Bisnis

Finansial

Manajer Keuangan: Pengertian, Tugas, dan Kualifikasi

Pretty Angelia Wuisan-

24 Feb 2022

Manajer Keuangan: Pengertian, Tugas, dan Kualifikasi

Manajer keuangan adalah posisi krusial dalam sebuah perusahaan. Tugas dan tanggung jawab manajer keuangan berpengaruh besar terhadap jalannya bisnis perusahaan. Anda sebagai pemilik bisnis perlu mempekerjakan individu berpengalaman mumpuni untuk posisi tersebut.

Untuk lebih mengenalnya dengan baik, ini penjelasan tentang hal-hal terkait manajer bidang keuangan.


Baca juga: Administrasi Keuangan: Tujuan, Fungsi, dan Tugasnya


Apa yang Dimaksud dengan Manager Keuangan?

Manajer keuangan adalah individu yang mengatur manajemen keuangan, membuat strategi, membuat keputusan, dan mengaplikasikannya sesuai tujuan perusahaan. Tujuan manager keuangan memimpin divisi keuangan dan membuat laporan langsung pada direktur perusahaan.

Bidang keuangan adalah hal yang berpengaruh besar pada perusahaan karena menyangkut pendapatan perusahaan untuk digunakan di berbagai kegiatan bisnis. Tanpa adanya uang, perusahaan tidak akan mampu mengeksekusi seluruh rencana bisnisnya.

Pengelolaan keuangan perusahaan harus diatur secara cermat dan manager keuangan yang diberikan tanggung jawab untuk hal itu.


Apa Tugas Manajer Keuangan?

Manager keuangan punya berbagai tugas yang berkaitan dengan fungsi keuangan dalam perusahaan. Ini penjelasannya.

  • Menyusun perencanaan keuangan umum perusahaan
  • Bekerja sama dengan manajer dari divisi lainnya
  • Menjalankan kebutuhan keuangan perusahaan secara efisien
  • Mengambil keputusan terkait investasi perusahaan
  • Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan
  • Memajukan kondisi keuangan perusahaan

1. Menyusun perencanaan keuangan umum perusahaan

Manajer keuangan bertugas menyusun perencanaan keuangan untuk operasional perusahaan yang berlaku di satu periode akuntansi. Perencanaan keuangan disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas perusahaan dalam satu periode itu. 

2. Bekerja sama dengan manajer dari divisi lainnya

Manager keuangan perlu bekerja sama dengan manajer lainnya untuk menyusun perencanaan keuangan sesuai kebutuhan. Masing-masing divisi pasti punya budget tersendiri.

Selain itu, harus bekerja sama juga di hal-hal lain terkait dengan proyek perusahaan. Bisa dikatakan manager keuangan sering melakukan meeting bersama manager lain.

3. Menjalankan kebutuhan keuangan perusahaan secara efisien

Salah satu tujuan manager keuangan yang menyusun perencanaan keuangan adalah agar uang perusahaan digunakan secara efisien. Sepanjang eksekusi operasional perusahaan, manager keuangan akan memastikan uang yang disediakan digunakan sesuai rencana.

Jika diperlukan uang tambahan, manager keuangan tidak akan langsung memberikan uang tersebut, tapi dikaji dulu dengan cermat sebelum pengambilan keputusan.

4. Mengambil keputusan terkait investasi perusahaan

Perusahaan sering melakukan investasi ke suatu instrumen atau bekerja sama dengan perusahaan lain demi memperoleh profit. Pengambilan keputusan investasi dilakukan oleh manager keuangan yang mampu menilai apakah investasi itu bagus untuk masa depan perusahaan atau tidak.

5. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan

Manajer keuangan juga bertanggung jawab menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan untuk memperoleh lebih banyak dana.

Pasar keuangan menjadi tempat untuk transaksi surat-surat berharga. Manager keuangan biasanya tahu memilih instrumen pasar uang terbaik untuk perusahaan.

6. Memajukan kondisi keuangan perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan harus senantiasa sehat, dan terus berkembang yang menandakan kemajuan perusahaan. Tugas untuk menjaga dan mengembangkan kondisi keuangan perusahaan ada di tangan manager keuangan.


Apa Tanggung Jawab Manajer Keuangan?

Tanggung jawab manager bidang keuangan ada banyak dan menyangkut kesuksesan perusahaan. Ini dia penjelasannya.

  • Merencanakan dan mengatur anggaran keuangan perusahaan
  • Menyusun laporan keuangan sesuai pedoman akuntansi
  • Memastikan transaksi keuangan berjalan tertib
  • Mengelola pajak perusahaan dengan benar
  • Mengontrol arus kas perusahaan

1. Merencanakan dan mengatur anggaran keuangan perusahaan

Manager keuangan bertugas mengontrol penggunaan dana perusahaan secara keseluruhan dengan kerja sama bersama divisi lain. Pengontrolan dilakukan agar dana yang tersedia cukup dan tidak memerlukan tambahan dana.

2. Menyusun laporan keuangan sesuai pedoman akuntansi

Dibantu oleh para akuntan, manager keuangan membuat laporan keuangan sesuai kaidah akuntansi yang berlaku di Indonesia. Laporan keuangan dibuat untuk satu periode dan akan diperbarui di setiap tahunnya.

3. Memastikan transaksi keuangan berjalan tertib

Manager keuangan juga bertanggung jawab untuk memastikan transaksi keuangan berjalan lancar dan tertib, tidak ada keterlambatan transaksi, dan tidak ada terjadi pencurian uang yang merugikan perusahaan.

4. Mengelola pajak perusahaan dengan benar

Salah satu tanggung jawab manajer keuangan adalah mengelola pajak perusahaan sesuai dengan aturan dari pemerintah. Pajak usaha harus dibayarkan secara tepat dan dicatat sesuai dengan formatnya.

5. Mengontrol arus kas perusahaan

Manager keuangan juga bertanggung jawab menjaga fungsi keuangan jangka pendek, seperti arus kas yang berputar dengan lancar dan pembayaran utang yang tepat waktu. Keberadaan arus kas berpengaruh besar terhadap jalannya operasional perusahaan.


Berapa Gaji Manager Keuangan?

Gaji manager keuangan termasuk tinggi karena tanggung jawabnya besar. Di Indonesia, gajinya mulai dari Rp10 juta hingga Rp16 juta per bulan. Itu pun belum termasuk bonus.

Anda ingin jadi manager keuangan? Anda dapat memulainya dengan menjadi akuntan junior terlebih dulu. Ketika Anda konsisten mengejar karir di bidang itu dan pengalaman sudah banyak, Anda pun akan mampu mendapatkan posisinya.


Kualifikasi Manajer Keuangan

Tidak sembarangan orang yang mampu menjadi manajer keuangan karena diperlukan pengalaman yang banyak dan kualifikasi tertentu. Ini dia kualifikasi yang mesti dimiliki manager keuangan.

  • Minimal lulusan S1 bidang keuangan
  • Pengalaman di bidang keuangan minimal 2 tahun
  • Umurnya 30 tahun hingga 40 tahun
  • Mampu memimpin sebuah tim

1. Minimal lulusan S1 bidang keuangan

Manager keuangan diharuskan memiliki latar belakang pendidikan sesuai di bidangnya. Minimal S1 di jurusan yang berkaitan dengan keuangan. 

Dari pendidikan itu, manager keuangan biasanya memiliki ilmu keuangan yang cukup luas dan kritis ketika menghadapi masalah keuangan di perusahaan.

2. Pengalaman di bidang keuangan minimal 2 tahun

Untuk menjadi manager keuangan, diperlukan pengalaman di bidang keuangan minimal 2 tahun. Tidak dipungkiri pengalaman menjadi hal yang membuat seseorang semakin ahli dan tahu apa yang dikerjakannya.

3. Umurnya 30 tahun hingga 40 tahun

Manager keuangan di Indonesia rata-rata umurnya minimal 30 tahun sampai 40 tahun. Di usia tersebut seseorang dianggap memiliki pengalaman yang cukup dan yang paling penting adalah punya kecerdasan emosional yang baik.

4. Mampu memimpin sebuah tim

Manager keuangan harus mampu menjadi pemimpin yang diandalkan oleh tim. Hanya beberapa orang yang bisa mencapai posisi ini saking sulitnya menjadi seorang pemimpin.


Baca juga: Mengenal Peran Penting Manajemen Keuangan dalam Bisnis


Kesimpulan

Itulah segala informasi yang berkaitan dengan manajer keuangan. Untuk mencapai posisi ini memang tidak mudah karena membutuhkan waktu, pengalaman, dan ilmu yang mumpuni. Namun, semuanya bisa diusahakan asalkan niat Anda kuat.


Raih Pinjaman Mudah untuk Mengembangkan Usaha Kecil melalui Modal Rakyat

Anda yang ingin membangun usaha jadi lebih besar, bisa menerima pendanaan di P2P lending Modal Rakyat.

Modal Rakyat menyediakan pinjaman khusus usaha bagi pelaku UMKM yang membutuhkannya. Proses pinjaman termasuk mudah karena semuanya melalui online.

Pelaku usaha bisa meminjam dari Rp500 ribu sampai paling banyak Rp2 miliar. Besaran bunga yang jadi pembayaran tambahan besarannya kompetitif.

P2P lending Modal Rakyat terjamin keamanannya karena sudah memperoleh izin legal OJK. Anda pun bisa mempercayai Modal Rakyat sebagai mitra untuk membantu Anda mewujudkan keinginan.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru