidak pantang menyerah selama itu bagi mereka adalah hal yang memang pantas untuk diperjuangkan.


10. Cenderung membuka bisnis sendiri 

Semakin banyak generasi millenial yang memiliki bisnis sendiri. Bisnisnya tidak harus besar, mereka juga tidak masalah membangunnya dari yang kecil. Pelaku UMKM di Indonesia kebanyakan didominasi oleh generasi milenial.

Mereka memang orang yang kreatif dan suka berinovasi. Lihat saja usaha-usaha yang ada di zaman sekarang. Namanya ada yang aneh-aneh dan hal itu berhasil membuat para pembeli berdatangan. Mereka juga sudah siap dengan segala konsekuensi dalam berbisnis karena mereka yakin bisnisnya bisa berkembang di masa nanti.


Modal Rakyat Membantu Milenial yang Ingin Punya Usaha Sendiri

Untuk milenial yang sedang mengembangkan bisnis UMKM miliknya, Anda bisa mengajukan pinjaman di P2P Lending Modal Rakyat. Modal Rakyat adalah P2P Lending yang terpercaya  karena telah meraih izin secara resmi dari OJK. Anda juga bisa mengajukan pinjaman dari Rp500 ribu hingga Rp2 miliar.

Bunga yang dibebankan pada Anda sangat kompetitif karena disesuaikan dengan risiko usaha. Cara pengajuan pinjamannya pun mudah karena bisa dilakukan secara online. Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman melalui halaman berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru