Finansial

12 Platform Investasi Terbaik untuk Aset Emas hingga Kripto

Amry Nur Hidayat-

01 Jul 2022

12 Platform Investasi Terbaik untuk Aset Emas hingga Kripto

Pengelolaan uang kini semakin mudah untuk dilakukan. Berbagai platform investasi telah menawarkan berbagai kemudahan, sehingga dapat dipahami oleh investor pemula. Berbagai platform tersebut bahkan dapat dipasang di smartphone dan diakses kapan saja. 


Apa itu Platform Investasi?

Investment platform atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan platform investasi adalah layanan digital yang memungkinkan pemilik dana untuk melakukan perdagangan ann aset. Seorang investor dapat menggunakan platform investasi tertentu untuk menjual, membeli, atau menahan aset secara langsung tanpa perantara.

Ada beberapa platform investasi terpercaya yang dapat digunakan di Indonesia. Setiap platform umumnya menawarkan instrumen atau komoditas investasi digital yang berbeda. Mulai dari crypto, emas, reksadana, hingga alternatif pengelolaan uang P2P Lending dapat diakses secara online melalui aplikasi di smartphone


Platform Alternatif Investasi P2P Lending 

Salah satu bentuk pengelolaan uang yang kini sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah pendanaan melalui P2P Lending. P2P Lending atau peer-to-peer lending adalah jasa keuangan yang mempertemukan pihak penerima dana dan pihak yang memiliki modal. Kedua belah pihak tersebut akan saling bantu membantu dalam hal pertukaran modal. 

Setidaknya ada dua karakteristik platform P2P Lending yang perlu Anda pahami, yaitu P2P Lending produktif dan P2P Lending konsumtif. Karakteristik ini akan membawa perbedaan pada tujuan peminjaman modal, sistem kerjasama dan bunga, tenor atau waktu pinjaman, risiko, serta keuntungan bagi pemilik modal maupun peminjam modal. 

Sebuah platform P2P Lending produktif akan meminjamkan modal untuk pengusaha yang menghasilkan profit, menerapkan bunga bulanan atau tahunan terjangkau, dan risiko terukur. Sementara itu, platform P2P Lending konsumtif adalah platform yang memberikan pinjaman kepada pihak yang menggunakannya untuk kebutuhan hidup, menerapkan bunga harian, dan tidak memberi jaminan tertentu. 

Salah satu platform P2P Lending yang termasuk produktif adalah Modal Rakyat. Modal Rakyat menyalurkan modal dari berbagai pihak penyedia dana (termasuk Anda) kepada para pelaku usaha kelas UMKM. Dengan begitu, dana yang Anda serahkan akan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha berprofit pasti. 

Sebagai pendana di Modal Rakyat, Anda akan memperoleh imbal untung sebesar 18% dari jumlah modal yang diserahkan.

Ketahui lebih banyak mengenai pendanaan di Modal Rakyat melalui link berikut: menjadi perdana di Modal Rakyat.


Apakah Platform Modal Rakyat Terdaftar di OJK?

Modal Rakyat sebagai platform peer-to-peer lending terpercaya di Indonesia telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. Hal itu membuat transaksi yang Anda lakukan menjadi lebih aman dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. 

Selain itu, Modal Rakyat juga bekerja sama dengan banyak pihak yang telah memiliki kredibilitas baik. Mulai dari berbagai bank, asuransi, dan dompet digital telah menjadi mitra dan asosiasi Modal Rakyat yang membuat keamanan pendana atau peminjam menjadi lebih kuat. 

 

Baca Juga: Permudah Hidupmu dengan 6 Aplikasi Perencana Keuangan ini


Platform untuk Investasi Emas 

Anda dapat melakukan investasi emas tanpa jumlah minimum menggunakan platform atau aplikasi smartphone. Hal itu berbeda dengan apabila Anda membeli emas secara fisik. Beberapa platform yang kerap digunakan untuk investasi emas adalah:


1. Pluang

Platform ini telah berlisensi Bappebti dan keamanannya dijamin oleh KBI. Aplikasi ini mengklaim bahwa menerapkan bid ask spread hanya 1,75%. Hal itu membuat Anda dapat memiliki aset emas walaupun dengan modal yang kecil. 


2. E-mas

Aplikasi platform emas menjadi salah satu dari tiga platform investasi online komoditas emas yang paling banyak digunakan, terutama selama pandemi 2020. 


3. Pegadaian Digital

Pegadaian Indonesia memang tidak bisa dilepaskan dari pengelolaan uang dalam bentuk emas. Perusahaan BUMN ini merupakan salah satu pelopor dari tabungan emas. Untuk membuka tabungan emas, Anda membutuhkan modal setidaknya Rp50.000. 


Platform untuk Investasi Reksa Dana 

Reksadana menjadi salah satu instrumen yang cukup populer bagi investor karena memiliki risiko yang relatif lebih rendah ketimbang beberapa instrumen investasi yang lainnya. Beberapa platform yang dapat digunakan untuk investasi reksadana adalah: 


1. Bareksa

Bareksa adalah faktor investasi reksadana yang telah memiliki lisensi legal dari OJK sebagai penjual reksadana pada tahun 2016. Platform ini menyediakan robo-advisor yang akan mendampingi dalam melakukan perdagangan aset. 


2. Bibit

Bibit muncul sebagai aplikasi smartphone yang yang sangat mudah dipahami oleh pemula untuk berinvestasi reksadana. Beberapa fitur yang unggul dari platform ini adalah tidak mengenakan biaya transaksi dan menyediakan metode syariah. 


3. Bukareksa

Bukareksa adalah hasil kerjasama dari Bareksa dan Bukalapak. Keamanan yang dimiliki Bareksa dipadukan dengan interface yang dimiliki oleh Bukalapak. Dengan begitu, perdagangan aset reksadana dapat dilakukan seperti belanja online


Platform untuk Investasi Saham 

Meskipun memiliki risiko yang relatif lebih tinggi, saham menjadi salah satu instrumen yang populer di kalangan anak muda karena memiliki nilai sosial tersendiri. Ada banyak platform yang dapat digunakan untuk investasi saham, di antaranya adalah: 


1. BCAS BEST Mobile

Platform investasi ini merupakan platform yang dikembangkan oleh PT BCA Sekuritas. Keunggulan utamanya adalah dapat melakukan transaksi perdagangan secara cepat menggunakan fitur quick order


2. Stockbit

Aplikasi investasi saham ini dilengkapi dengan touch ID untuk menjaga keamanannya. Selain itu, dari sisi pengalaman, pengguna dapat masuk ke dalam komunitas online yang membahas tentang pergerakan saham. Dengan begitu, Anda dapat belajar banyak selain hanya melakukan transaksi perdagangan saham. 


3. Indo Premier Online Technology

IPOT menjadi salah satu perusahaan sekuritas yang mudah dipahami. Hal itu yang membuat IPOT menjadi platform investasi saham yang banyak dipilih oleh pemula dan menjadi salah satu yang populer di Indonesia. 


Baca Juga: 6 Investasi Online, Cara Kerja, Keuntungan, dan Risikonya


Platform untuk Investasi Cryptocurrency 

Uang digital menjadi aset non komoditas yang kini sedang banyak penggemar. Hal itu karena peningkatannya tinggi di luar dugaan. Beberapa platform aman yang dapat digunakan untuk investasi crypto adalah:


1. Indodax

Indodax menjadi platform perdagangan aset kripto yang pertama hadir di Indonesia. Dengan dilengkapi fitur chat dan dapat dipasang di berbagai sistem operasi, platform ini dapat tersambung dengan beberapa perangkat sekaligus. 


2. Toko Crypto

Dibandingkan Indodax, aplikasi Toko Crypto menerapkan biaya transaksi cukup rendah. Meskipun begitu, aplikasi yang dapat dipasang di Android ini masih belum mendukung untuk top up melalui credit card.  


3. Luno 

Berbeda dari dua contoh sebelumnya, Luno adalah aplikasi exchange aset kripto yang berasal dari Inggris. Masuk ke Indonesia sejak 2014, Luno telah menarik minat banyak orang karena menawarkan minimum deposit yang hanya sejumlah Rp50.000. 


Apa Saja yang Termasuk Investasi Jangka Pendek?

Sebuah instrumen pengelolaan uang dapat dikategorikan sebagai investasi jangka pendek apabila aset bisa dicairkan dalam waktu di bawah 3 tahun dan umumnya setelah 1 tahun. Ada beberapa investasi jangka pendek yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, misalnya deposito dan reksadana. Selain itu,  alternatif pengelolaan uang jangka pendek yang sedang digemari adalah peer-to-peer lending.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru