Finansial

Manfaat Fintech P2P Lending adalah, Lender, Yuk Cari Tahu

Pretty Angelia Wuisan-

21 Oct 2021

Manfaat Fintech P2P Lending adalah, Lender, Yuk Cari Tahu

Fintech P2P lending adalah platform jasa keuangan yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan pengajuan pinjaman dan mendanai pinjaman untuk meraih imbal hasil yang menarik. Mereka yang mendanai pinjaman disebut sebagai lender.

Menjadi lender itu menarik lho karena Anda berpotensi meraih imbal hasil setiap tahunnya. Platform P2P lending bisa menjadi perusahaan fintech yang tepat untuk Anda yang menyetorkan dana ke suatu usaha dengan aman. Di sini dijelaskan apa saja manfaat menjadi lender di peer-to-peer (P2P) lending. 


Baca juga: Kriteria P2P Lending OJK yang Terdaftar dan Berizin


Meraih Imbal Hasil Menarik

Untuk lender, manfaat fintech P2P lending adalah Anda bisa meraih imbal hasil menjanjikan setiap tahunnya. Potensi keuntungan yang bisa diraih adalah 20%. Besaran bunga ini tentu lebih tinggi jika dibandingkan simpanan deposito.

Imbal hasil ini akan didapatkan bersamaan dengan pinjaman pokok yang sebelumnya sudah Anda setorkan pada pihak peminjam. 


Sebagai Diversifikasi Investasi

Salah satu manfaat fintech P2P lending adalah Anda bisa menjadikan fintech lending sebagai instrumen untuk diversifikasi. 

Seperti yang sudah Anda tahu, P2P lending memiliki dua kegiatan yang ditawarkan pada Anda, yaitu mengajukan pinjaman dan mendanai pinjaman yang masuk. 

Layanan pinjam P2P lending dikhususkan untuk kebutuhan konsumtif atau usaha, jadi Anda bisa menjadi pendana untuk dua produk itu.

Anda bisa mendanai lebih dari satu pinjaman yang menurut Anda menarik dan dapat mengembalikan dana sesuai ekspektasi Anda. Dengan menyebar modal di beberapa pinjaman, Anda bisa mengurangi risiko yang ada.

Selain itu, mendanai P2P lending juga bisa dilakukan bersamaan dengan investasi lainnya. Misalnya, investasi emas, deposito, saham, dan lainnya. Anda tinggal memilih lembaga keuangan terbaik yang membantu Anda untuk melakukan berbagai macam investasi itu.


Tempat Investasi yang Aman

Mendanai di P2P lending mudah karena dilakukan secara online. Namun, Anda perlu tahu manfaat fintech P2P lending adalah akan Anda raih apabila Anda memenuhi syarat tertentu.

Salah satunya adalah dengan mendanai di platform P2P lending yang legalitasnya sudah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). P2P lending legal ini tidak akan menjebak Anda pada investasi bodong.

Untuk memilih P2P lending yang aman, Anda wajib menggunakan aplikasi P2P lending legal. Tidak sulit untuk menemukan aplikasi tersebut. Sebagai informasi, Anda bisa mencari P2P lending legal melalui situs web resmi milik OJK.


Bisa Dimulai dari Modal Kecil

Manfaat fintech P2P lending adalah Anda dapat mulai mendanai dari modal kecil. P2P lending Modal Rakyat membolehkan pendana menyetorkan modal pertama Rp25.000 saja.

Untuk Anda yang masih ingin mencoba untuk mendanai di P2P lending, tidak masalah memulainya dari modal kecil. Apabila Anda merasa cocok dengan sistemnya, Anda bisa saja menambah modal di kemudian hari.

Keuntungan yang Anda dapatkan akan bergantung pada besarnya modal yang disetorkan.


Membantu Perkembangan UMKM Indonesia

UMKM merupakan penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Usaha kecil itu mampu menghasilkan lapangan kerja yang dibutuhkan masyarakat. Usaha ini juga tidak hanya berada di pusat, tapi lebih banyak berlokasi di daerah.

Penyebarannya memang cukup luas dan menjadi andalan orang-orang daerah untuk mendapatkan penghasilan. UMKM memang tidak boleh diremehkan.

Anda bisa menjadi pendana untuk pinjaman konsumtif dan pinjaman untuk UMKM. Tidak hanya membantu mereka yang memerlukan bantuan, Anda juga secara langsung bisa membantu perkembangan UMKM Indonesia.

Alasannya karena pelaku usaha kecil memang sering mengalami kesulitan meraih modal untuk mengembangkan bisnis. Namun, berkat keberadaan P2P lending, masalah ini berangsur membaik.


Tenor yang tersedia fleksibel

P2P lending umumnya memiliki tenor pinjaman untuk jangka pendek. Untuk pinjaman produktif rata-rata tenornya adalah 3 tahun.

Jika Anda ingin meraih pengembalian dana lebih cepat, Anda bisa mendanai pinjaman konsumtif yang tenornya ada yang minimal 7 hari, hingga 30 hari. 


Ada proteksi asuransi untuk lender

Manfaat fintech P2P lending adalah pendana juga bisa mengamankan dana yang disetorkannya dengan asuransi. Hal ini khusus untuk pendana yang mengeluarkan modal besar. Biasanya sebelum mulai mendanai, pihak P2P lending akan menawarkan Anda opsi asuransi. 

Apabila peminjam dana mengalami kebangkrutan usaha dan akhirnya gagal bayar, Anda tetap bisa mendapatkan dana kembali. Anda tidak perlu mencemaskan hal itu.



Baca juga: Mau Jadi Pendana di P2P Lending? Ini Syaratnya


Manfaat fintech P2P lending adalah cukup banyak bagi lender. Tidak mengherankan apabila P2P lending menjadi platform yang bagus untuk menyalurkan modal. Jangan lupa juga memilih P2P lending legal untuk kegiatan mendanai yang lebih aman dan terjamin.  


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru