Bisnis

Payment Gateway Buat Bisnis Anda Lebih Mudah, Apa itu?

Brigitta Winasis-

18 Aug 2021

Payment Gateway Buat Bisnis Anda Lebih Mudah, Apa itu?

Payment gateway merupakan fitur yang diciptakan untuk memberi kemudahan transaksi online. Banyak bank yang sudah menyediakan layanan canggih dan praktis ini bagi nasabahnya, seperti BCA Virtual Account.

Selain itu, banyak situs belanja online yang sudah menggunakan sarana pembayaran yang lebih mudah untuk penjual maupun pembeli. Tujuannya adalah meningkatkan transaksi online di e-Commerce.

Berikut pengertian payment gateway, cara kerja, manfaat, serta contohnya.


Baca juga: 8 Ide Usaha Sampingan Online Mudah untuk Mahasiswa


Pengertian Payment Gateway

Payment gateway adalah metode untuk membayar yang disediakan e-Commerce. Situs atau aplikasi e-Commerce tersebut memberi otorisasi untuk menggunakan kartu kredit. Tujuannya agar klien dapat membayar secara langsung dalam transaksi elektronik.

Payment gateway dapat memperlancar urusan bisnis antara pemilik usaha dengan klien. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari transfer bank, virtual account, kartu kredit, e-wallet, atau melalui minimarket.


Sistem Keamanan

Transaksi menggunakan payment gateway setidaknya melibatkan tiga pihak, yaitu pembeli, penjual, dan bank. Maka dari itu, sistem keamanan data adalah hal yang penting.

Namun payment gateway sudah menyediakan sistem keamanan yang sangat ketat. Berikut penjelasannya.

1. Address Verification System

Detail tagihan pelanggan akan dicek ulang dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah didaftarkan. Pengguna tidak perlu khawatir akan terjadi salah tagih.

2. Card Security Code

Tiga angka terakhir pada kartu debit atau kredit diperlukan untuk memproses transaksi.

3. 3D Secure Password

Dalam melakukan transaksi online, pengguna diminta memasukkan kata sandi.


Sejarah Pengembangan Payment Gateway

Perkembangan teknologi yang masif menyentuh segala bidang dan lapisan hidup manusia, termasuk dalam hal bisnis. Teknologi ada karena manusia ingin mempermudah hidupnya. Begitu pula teknologi payment gateway.

Dapat Anda lihat saat ini belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Orang tidak perlu lagi mendatangi toko fisik. Situs e-Commerce bermunculan di mana-mana dan saling bersaing memperebutkan pelanggan.

Mulai dari memberikan diskon dan promosi menarik, hingga mengadakan kompetisi sebagai bagian dari marketing mereka. Bagaimana mungkin masyarakat tidak tertarik? Apalagi berbelanja online lebih praktis dalam praktiknya.

Pelanggan hanya perlu berpindah dari satu situs ke situs lainnya atau bahkan ke toko online lain dalam satu klik. Berbeda halnya jika mendatangi toko fisik yang lebih memakan tenaga.

Ditambah lagi barang yang ditawarkan di toko online semakin variatif. Barang-barang yang sulit ditemui di tempat belanja konvensional, dapat ditemukan secara online.

Selanjutnya, tidak hanya toko-toko besar yang memiliki toko online. Banyak bisnis UMKM atau usaha individu yang mulai terjun ke bisnis online.

Saat Anda membuka bisnis online sendiri, Anda tentu akan memikirkan bagaimana metode pembayarannya nanti. Di sinilah payment gateway mulai berkembang.

Istilah ini mungkin kurang begitu akrab di telinga masyarakat pada sepuluh tahun lalu. Namun saat ini payment gateway sangat penting, seiring dengan masifnya pertumbuhan bisnis online dari tahun ke tahun.


Baca juga: Memaksimalkan Modal dengan Membuat Website Bisnis E-Commerce


Cara Kerja Payment Gateway

Seperti disinggung sebelumnya, payment gateway memproses izin kartu kredit untuk melakukan transfer bank. Layanan ini membantu kedua belah pihak karena dilakukan secara real-time. Biasanya yang dikirimkan ke rekening berupa uang tunai, walaupun ada juga yang memanfaatkan mata uang digital seperti Bitcoin.

Contoh cara kerjanya yaitu pembeli yang sudah memasukkan informasi kartu kreditnya ingin menyelesaikan pemesanan. Rincian pembayaran dikirim ke payment gateway untuk dikunci, lalu dikirim lagi untuk proses acquiring dan issuing bank.

Acquiring bank artinya menarik uang dalam jumlah yang sudah ditentukan. Sementara itu issuing bank berarti memberi izin untuk membayar.

Saat bank sudah memberikan izin untuk membayar, transaksi akan berlanjut ke proses berikutnya. Namun jika ditolak, transaksi akan dibatalkan.

Walaupun kesannya rumit, sebenarnya proses ini hanya membutuhkan beberapa detik saja. Berikut langkah-langkah pembayaran menggunakan payment gateway.

a. Pembeli memilih barang yang diinginkan lalu melakukan proses checkout.

b. Toko online lalu mengirim rincian transaksi ke penyedia jasa payment gateway. Setelah pembeli membayar dan transaksi berhasil, dana tersebut akan dilanjutkan ke institusi keuangan terkait.

c. Transaksi akan diproses oleh pihak bank. Bank juga berhak menolak apabila ditemukan kesalahan pembayaran atau ada data yang keliru.

d. Penyedia jasa payment gateway akan memberi pesan kepada toko online apakah transaksi tersebut gagal atau berhasil.

e. Terakhir, bank menerima dana dari pembelian lalu diteruskan ke penjual di toko online.


Manfaat Payment Gateway

Kedua belah pihak, antara pembeli dan penjual, sama-sama diuntungkan dengan adanya sistem pembayaran seperti ini. Berikut penjelasannya.

1. Metode Pembayaran Lebih Beragam

Payment gateway dapat memberikan keragaman metode pembayaran. Pelanggan semakin dimudahkan jika hendak berbelanja online karena ada banyak pilihan sesuai kondisi keuangan serta keinginan mereka.

Berbeda halnya jika penjual hanya menyediakan satu metode pembayaran, misalnya satu rekening bank saja. Padahal pembeli Anda mungkin tidak menggunakan bank tersebut sehingga akan terkena biaya transfer antarbank. Hal ini tentunya menjadi sangat merepotkan.

Payment gateway dapat mengatasi hal semacam itu. Pembeli dapat memilih hendak memakai kartu kredit, membayar di minimarket, atau COD, dan lain-lain.

2. Instalasi Mudah

Memasang fitur payment gateway di toko online Anda tidak sulit. Anda dapat memanfaatkan sejumlah fitur yang sudah ada situs seperti Midtrans WooCommerce.

Selain itu, jika Anda memiliki toko online di marketplace, umumnya secara otomatis marketplace sudah menyediakan fitur payment gateway tersebut. Menariknya fitur ini tersedia 24/7, sehingga pembelian dapat dilakukan kapan pun.

3. Proses Transaksi Lebih Cepat

Dengan menggunakan fitur ini, proses transaksi akan lebih cepat karena seluruhnya sudah dijalankan secara otomatis. Tanpa fitur ini, segala rincian transaksi dan pengecekannya harus dilakukan secara manual.

Banyak waktu akan tersita untuk satu transaksi saja. Bagaimana seandainya toko online Anda sangat ramai, sehingga banyak transaksi terjadi dalam satu hari? Hal ini tentu akan memakan tenaga Anda dan pegawai.

Namun kendala itu bisa diselesaikan dengan menggunakan sistem payment gateway. Anda bisa fokus pada penjualan saja.

4. Transaksi Lebih Aman

Melalui payment gateway, transaksi yang dilakukan akan lebih aman. Penyedia jasa payment gateway sudah memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Mereka dapat mengecek ratusan transaksi secara cepat dan mencegah kemungkinan transaksi fiktif atau fraud detection.

Berbeda halnya jika sistem pembayaran dan pengecekan dilakukan secara manual. Anda harus memeriksa setiap transaksinya. Kemungkinan adanya transaksi fiktif juga dapat terjadi.

5. Jangkauan Luas

Anda yang masih menggunakan sistem pembayaran manual akan kesulitan mengembangkan pasar yang lebih luas. Dengan mengandalkan payment gateway, Anda bisa menjangkau pasar hingga mancanegara.

6. Transaksi Unlimited

Tidak ada batasan berapa banyaknya transaksi yang dapat ditangani sistem payment gateway. Artinya toko online Anda dapat menerima banyak pelanggan dan transaksi dapat terus berjalan secara mudah.


Contoh Payment Gateway

Berikut ini sejumlah contoh payment gateway di Indonesia. Simak penjelasannya.

Doku

Salah satu penyedia jasa payment gateway di Indonesia adalah Doku. Ia sudah bekerja sama dengan berbagai platform bisnis di Tanah Air. Misalnya Garuda Indonesia, RajaKarcis, Java Jazz Production, AirAsia, dan masih banyak lagi.

Finpay

Finpay sudah berdiri sejak lima tahun lalu. Finpay juga bekerja sama dengan berbagai platform, seperti bank, penyedia kartu kredit, situs e-Commerce, dan lain-lain.

Midtrans

Payment gateway ini menerima pembayaran yang beragam. Mulai dari kartu kredit, kartu debit, transfer bank, BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, T-Cash, XL Tunai, maupun minimarket yang sudah terintegrasi.


Kembangkan Bisnis Anda dengan Dana Tambahan dari Modal Rakyat

Anda membutuhkan dana tambahan untuk bisnis Anda? Anda bisa mendapatkannya di P2P lending Modal Rakyat. Apa saja keunggulannya?

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru