Finansial

Bisnis

Tips Meminjam Online di Fintech Terpercaya Dijamin Aman

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Mar 2021

Tips Meminjam Online di Fintech Terpercaya Dijamin Aman

Keberadaan fintech (financial technology) berbagai jenis memang cukup penting lantaran telah terbukti memberikan manfaat besar bagi perekonomian masyarakat umumnya nasional. Efektivitas setiap layanannya memberikan dampak positif salah satunya mudahnya transaksi pinjam-meminjam secara online, sehingga Anda dapat melakukannya secara cepat tanpa harus keluar rumah. 

Sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya ada beberapa hal penting harus diperhatikan guna memberikan rasa aman serta nyaman. Apalagi kini banyak sekali bermunculan penyedia layanan keuangan dengan penawaran menguntungkan namun, ternyata itu hanyalah modus belaka. Di mana Anda berisiko menjadi korban penipuan dengan kemungkinan kerugian besar. 


Baca juga: Berbagai Jenis Receivable Financing atau Pembiayaan Piutang


Pastikan Memilih Aplikasi Pinjaman Online di Situs Resmi Terpercaya

Aktivitas pinjam-meminjam memang sejak dulu tidak dapat terpisahkan dari masyarakat. Sulitnya mendapat lapangan pekerjaan mengharuskan banyak orang banting setir membangun usaha meski skala kecil. Hanya saja proses tersebut membutuhkan dana lumayan besar. Ketika menunggu modal terkumpul tentu akan berisiko cukup besar. 

Meminjam dana secara online tentu tidak lepas dari peran aplikasi sebagai media transaksinya. Hampir pasti semua transaksi dilakukan secara online atau tanpa bertatap muka langsung. Maka dari itu, guna mendapatkan rasa aman serta nyaman pastikan melakukannya di aplikasi resmi milik fintech lending terpercaya. 

Ada beberapa cara memastikan penyedia layanan keuangan tersebut terpercaya atau tidak dengan melihat rekam jejak serta reputasinya. Cara termudah adalah dengan melihat status serta review penyedia layanan keuangan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui website. Semua informasi dapat diperoleh dengan mudah di website tersebut agar tidak salah pilih. 

Perhatikan juga secara teliti setiap informasi peer-to-peer lending  tersedia. Jangan sampai lantaran tergiur keuntungan berlipat lantas mengabaikan informasi lain lebih penting. Seperti halnya informasi mengenai keberadaan kantor, aturan transaksi, hingga metode pembayarannya. Memang informasi tersebut cenderung dasar tapi berpengaruh besar. 

Apabila Anda mendapat penawaran menggiurkan pastikan hal tersebut bukanlah isapan jempol semata. Serta pastikan juga apakah masuk akal atau tidak mengingat modus penipuan seringkali sulit dinalar. Jika memang belum terlalu yakin ada baiknya tanyakan terlebih dahulu pada pengguna sebelumnya guna memastikan kebenarannya. 

Perhatikan juga prosedur peminjamannya apakah relatif aman atau tidak. Jika dirasa kurang aman sebaiknya jangan diteruskan apalagi bagi seorang pemula. Beberapa modus penipuan fintech ilegal adalah memberikan layanan prosedur mudah namun kurang jelas bagaimana alurnya hingga diragukan keamanannya. Maka dari itu, cek setiap informasinya.


Baca juga: Alasan Pengajuan Pinjaman Online Bunga Kecil Anda Ditolak


Jangan Tergiur Oleh Penawaran Bunga Rendah Tidak Masuk Akal

Kondisi di mana banyak orang tidak ada pilihan lain selain meminjam dana menjadikan satu-satunya cara tepat. Apalagi meminjam di bank konvensional terlalu berisiko lantaran prosesnya lama serta besaran dana terbatas. Maka kini semakin dimudahkan dengan hadirnya P2P Lending terpercaya yang mampu membantu memperoleh dana cepat. 

Seperti telah disinggung sebelumnya jika kini banyak sekali penyedia layanan keuangan palsu dengan melancarkan modus penipuan beragam. Kecerdasan Anda menerima setiap informasi hingga bijaksananya mengelola dana pinjaman menjadi kunci suksesnya memanfaatkan uang tersebut. Tentu dengan harapan dapat dipergunakan semestinya sesuai kebutuhan. 

Salah satu modus penipuan paling umum adalah menawarkan pinjaman dengan bunga rendah. Bahkan besaran bunganya terbilang tidak masuk akal melebihi fintech umumnya. Meski dalam kondisi terdesak lantaran membutuhkan modal jangan sampai membuat Anda gelap mata. Cek serta pastikan apakah itu hanya sekedar modus penipuan atau bukan.  

Tidak dapat dipungkiri jika setiap orang menginginkan pinjaman bunga rendah ditambah proses pencairan cepat. Namun, ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan serta dipatuhi. Ada kalanya Anda harus tahu besaran bunga umumnya diterapkan. Umumnya masing-masing layanan fintech mematok besaran bunga tidak lebih rendah atau tinggi sesuai regulasi. 

Lagi-lagi kecermatan Anda menerima setiap informasi wajib diperhatikan. Serta disesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan Anda ketika nantinya mengembalikan. Tips paling penting ada baiknya Anda mencatat besaran uang yang dipinjam serta hitung cicilan yang nantinya dibayar. Setidaknya itu menjadi penghitungan awal agar tahu seberapa mampu Anda membayar. 

Paling penting jangan lakukan transaksi apa saja diluar ketentuan yang ada. Bisa jadi itu adalah kedok penipuan yang dilancarkan financial technology palsu guna mengelabui Anda. Jika masih ragu pelajari terlebih dahulu prosedur peminjaman, besar bunga, jatuh tempo pengembalian serta informasi lain secara detail.


Baca juga: Cara Jitu Pinjaman Modal Usaha Cepat Disetujui


Bayar Uang Tepat Waktu Sesuai Kesepakatan Awal

Tips Aman selanjutnya adalah pastikan Anda membayar tagihan dengan jumlah serta waktu sesuai dengan kesepakatan. Tepat waktu tidaknya Anda membayar pada dasarnya berpengaruh pada tingkat kepercayaan fintech nantinya ketika meminjam kembali. Ketika Anda selalu tepat waktu besar kemungkinan bakal mudah tatkala meminjam kembali. 

Selain itu, ada baiknya juga siapkan uang pengembalian dari sisa gajian atau profit penjualan. Lantaran terlalu fokus pada pengembangan usaha bukan berarti Anda lupa guna mengembalikan dana pinjaman tersebut tepat waktu. Pastikan selalu mencatat tanggal tempo waktu Anda harus membayar cicilan pinjaman. 

Apabila kesulitan jika harus mencicil tiap bulannya, ada beberapa fintech yang justru memberikan kebebasan membayar dengan tenggat waktu panjang. Misalkan saja metode pengembalian sekali bayar tanpa keharusan mencicil. Cara tersebut cukup efektif dipilih bagi Anda yang memang ingin fokus memaksimalkan dana tanpa terlalu pusing memikirkan tagihan. 

Meski begitu, terlebih dahulu Anda memastikan di mana akan meminjam. Apabila dilakukan secara online maka unduh terlebih dahulu aplikasi yang akan digunakan. Pastikan memilih aplikasi milik penyedia layanan keuangan terpercaya serta telah terbukti mampu berikan bantuan dana dengan cepat namun, prosedur tidak terlalu ribet. 

Serta satu lagi apabila Anda menemukan kejanggalan ketika transaksi pinjam-meminjam ada baiknya jangan diteruskan. Atau dapat juga melaporkan kepada pihak terkait. Tujuannya tentu guna menghindarkan Anda dari modus penipuan dengan risiko kerugian besar. Bijaksanalah melihat situasi yang ada guna tentukan pilihan agar tidak salah memilih fintech. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru