Finansial

Bisnis

Contoh Pusat Investasi dan Perbedaan dengan Pusat Laba

Pretty Angelia Wuisan-

10 Jun 2022

Contoh Pusat Investasi dan Perbedaan dengan Pusat Laba

Pusat investasi adalah salah satu unit yang ada di perusahaan. Divisi ini punya urusan penting yang menyangkut pengembangan modal perusahaan. Anda yang ingin mendirikan bisnis, harus paham tentang pengertian dan contoh pusat investasi.

Tidak sulit untuk memahami pusat investasi. Ini dia penjelasan tentang pusat investasi dan contohnya untuk Anda ketahui.


Baca juga: Manajer Keuangan: Pengertian, Tugas, dan Kualifikasi


Apa itu Pusat investasi dan Contohnya?

Pusat investasi atau bisa juga disebut sebagai investment center adalah divisi dari suatu perusahaan yang bertugas untuk menilai kinerja para pemimpin divisi atau manajer yang dilihat dari perolehan laba yang berhubungan dengan investasi perusahaan.

Di sini rasio laba yang diterima perusahaan menjadi penilaian untuk manajer masing-masing divisi.

Contoh pusat investasi bisa Anda temukan di berbagai perusahaan. Caranya adalah dengan membandingkan laba dengan aktiva yang dipakai untuk menghasilkan laba bersih tersebut.

Misalnya, seorang manajer menemukan bahwa mesin produksi perusahaan mengalami kerusakan. Setelah mempertimbangkan akhirnya membeli yang baru dibandingkan menyewa karena harga jadi lebih murah untuk kepentingan jangka panjang perusahaan. Kasus tersebut adalah salah satu contoh pusat investasi.

Dalam memberikan penilaian laba, pusat investasi biasanya menggunakan berbagai ketentuan berikut ini:

  • ROI atau laba atas investasi: Rumus ini digunakan untuk mengetahui berapa banyak pengembalian yang diterima perusahaan yang menginvestasikan asetnya. Rumus yang biasa digunakan adalah pendapatan sebelum pajak dan bunga dibagi dengan modal yang dikeluarkan.
  • RI atau penghasilan residual: Rumus ini biasanya digunakan untuk mengetahui maksimal atau tidaknya penggunaan aset. Cara untuk mengetahuinya adalah laba operasional yang dikurangi dengan berbagai macam biaya.
  • EVA atau economic value added: Rumus ini hampir sama dengan RI, tapi bedanya laba operasional di sini sudah dikurangi dengan pajak. Jadi, rumusnya adalah laba operasi setelah pajak yang dikurangi dengan biaya operasional.


Apa saja yang Menjadi Tujuan dari Pusat Investasi?

Dalam mengerjakan tugasnya, pusat investasi memiliki tujuan untuk perusahaan sebagai berikut.

  • Memberikan informasi penting untuk penggunaan aset secara efektif
  • Menilai kinerja unit pada perusahaan

1. Memberikan informasi penting untuk penggunaan aset secara efektif

Pusat investasi punya tujuan untuk memberikan informasi pada manajer perusahaan dalam menggunakan aset yang efektif bagi perusahaan. Penggunaan aset sudah seharusnya dilakukan secara maksimal demi mendatangkan keuntungan jangka panjang. 

Perusahaan pun jadi tidak membuang aset secara sia-sia atau mendiamkannya saja padahal punya potensi bagus.

2. Menilai kinerja unit pada perusahaan

Tujuan pusat investasi lainnya adalah untuk menilai kinerja perusahaan apakah maksimal atau tidak dalam memanfaatkan aset yang dimiliki perusahaan. Penilaian kinerja ini akan disampaikan sesuai dengan periode laporan pertanggung jawaban.

Dari penilaian kinerja masing-masing manajer bisa memaksimalkan kinerja dari divisinya di periode ke depan. Hal ini akan menjadi cara terbaik bagi divisi perusahaan meningkatkan kinerjanya.


Apa yang Membedakan Antara Pusat Laba dan Pusat Investasi?

Pusat investasi adalah unit perusahaan yang membantu perusahaan meraih laba dari aktivitas penggunaan aktiva atau aset yang dimilikinya. Sedangkan pusat laba adalah unit perusahaan yang membantu perusahaan meraih laba dari modal yang sudah dialokasikan padanya tanpa mengulik bagian investasi karena sudah jadi tugas pusat investasi.

Intinya pusat investasi lebih mengedepankan penggunaan aset dalam meraih laba, sedangkan pusat laba lebih mengedepankan modal atau uang yang dapat dihitung secara jelas.

Kedua pusat yang ada di perusahaan ini sama-sama punya tujuan mendatangkan keuntungan jadi akan dimaksimalkan keberadaannya. Apalagi jika perusahaan punya banyak aset dan modal yang cukup untuk terus berinovasi. Dibutuhkan unit khusus yang mengelola kedua hal itu.


Baca juga: Pengertian Rumus ROI Beserta Fungsinya bagi Pebisnis


Kesimpulan

Itu dia contoh pusat investasi yang bisa Anda pahami dan perbedaannya dengan pusat laba. Keduanya diandalkan oleh perusahaan demi bisa memaksimalkan perolehan laba dan memanfaatkan aktiva yang dimiliki oleh perusahaan secara efisien. Kira-kira, apa contoh pusat investasi yang ada di kantor Anda?


Kembangkan Aset anda Dengan Alternatif Investasi Peer-to-Peer Lending Modal Rakyat

Bagi Anda yang hendak mengembangkan aset, tidak perlu khawatir akan kekurangan waktu maupun keterampilan dalam berinvestasi. Mengembangkan aset melalui alternatif investasi peer-to-peer lending di Modal Rakyat Anda membuat semua menjadi mudah. Cukup dengan Rp500.000, Anda bisa memberikan pendanaan kepada UMKM dengan imbal hasil hingga 18% per tahun! Hanya perlu 5 menit untuk membuat pendanaan. Keamanan pun tak perlu dikhawatirkan karena Modal Rakyat sudah berizin resmi dari OJK. Segera daftar menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru