Gaya Hidup

Bisnis

Kumpulan 10 Orang Terkaya di Dunia

Paskalia-

02 Sep 2019

Kumpulan 10 Orang Terkaya di Dunia

Pernahkah terlintas di benak Anda tentang orang-orang yang memiliki harta kekayaan yang begitu banyak? Tentunya setiap orang bermimpi untuk jadi seperti mereka. Anda juga mungkin penasaran bagaimana caranya bisa menjadi seperti mereka.

Mereka dikenal memiliki bisnis yang besar dan cakupannya sudah mendunia. Untuk sampai di posisi itu tentu jalannya tidak mudah. Inilah daftar orang terkaya di dunia dan apa yang mereka lakukan hingga mampu mendapatkan predikat tersebut. 


1. Jeff Bezos

Jeff Preston Bezos selama bertahun-tahun berada di posisi pertama orang terkaya di dunia. Ia adalah pendiri perusahaan Amazon yang merupakan situs web e-commerce terbesar di dunia. Ia juga memiliki sebagian saham perusahaan tersebut.

Sahamnya sangat laris manis di bursa hingga mampu membuatnya mendapatkan kekayaan bersih sekitar USD165 miliar atau 2.500 triliun rupiah. Jumlah kekayaan yang tentunya sangat fantastis.

Bezos terlahir dari keluarga yang berasal dari Texas. Sejak kecil ia sudah memiliki bakat di bidang mekanik. Bahkan ia pernah melakukan percobaan untuk membongkar ranjang tidurnya sendiri ketika masih balita. 

Setelah memasuki usia muda, kecerdasannya semakin terlihat. Ia menjadikan garasi orang tuanya sebagai laboratorium untuk melakukan berbagai percobaan ilmiahnya. Bezos berhasil lulus dari jurusan teknik listrik dan ilmu komputer di Universitas Princeton yang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di dunia. Setelah itu ia tidak berdiam diri, di tahun 1994 ia mendirikan bisnisnya sendiri yang dinamai Amazon.

Pada saat itu orang terkaya di dunia ini membuat situs web untuk berjualan buku. Kantor pertamanya pun ia buka di garasi rumahnya sendiri. 

Anda semakin penasaran dengan kekayaan yang dimiliki Bezos, bukan? Persentase kekayaan terbesarnya berasal situs web Amazon yang pada tahun 1998 41% sahamnya adalah miliknya. Berikut ini adalah rekam jejak kekayaan Bezos:

  • Tahun 1999 (urutan terkaya di dunia peringkat 19, dengan harta sejumlah USD10,1 miliar).
  • Tahun 2000 (urutan terkaya di dunia peringkat 23, dengan harta sejumlah USD6 miliar).
  • Tahun 2001 (urutan terkaya di dunia peringkat 234, dengan harta sejumlah USD2 miliar).
  • Tahun 2002 (urutan terkaya di dunia peringkat 293, dengan harta sejumlah USD1,5 miliar).
  • Tahun 2003 (urutan terkaya di dunia peringkat 147, dengan harta sejumlah USD5 miliar).
  • Tahun 2004 (orang terkaya di dunia peringkat 82, dengan harta sejumlah USD1 miliar).
  • Tahun 2005 (orang terkaya di dunia peringkat 41, dengan harta sejumlah USD4,8 miliar).
  • Tahun 2006 (orang terkaya di dunia peringkat 147, dengan harta sejumlah USD3 miliar).
  • Tahun 2008 (urutan terkaya di dunia peringkat 1, dengan harta sejumlah USD165 miliar).


Baca juga: Ada 5 Jenis Gaya Kepemimpinan, Anda yang Mana?


2. Bill Gates

Orang terkaya di dunia selanjutnya adalah William Henry Gates atau yang lebih dikenal sebagai Bill Gates. Ia adalah pendiri Microsoft, perusahaan berbasis teknologi yang memproduksi software, dan berbagai macam lini usaha lainnya yang berhasil membuatnya sukses besar.

Bill Gates lahir dari keluarga yang berkecukupan. Di usia 11 tahun, oleh orangtuanya ia dimasukkan ke sekolah bergengsi bernama Lakeside School. Di sekolah inilah ia pertama kalinya belajar bahasa pemrograman yang nanti akan dipraktikannya secara langsung dalam membuat Operating System yang kita kenal dengan Windows. 

Bill Gates berhasil masuk Universitas Harvard. Namun, ia hanya belajar di sana selama beberapa semester karena menemukan lahan bisnis yang ingin ia kembangkan saat itu juga. Di sini ia sangat yakin sekali untuk membangun Operating System yang bisa membuat semua orang lebih mudah dalam mengoperasikan komputer. 

Keputusannya untuk fokus membangun Microsoft memang tepat karena pada akhirnya perusahaan itu berkembang pesat hingga saat ini. Namun, sebenarnya tak seindah yang orang-orang bayangkan. Ia pernah tercatat beberapa kali melakukan kesalahan dan mencoreng namanya pada bisnis software tersebut.

Pada tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengabdikan dirinya pada Yayasan sosial yang didirikan oleh dirinya sendiri. Yayasan itu bernama Bill and Melinda Gates Foundation yang memiliki fokus dalam hal kepedulian terhadap para penderita AIDS, serta program beasiswa untuk mahasiswa cerdas.

Penghasilannya dari Microsoft sangat fantastis. Ia bisa mendapatkan USD250 per detik atau setara dengan USD20 juta per hari dan USD7,8 miliar per tahun.


3. Warren Buffet

Orang terkaya di dunia berikutnya adalah Warren Buffet yang punya kekayaan sebesar USD88,3 miliar di tahun 2018. Ia adalah sosok investor yang berhasil kaya raya dari kegiatan berinvestasi jangka panjang yang dilakukannya. Bisa dikatakan ia berhasil memiliki perusahaan-perusahaan ternama di dunia bukan dengan cara mendirikannya dari nol, tapi dengan membeli saham-sahamnya.

Lahir dari keluarga pebisnis, Warren Buffet sudah mulai berinvestasi sejak masih remaja. Orang tuanya juga sangat mendukung berbagai macam kegiatan berbisnisnya dari masa kecil seperti berjualan di toko milik kakeknya, menjual bola golf, berjualan koran, dan kegiatan lain yang melahirkan bakat berbisnisnya. 


4. Bernard Arnault

Orang terkaya di dunia selanjutnya adalah Bernard Arnault yang pemimpin dari perusahaan produsen barang branded. Ia memiliki pendapatan 46,8 miliar euro pada 2018. Kekayaannya sekarang mencapai USD100,4 miliar. Barang-barang branded yang berada di bawah kepemimpinannya adalah Christian Dior dan Louis Vuitton.

Walaupun produknya hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu, tapi bisnisnya ini ternyata sangat laku keras. Belum lagi produk-produk mewah itu selalu mengeluarkan desain terbaru yang sangat ditunggu.


5. Carlos Slim Helu

Carlos adalah pengusaha asal Meksiko yang jadi orang terkaya di dunia selanjutnya. Ia adalah pemimpin perusahaan Telmex yang sangat terkenal di Amerika Utara sana. Berlokasi di Meksiko, perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan besar di mana para penduduk Meksiko mengandalkannya sebagai sumber mata pencaharian.


Baca juga: 12 Sifat yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses


6. Amancio Ortega

Jika kamu tahu toko fashion Zara, kamu juga perlu tahu sosok yang mendirikannya, yaitu Amancio Ortega. Ia memiliki kekayaan yang mencapai USD79,5 miliar. Melihat toko Zara yang cabangnya berada di seluruh dunia, tidak mengherankan ia berhasil mengumpulkan kekayaan sebanyak itu.

Amancio Ortega dikenal sebagai sosok yang sederhana dan senang berkumpul bersama karyawannya. Setiap hari, bersama karyawannya, ia akan mendatangi kedai kopi sambil bercakap-cakap. Ia juga seorang dermawan yang menyumbang hingga 20 juta euro ke sebuah badan amal kemanusiaan Katolik.


7. Larry Elison

Larry Ellison dikenal sebagai pendiri perusahaan Oracle, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang software database. Produknya ini digunakan di perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Tidak mengherankan jika kekayaannya mencapai USD22,5 miliar pada tahun 2009, yang tentu sekarang jauh lebih besar lagi.


8. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah sosok yang berada di balik kesuksesan Facebook selama ini. Sejak kecil ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Ini dibuktikan dengan keberhasilannya masuk ke Universitas Harvard. Di kampus inilah ia membuat Facebook, hingga akhirnya memutuskan keluar untuk fokus mendirikan Facebook.

Kekayaannya pun sekarang mencapai USD67,1 miliar. Ia adalah orang muda di daftar orang terkaya di dunia. Di umur yang masih muda ini, ia berhasil membuktikan bahwa kesuksesan juga bisa dimiliki oleh orang muda.


9. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah pemimpin perusahaan Bloomberg yang ternama itu. Kekayaannya mencapai USD53,9 miliar. Tidak hanya berbisnis, ia juga sangat pintar berpolitik sehingga terpilih menjadi walikota New York dari tahun 2002 sampai 2012. 

Bloomberg dikenal sebagai perusahaan media online terbaik di dunia. Selama memimpin perusahaannya itu, ia bersedia menanggung biaya pelatihan untuk pegawainya dan memberikan gaji yang layak pada mereka.

Ia juga masih sering menjadi pembicara di acara yang berkaitan dengan development dan bisnis.


10. Larry Page

Larry Page dikenal sebagai sosok di balik lahirnya Google bersama dengan rekannya Sergey Brin. Kekayaannya di tahun 2008 mencapai USD15,8 miliar. Hal itu pun membuat Larry Page masuk ke daftar orang terkaya di dunia. 

Seperti yang sudah Anda ketahui, Google awalnya dimulai dari mesin pencarian, sampai akhirnya melakukan ekspansi bisnis besar-besaran di konten media hingga penyedia software untuk ponsel pintar.


Baca juga: 5 Pebisnis Generasi Milenial Sukses di Indonesia


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru