Bisnis

Gaya Hidup

Wirausahawan adalah: Karakteristik dan Tips Suksesnya

Pretty Angelia Wuisan-

02 Jun 2021

Wirausahawan adalah: Karakteristik dan Tips Suksesnya

Wirausahawan adalah profesi yang saat ini dilakukan oleh banyak orang. Mereka menyadari bahwa menjadi wirausahawan memiliki beberapa kelebihan bagi mereka yang tidak begitu senang dengan aturan yang kaku. Mereka juga adalah sosok yang senang mengeksekusi ide-ide mereka menjadi kenyataan.

Istilah wirausahawan tidak bisa dipisahkan dari wirausaha. Keduanya memang berhubungan, tapi tentu masing-masing memiliki pengertian tersendiri. Oleh karena itu, di artikel ini Anda akan lebih mengetahui tentang wirausahawan, jenis wirausaha, ciri-ciri wirausahawan dan cara untuk menjadi wirausahawan itu seperti apa.


Baca juga: Tips Jitu Agar Cash Flow dalam Bisnis Selalu Stabil


Mengenal wirausahawan dan wirausaha

Tadi sudah disebutkan bahwa wirausahawan dan wirausaha itu tidak bisa dipisahkan. Sedangkan, wirausahawan adalah seseorang yang menjalankan kegiatan wirausaha. Sedangkan wirausaha sendiri dikenal sebagai kegiatan untuk menawarkan barang dan jasa kepada konsumen atau pembeli demi mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Jadi, Anda yang berwirausaha disebut dengan wirausahawan. Untuk lebih jelasnya,  wirausahawan artinya mereka yang mendirikan usaha sendiri dan menjalankannya seorang diri atau mempekerjakan orang lain. 

Menjadi wirausahawan adalah impian banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Jumlah wirausahawan Indonesia saat ini sedang bertumbuh. Anda bisa melihatnya dari jumlah UMKM di Indonesia yang sudah mencapai sekitar lebih dari 60 juta UMKM.


Jenis dari Wirausaha

Pada umumnya, jenis wirausaha atau bisnis ini ada tiga. Namun, bisa saja berkembang seiring waktu mengingat zaman yang semakin berkembang. Untuk sekarang, inilah jenis dari wirausaha tersebut.


1. Usaha ritel

Usaha ini mudah kita temukan di sekitar kita karena usaha ini juga sering diandalkan. Memulai usaha ritel akan menguntungkan buat Anda. Walaupun ada krisis sekalipun, usaha ini masih akan tetap dicari konsumen. Contohnya adalah usaha penyedia sembako, usaha minimarket, dan lainnya.


2. Usaha industri kreatif

Usaha industri kreatif ini sedang tren di Indonesia. Menyatukan antara bisnis, kreativitas, dan inovasi tiada henti. Usaha ini sering dihubungkan dengan seni, tapi sebenarnya usaha ini lebih luas dari itu. Dengan usaha ini, creator bisa mendapatkan bayaran yang layak.

Untuk lebih mudah memahaminya, usaha yang bergerak di bidang film, musik, game, desain, kuliner dengan menu-menu unik, dan yang lainnya masuk ke dalam jenis usaha ini.


3. Usaha rintisan

Usaha rintisan atau dikenal juga sebagai startup juga sedang tren di Indonesia. Usaha ini mengandalkan teknologi sebagai penggerak utamanya. Anda yang mendirikan usaha ini harus memiliki ide yang menarik dan membuat proposal yang bagus untuk para investor.

Perusahaan rintisan mendapatkan dana dari para investor yang tertarik dengan program-program yang dijalankannya. Contoh dari perusahaan rintisan adalah Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan masih banyak lagi.


Ciri Khas yang Dimiliki oleh Wirausahawan

Menjadi wirausahawan sukses itu tidak mudah. Oleh karena itu, bisa dikatakan tidak semua orang bisa menjadi seorang wirausahawan. Hanya orang-orang yang memiliki kriteria di bawah ini yang mampu menjadi wirausahawan.


1. Memiliki ide yang kreatif

Barang dan jasa yang dijual oleh wirausahawan datang dari ide kreatifnya. Ia mampu menghasilkan barang dan jasa yang menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Di luar sana banyak sekali barang dan jasa yang bentuk dan fungsinya mirip, tapi seorang wirausahawan berhasil membuat usahanya itu jadi beda sehingga mampu menarik pelanggan.


2. Memiliki jiwa pemimpin

Seorang wirausahawan dikenal dengan jiwa kepemimpinannya. Ia memiliki kharisma yang baik sehingga untuk mengatur SDM adalah hal yang mudah baginya. Ia juga mampu memotivasi para anak buahnya untuk terus bersemangat dalam bekerja.

Ia juga punya tanggung jawab. Ketika ada masalah di bisnisnya, ia yang maju ke depan untuk mencarikan solusi. Tidak semua orang punya jiwa seperti ini.


3. Memiliki inisiatif yang tinggi

Seorang wirausahawan itu punya inisiatif yang tinggi. Ia yang memiliki bisnis, jadi segala perintah pertama muncul darinya. Ia tidak menunggu ide datang sendiri. Ia akan terus mencari ide itu sampai menemukan yang bagus dan pas untuk diterapkan dalam bisnis.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang membuat keputusan secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, ia  adalah sosok yang dapat diandalkan.


4. Berani keluar dari zona nyaman

Seorang wirausahawan biasanya berani menerima tantangan dengan keluar dari zona nyaman. Misalnya, ia sudah berhasil mendirikan satu lini bisnis, kemudian ia bisa saja membuka bisnis lain untuk melakukan diversifikasi dalam bisnis. Jadi, ia akan memegang dua bisnis sekaligus. Hal ini dilakukannya agar keuntungan yang didapat semakin besar.


5. Pantang menyerah

Wirausahawan adalah mereka yang punya sifat pantang menyerah. Berbisnis itu tidak mudah, banyak sekali tantangannya. Risikonya juga besar, yaitu Anda bisa mengalami kerugian dan akhirnya bangkrut.

Namun, seorang wirausahawan tidak menyerah akan hal itu. Ketika mengalami kerugian dan bangkrut, mereka akan segera berusaha menyelesaikannya. Lalu, mencoba mendirikan usahanya lagi dari bawah.


Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan


Cara Menjadi Seorang Wirausahawan

Menjadi seorang wirausahawan harus diusahakan. Jika tidak segera dimulai, Anda tidak tahu apakah Anda cocok menjadi wirausahawan atau tidak. Seperti ini adalah tahapan untuk menjadi wirausahawan.


1. Memiliki modal yang cukup

Modal adalah kunci utama Anda dalam mendirikan usaha. Tanpa modal, ide usaha Anda hanya akan menjadi ide kosong. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan modal yang cukup untuk membuat bisnis Anda menjadi kenyataan.


2. Melakukan perencanaan usaha secara matang

Sebelum mengeksekusi, Anda perlu melakukan perencanaan usaha atau bisnis secara matang. Mulai dari barang dan jasa apa yang ingin Anda tawarkan, target pasar Anda seperti apa, promosi seperti apa yang ingin digunakan, lokasinya harus di mana, dan berbagai rencana yang terkait dengan bisnis Anda itu.

Anda perlu mengetiknya dengan rapi sebagai tanda awal dari ide usaha itu. Dokumen ini nantinya juga dapat digunakan untuk menggaet investor.


3. Melakukan eksekusi usaha secara terencana

Setelah itu, Anda bisa mengeksekusi rencana Anda secara nyata. Lakukan dengan perlahan, pasang target yang tidak terlalu muluk dulu. Dari sana Anda akan mendapatkan banyak pelajaran darinya. 

Anda bisa mengalami dua hal, yaitu kerugian dan keuntungan. Di sini Anda perlu lapang dada dalam menerima hasilnya karena menjadi wirausahawan untuk yang pertama kali itu memang membutuhkan banyak adaptasi.


4. Mempekerjakan orang yang ahli atau kompeten

Dalam menjalankan bisnis atau usaha, terkadang Anda tidak bisa melakukannya sendirian. Anda bisa merekrut orang lain yang kompeten. Orang tersebut tentu harus memiliki keahlian yang Anda butuhkan. Intinya Anda perlu menyeleksi sesuai dengan yang Anda cari.

 

5. Tidak ragu melakukan evaluasi secara rutin

Evaluasi rutin adalah senjata Anda untuk menemukan masalah, lalu mencari solusinya. Dalam bisnis, evaluasi ini adalah sebuah keharusan karena dengan begitu Anda bisa membuat bisnis Anda jadi lebih baik.


Sukses Berwirausaha dengan Bantuan dari Modal Rakyat

Anda seorang pelaku UMKM yang sedang merintis usaha bisa mengandalkan P2P Lending Modal Rakyat untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan. Modal Rakyat akan membantu Anda menemukan investor yang bersedia memberikan Anda pinjaman. Pengajuan pinjaman sangat mudah karena dilakukan secara online.

Jumlah nominal pengajuan pinjaman bisa dimulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 miliar. Anda tidak perlu ragu menggunakan jasa kami karena Modal Rakyat kini sudah berizin resmi dari OJK. Lakukan pengajuan pinjaman melalui halaman berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru