Gaya Hidup

Ketahui Pentingnya Membuat KITAS Baru dan Caranya

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Mar 2021

Ketahui Pentingnya Membuat KITAS Baru dan Caranya

Kartu Izin Tinggal Terbatas atau KITAS memang menjadi salah dokumen penting bagi warga asing yang ingin tinggal di Indonesia. Hal ini ibarat sebuah izin yang menyatakan bahwa warga asing tersebut dapat menetap sementara waktu serta melakukan aktivitasnya dengan baik. Hal ini untuk mencegah permasalahan hukum yang dapat timbul nantinya.

Permasalahan mengenai imigrasi memang menjadi hal sangat krusial untuk dipahami. Agar tidak tersangkut masalah hukum di kemudian hari. Karena pelanggaran terhadap ketentuan mengenai izin tinggal bisa terdapat sanksi yang berat.

Mulai dari pidana penjara hingga denda sejumlah ratusan juta rupiah. Oleh karena itu penting untuk memahami aturan izin tinggal seperti pengajuan baru.


Baca juga: Cara Perpanjangan KITAS serta Dasar Hukumnya


Cara untuk Pembuatan KITAS Baru

Cara pembuatan atau pengajuan KITAS baru memang menjadi hal penting untuk dipahami. Hal ini sebagai jaminan terhadap warga asing yang menetap di Indonesia dalam waktu tertentu. Selain itu juga memudahkan pemerintah atau negara untuk melakukan kontrol dan monitor terhadap aktivitas warga asing.

Adanya ketentuan membuat warga asing tidak dapat sembarangan menjalankan aktivitasnya di Indonesia. Namun tetap berpegang teguh terhadap prosedur yang sudah ditentukan. Proses pengajuan atau pembuatan izin baru dilakukan di kantor imigrasi.

Anda dapat membawa dokumen yang dibutuhkan. Jika ingin mengetahui dokumen yang dibutuhkan, dapat mengecek melalui website resmi kantor imigrasi.

Anda juga dapat mencari informasi mengenai pengajuan KITAS dengan cara bertanya kepada call center kantor imigrasi melalui layanan yang diberikan melalui live chat maupun layanan telepon. Anda juga dapat menghubungi petugas imigrasi melalui layanan email. Berbagai metode dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Pada umumnya untuk persyaratan yang umum adalah pengisian formulir, paspor asli, surat rekomendasi atau pemberi jaminan dengan materai, e-KTP hingga keterangan tempat tinggal. Jika membuat izin baru untuk kepentingan kerja, maka pemberi jaminan adalah perusahaan tempat bekerja. Anda dapat meminta surat keterangan kerja kepada perusahaan.

Surat keterangan kerja mencakup posisi warga asing tersebut dalam sebuah perusahaan. Hal ini untuk menguatkan bahwa memang warga asing tertentu benar-benar bekerja di sebuah perusahaan di Indonesia. Sementara untuk KITAS yang digunakan untuk menikah, pemberi jaminan bagi warga asing adalah pasangan, baik istri maupun suami.

Semua surat rekomendasi tentunya dibubuhkan materi agar memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga jika suatu saat terjadi sebuah perkara atau permasalahan, tentu saja dapat diselesaikan melalui ranah hukum. Hal ini tentu penting dipahami oleh calon warga asing agar tidak terjadi permasalahan kelak di kemudian hari. 

Mengenai surat keterangan tempat tinggal juga penting dilampirkan sebagai dokumen. Hal ini menunjukkan bahwa warga asing tersebut memang sudah memiliki tempat tinggal yang pasti di Indonesia.


Baca juga: Investasi Properti untuk Mencapai Tujuan Keuangan Impian


Pentingnya Kartu Izin Tinggal atau KITAS

KITAS memang memiliki jangka waktu tertentu. Hal ini juga penting dipahami agar dapat mengurus dengan baik jika memang masa berlakunya sudah habis. Memiliki izin tinggal dalam waktu tertentu memang memiliki beragam keuntungan yang bisa diperoleh oleh orang non-Indonesia.

Mulai dari bukan Warga Negara Indonesia dapat mengajukan surat keterangan domisili. Hal ini tentunya sangat berguna sebagai dokumen untuk melakukan berbagai aktivitas. Anda tidak perlu takut akan diperiksa oleh petugas karena memang sudah memiliki dokumen tanda pengenal. Anda juga dapat mengajukan permohonan pembuatan lisensi mengemudi atau SIM. 

Memiliki SIM tentu sangat penting. Anda dapat berkendara dan menempuh perjalanan di wilayah Indonesia tanpa takut akan terkena tilang. Hal ini menunjukkan sangat penting memiliki KITAS. Adanya lisensi mengemudi juga membuat warga asing bebas berkendara dengan aman dan tidak akan takut menyalahi aturan hukum yang berlaku.

Memiliki surat izin untuk menetap dalam waktu tertentu juga membuat warga asing dapat mengurus administrasi untuk pembuatan rekening di bank lokal. Hal ini tentu saja sangat memudahkan. Anda dapat menyimpan aset yang dimiliki dalam bentuk tabungan. Selain itu juga mudah melakukan transaksi keuangan.

Berbagai kemudahan dapat diterima oleh warga asing yang tinggal di Indonesia. Hal tersebut juga menjadi bentuk jaminan perlindungan terhadap orang non-Indonesia. Warga tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan dengan baik di Indonesia tanpa mengesampingkan haknya. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat positif.

Warga asing bisa saja banyak yang akan mengajukan surat izin jika mendapatkan berbagai manfaat dan perlindungan hak sebagai manusia. Hal ini juga sesuai dengan aturan pemerintah Indonesia. Sehingga orang asing tidak perlu takut tinggal di Indonesia. Asalkan memenuhi segala aturan yang sudah ditetapkan, tentu saja mereka akan mendapatkan berbagai manfaat.


Baca juga: Mengenal KITAS dari Segi Pengertian dan Kegunaan


Mengenal Prosedur Pembatalan KITAS

Jika KITAS adalah prosedur untuk mengajukan izin tinggal sementara dengan jangka waktu tertentu, maka lain halnya dengan Exit Permit Only. Exit Permit Only adalah izin yang diberikan oleh pemerintah Indonesia jika tidak ingin lagi menetap di Indonesia. Misalnya dikarenakan kontrak kerja dengan perusahaan tertentu sudah habis, namun surat izin resmi masih berlaku. 

Langkah yang dapat dilakukan adalah mengajukan prosedur pembatalan. Prosedur dapat dilakukan di kantor imigrasi terkait. Sebenarnya jika Anda tidak melakukan prosedur pembatalan tersebut dan langsung memutuskan untuk kembali ke negara asal, sebenarnya bisa saja dilakukan. Namun jika Anda berencana kembali ke Indonesia, sangat berpotensi mendapatkan masalah administratif.

Exit Permit Only harus diajukan sebelum memutuskan meninggalkan Indonesia. Hal ini agar warga asing terkait tidak mengalami masalah yang berarti di kemudian hari. Anda dapat mencari berbagai informasi terkait perizinan tinggal di kantor imigrasi. 

Mencari informasi mengenai perizinan tinggal sangat diperlukan. Hal ini agar mendapatkan informasi yang jelas serta dapat melakukan prosedur untuk KITAS dengan baik agar tidak terjadi permasalahan serius di kemudian hari.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru