Finansial

Macam-Macam Investasi Menarik yang Menghasilkan Cuan

Pretty Angelia Wuisan-

02 Nov 2021

Macam-Macam Investasi Menarik yang Menghasilkan Cuan

Macam-macam investasi yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan keuangan. Namun, sebelum memilih, Anda perlu memahaminya dengan baik. Memilih investasi yang tepat akan membuat Anda berhasil mendapatkan cuan.

Oleh sebab itu, di sini akan dijelaskan mengenai macam-macam instrumen investasi yang termasuk ke dalam investasi jangka panjang dan pendek.


Baca juga: Ingin Investasi Jangka Panjang Anda Sukses? Lakukan Strategi ini


Pengertian Investasi Berdasarkan Waktunya

Dari jangka waktu pelaksanaannya, investasi terbagi menjadi jangka panjang serta jangka pendek. Anda perlu memahami kedua jenis investasi ini karena akan berhubungan dengan tujuan Anda. Ini dia penjelasannya.

1. Investasi jangka panjang

Merupakan investasi yang biasanya membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun. Jadi, Anda baru bisa mengambil hasilnya setelah bertahun-tahun. Anda memang harus sabar menunggu, tapi biasanya return yang Anda raih pun akan tinggi dengan catatan investasi Anda berhasil.

Di investasi jangka panjang, Anda juga perlu menyalurkan modal besar karena akan memperoleh keuntungan besar juga. 

Investasi ini cocok untuk tujuan panjang Anda seperti persiapan untuk pensiun, persiapan untuk membeli rumah yang harganya selangit, dan lainnya.

Namun, untuk berinvestasi jangka panjang Anda harus menemukan instrumen yang tepat. Salah pilih akan membuat waktu menunggu yang Anda buat jadi percuma. Anda perlu melakukan analisis yang detail pada setiap instrumen yang menarik perhatian Anda.

2. Investasi jangka pendek

Investasi ini dilakukan di waktu yang cukup pendek. Biasanya antara 1 tahun hingga 3 tahun. Anda pun bisa meraih keuntungan dalam waktu lebih singkat dibandingkan investasi jangka panjang. Namun, tentunya investasi jangka panjang imbal hasilnya lebih tinggi dibandingkan yang jangka pendek.

Tidak masalah jika Anda memilih investasi jangka pendek untuk menambah aset. Investasi jangka pendek ini bisa Anda gunakan untuk tujuan apa saja, yang bisa Anda penuhi dalam waktu yang cenderung singkat.

Untuk memulai investasi di waktu yang pendek ini, Anda bisa melakukannya dari modal minim. 


Macam-macam Investasi untuk Anda

Anda sudah tahu macam-macam investasi berdasarkan waktunya. Sekarang, Anda perlu memahami masing-masing instrumen investasi jangka panjang serta jangka pendek. Begini penjelasannya.

1. Investasi jangka panjang

a. Investasi saham

Investasi jangka panjang yang mendatangkan keuntungan besar adalah investasi saham. Bertransaksi saham hanya bisa dipraktikkan di pasar modal.

Nanti Anda bisa meraih keuntungan dalam bentuk dividen, serta capital gain. Keduanya sama-sama punya potensi imbal hasil yang besar.

Untuk return yang tinggi, Anda perlu berani untuk menyalurkan modal yang sepadan. Namun, tentunya harus melakukan seleksi saham secara ketat terlebih dulu supaya menemukan yang tepat.

b. Investasi emas

Anda juga bisa memilih investasi emas batangan untuk investasi yang menghasilkan cuan menarik. Investasi logam mulia ini juga potensi keuntungannya besar karena kecenderungan harga emas yang naik. 

Emas juga dikatakan sebagai instrumen yang tahan menghadapi krisis. Hal ini terlihat dari kecenderungan harga emas naik di saat dunia mengalami krisis yang cukup parah.

Anda bisa membeli emas dengan cara dicicil di lembaga keuangan yang menyediakan produk tabungan emas, seperti di Pegadaian.

c. Investasi properti

Investasi satu ini juga bisa menguntungkan ketika Anda menjalankannya dengan tepat. Hal itu karena harganya yang juga selalu naik, seiring dengan kebutuhan manusia terhadap rumah yang kian besar. Anda bisa menjualnya kembali dengan harga tinggi.

Untuk memperoleh pemasukan pasif, Anda juga bisa menyewakan properti. Anda pun bisa jadi mendapatkan pemasukan rutin. Anda bisa membangun kos dan ruko yang bisa disewakan pada orang lain.

Namun, Anda perlu ingat bahwa rumah akan terlihat bagus jika mendapatkan perawatan rutin. Untuk itu, Anda wajib menyediakan dana khusus perawatan rumah.

2. Investasi jangka pendek

a. P2P lending

Macam-macam investasi jangka pendek yang perlu Anda ketahui adalah P2P lending. Ada dua kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, yaitu mengajukan pinjaman dan mendanai usaha yang membutuhkan pinjaman.

Kegiatan mendanai inilah yang akan mendatangkan return untuk Anda. Anda perlu memilih UMKM yang menurut Anda punya prospek yang baik ke depannya. Nanti pemilik UMKM itu akan mengembalikan dana yang Anda pinjamkan ditambah dengan bunga. 

Jangka waktu penerimaan imbal hasil sesuai dengan tenor yang dipilih pelaku usaha yang sudah disetujui juga oleh Anda.

Untuk mendanai di P2P lending aman bebas dari investasi bodong, Anda wajib memilih P2P lending yang berpredikat legal.  

b. Deposito berjangka

Macam-macam investasi untuk jangka pendek adalah produk yang ditawarkan oleh bank ini. Deposito berjangka bisa dibilang sebagai investasi yang mudah dilakukan dan minim risiko juga. 

Suku bunga yang diberikan untuk nasabah pun termasuk tinggi dibandingkan dari tabungan biasa, yaitu mencapai 4% hingga 5% setiap tahunnya. Tidak mengherankan deposito berjangka masih dipilih sebagai alternatif untuk investasi jangka pendek.

Namun, Anda perlu punya komitmen yang tinggi sebelum memutuskan membuka rekening deposito berjangka. 

Alasannya karena dalam jangka waktu yang Anda pilih di awal, Anda tidak diperkenankan mengambil seluruh atau sebagian dana yang disimpan di deposito tersebut. Apabila Anda bersikeras untuk mengambilnya ada denda yang perlu dibayar dan Anda juga tidak akan meraih bunga.

Anda juga perlu memilih bank terbaik untuk menyimpan uang di macam-macam investasi ini. Pilih bank yang pelayanannya bagus dan sudah terbiasa menyimpan dengan baik modal dari nasabahnya.

c. Obligasi ritel

Obligasi ritel merupakan jenis obligasi yang bisa Anda pilih untuk investasi dalam jangka pendek. Dinamakan ritel karena harganya yang cenderung murah dan ditawarkan kepada masyarakat luas.

Obligasi Ritel Indonesia adalah contohnya. Obligasi yang disebut juga dengan ORI ini diterbitkan secara langsung oleh pemerintah. Anda bisa meraih kupon mulai dari 5% per tahunnya. Kemudian, pengembaliannya juga akan dilakukan teratur, yaitu setiap bulan.

Pemerintah menerbitkan ORI dengan tujuan untuk mengisi defisit APBN dan untuk pembangunan demi memajukan Indonesia. Anda yang membeli obligasi ini pun jadi turut serta membantu negara memenuhi kebutuhannya.

d. Reksa dana

Macam-macam investasi menarik lainnya adalah reksa dana. Instrumen ini bisa menjadi investasi jangka panjang dan pendek, tergantung dari jenis reksa dana yang Anda pilih.

Untuk jangka pendek, Anda bisa mengandalkan reksa dana pasar uang yang menghasilkan keuntungan dalam waktu cepat dan paling rendah risikonya. Di reksa dana jenis ini, modal Anda akan disebar di efek-efek yang tersedia di pasar uang seperti deposito. 

Untuk memberikan keleluasaan pada Anda, modal Anda akan diurus manajer investasi yang sudah ahli dalam pekerjaannya. Jadi, pastikan Anda memilih manajer investasi dengan jejak kerja yang bagus alias tidak pernah tersandung kasus seperti penggelapan modal nasabah.


Baca juga: Jenis Investasi yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga


Demikian macam-macam investasi menarik yang dilihat dari jangka waktu pelaksanaannya. Masing-masing instrumen tersebut punya keuntungan dan risiko yang perlu Anda pelajari. Yang penting adalah Anda mempelajarinya terlebih dulu supaya kegiatan investasi berjalan sesuai yang Anda rencanakan.


Mau Pendanaan yang Aman dan Menguntungkan? Ke P2P Lending Modal Rakyat Saja! 

Anda yang ingin meraih keuntungan dengan potensi bunga 18% untuk per tahunnya, bisa dengan cara mendanai UMKM yang membutuhkan dana di Modal Rakyat.

Dengan Rp25.000, Anda sudah bisa membantu para pelaku UMKM mencapai tujuannya. Seluruh UMKM yang mengajukan pinjaman sudah melewati proses yang ketat. 

Jangan lupa gunakan kode BLOG25 saat akan top up saldo, nanti Anda akan memperoleh saldo gratis Rp25.000 dari Modal Rakyat



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru