Finansial

Gaya Hidup

Daftar 7 Orang Terkaya di Indonesia [Update 2021]

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Jul 2021

Daftar 7 Orang Terkaya di Indonesia [Update 2021]

Setiap tahun, publik selalu menantikan daftar nama-nama orang terkaya di Indonesia. Mereka biasanya didominasi oleh para pengusaha kelas kakap yang telah malang melintang dalam dunia bisnis nasional maupun internasional. 

Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat yaitu Forbes setiap tahunnya merilis daftar orang terkaya sedunia. Penasaran siapa saja miliarder asal Indonesia? Berikut ini nama 7 orang dengan harta terbanyak di Indonesia. 


Baca juga: Yuk, Intip Daftar Orang Terkaya di Asia [Update 2021]


Robert Budi Hartono

Dalam dunia bisnis, Budi Hartono bukanlah nama yang asing. Ia kerap menduduki posisi sebagai orang dengan kekayaan tertinggi di Indonesia. Kekayaannya banyak berasal dari kepemilikan saham Bank BCA. 

Ini sesuai dengan informasi sumber kekayaan menurut majalah Forbes. Dimana Budi Hartono dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang terkaya dunia. Tepatnya ia menempati peringkat ke-86.

Jumlah kekayaan orang terkaya di Indonesia tersebut mencapai US$ 20,5 miliar. Jumlah tersebut setara dengan Rp292 triliun. Selain kepemilikan saham Bank BCA, sumber harta Budi Hartono juga berasal dari beberapa sektor bisnis lain.

Budi Hartono juga merupakan salah satu tokoh kunci perusahaan rokok raksasa dalam negeri yaitu PT Djarum. Djarum sendiri memiliki banyak anak usaha mulai dari elektronik, e-commerce, perkebunan sawit, media, dan sebagainya. 

Jumlah kekayaan Budi Hartono kenyataannya mengalami peningkatan mencapai US$ 6,9 miliar di tengah situasi pandemi Covid-19. Hal ini tentu sangat berseberangan dengan kondisi ekonomi mayoritas masyarakat secara umum.


Michael Bambang Hartono

Berada pada posisi kedua ialah Michael Bambang Hartono. Bambang Hartono tidak lain merupakan saudara kandung dari Budi Hartono. Maka tidak heran jika keduanya merupakan duet miliarder paling tajir di negeri ini. 

Bersama dengan Budi Hartono, Bambang Hartono juga menjadi tokoh kunci atas kesuksesan PT Djarum sepeninggal sang ayah, Oei Wie Gwan. Sama seperti sang kakak, kekayaan Bambang Hartono sebagiannya berasal dari investasi saham Bank BCA.

Orang terkaya di Indonesia nomor dua tersebut juga masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Ia menempati peringkat ke-89. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Bambang Hartono sebesar US$ 19,7 miliar.

Jika dikonversikan ke rupiah, maka angka tersebut setara dengan 280 triliun rupiah. Tidak berbeda dari saudaranya, jumlah harta Bambang Hartono pada tahun ini juga mengalami peningkatan dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Penambahan tersebut dilansir mencapai US$ 6,7 miliar. Hartono bersaudara telah menempati posisi sebagai orang dengan kekayaan tertinggi di Indonesia selama lebih dari sepuluh tahun berturut-turut.


Baca juga: Pensiun Dini dengan Investasi Jangka Panjang? Bisa Dong!


Sri Prakash Lohia

Orang terkaya di Indonesia pada posisi ketiga ditempati oleh Sri Prakash Lohia. Pria kelahiran Kolkata, India tersebut mulai pindah ke Indonesia sejak tahun 1973. Sehingga kini status kependudukannya ialah Warga Negara Indonesia.

Bersama sang ayah, Sri Prakash Lohia membangun perusahaan produsen benang pintal bernama Indorama Synthetics. Nilai kekayaan Sri Prakash Lohia pada tahun 2021 mencapai US$ 6,5 miliar. 

Nilai tersebut dalam mata uang rupiah setara dengan Rp92,6 triliun. Miliarder berusia 68 tahun tersebut memperoleh kekayaannya dari bisnis yakni produksi PET atau polyethylene terephtalate. Selain itu juga berbisnis petrokimia.


Prajogo Pangestu

Orang terkaya di Indonesia berikutnya ialah Prajogo Pangestu. Ia merupakan pebisnis pada bidang perkayuan. Kekayaannya sebenarnya tidak berbeda dari Sri Prakash Lohia. Yakni sebenar US$ 6,5 miliar atau setara dengan Rp92,6 triliun.

Di tengah situasi pandemi, kekayaannya justru meningkat secara cukup signifikan, yaitu sebesar US$ 3,5 miliar. Prajogo Pangestu ialah pendiri perusahaan Pacific Lumber yang bergerak pada bidang perkayuan.

Sejak tahun 2007, Pacific Lumber telah berganti nama menjadi PT Barito Pacific Tbk. Bisnis serta kekayaannya semakin bertambah sejak Chandra Asri bergabung pada 2011 silam dengan Tri Polyta Indonesia.


Baca juga: 5 Prinsip Hidup Orang Tionghoa Sehingga Cepat Kaya!


Chairul Tanjung

Peringkat kelima daftar orang terkaya di Indonesia dipegang oleh Chairul Tanjung. Kisah hidupnya pernah diangkat dalam sebuah buku biografi berjudul “Chairul Tanjung, si Anak Singkong”. Sehingga namanya populer jadi Anak Singkong.

Terlahir dari keluarga yang kekurangan secara ekonomi, Chairul Tanjung telah menjalani berbagai macam bisnis sejak bersekolah. Kini, Chairul Tanjung menjadi pimpinan CT Corp yang membawahi banyak anak usaha. 

Usaha yang dijalankannya antara lain di bidang perbankan, retail, hingga stasiun TV swasta. Kekayaannya mencapai US$ 4,8 miliar atau setara dengan Rp68,4 triliun. Ia menempati urutan ke-589 dalam daftar orang terkaya di dunia.


Tahir & Family

Urutan keenam dalam daftar orang terkaya di Indonesia ditempati oleh keluarga Tahir. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Forbes, jumlah kekayaan keluarga Tahir tahun 2021 yaitu sebesar US$ 3,3 miliar.

Dalam rupiah, kekayaan tersebut setara dengan Rp47 triliun. Bisnis yang dikelola oleh keluarga Tahir antara lain perbankan, properti, hingga kesehatan. Jika Anda mengenal Bank Mayapada, maka ia lah pendirinya. 

Di samping itu, keluarga Tahir juga memiliki aset berupa properti di Singapura. Berbeda dari kelima miliarder sebelumnya, kekayaan keluarga Tahir pada periode ini mengalami penurunan sehingga peringkatnya turun. 


Baca juga: Rahasia Bocor! Ini Cara Menjadi Orang Kaya


Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Orang terkaya di Indonesia tahun 2021 pada peringkat ke-7 yaitu Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Ia merupakan seorang pengusaha yang menggeluti bidang bisnis media serta teknologi.

Pada tahun 1983, Eddy mendirikan sebuah perusahaan di bidang distribusi komputer yaitu Emtek. Sepanjang 2020, nilai kekayaan Eddy mengalami peningkatan signifikan. Hal itu tidak lepas dari harga saham perusahaannya (EMTK) yang naik drastis. 

Menurut laporan Forbes, Eddy memiliki kekayaan hingga US$ 3 miliar. Jika dikonversikan ke rupiah, maka nilainya setara dengan Rp42,7 triliun.

Memperoleh kekayaan melimpah tentu tidak bisa dicapai dalam satu atau dua tahun. Mereka telah mengalami naik turun dan pahit manis dunia bisnis sehingga bisa menjadi jajaran orang terkaya di Indonesia.


Mendanai UMKM Indonesia untuk Wujudkan Inklusi Keuangan

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru