Finansial

10 Tips Menabung Uang agar Cepat Terkumpul

Paskalia-

24 Jun 2019

10 Tips Menabung Uang agar Cepat Terkumpul

Menabung yang baik tentu saja memiliki berbagai cara. Bahkan, setiap orang memiliki tips menabung sendiri-sendiri yang dapat disarankan ke orang lain. Salah satu kunci yang harus dimiliki agar usaha menabungnya sukses adalah kedisiplinan.

Setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk menabung. Tentu Anda tahu bahwa menabung adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan oleh siapa saja. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar uang cepat terkumpul? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 10 tips menabung yang bisa diterapkan.


Baca juga: 7 Langkah Capai Financial Freedom ala Tony Robbins


1. Tentukan Tujuan Menabung

Pastikan Anda menetapkan tujuan yang jelas sebelum memulai untuk mengumpulkan uang. Tujuan yang jelas membantu Anda untuk tetap termotivasi untuk menabung. Tanpa memiliki tujuan, fokus Anda akan lebih mudah tergoyahkan.

Tips menabung pertama yang bisa Anda lakukan adalah menulis semua tujuan keuangan Anda yang akan dicapai dengan tabungan. Tujuan ini bisa bermacam-macam, misalnya uang akan digunakan untuk membeli smartphone baru, menikah, membeli rumah, liburan ke luar negeri, dan sebagainya.


2. Tetapkan Target Waktu dan Nominal

Setelah menuliskan semua impian, tips menabung selanjutnya Anda perlu memisahkannya berdasarkan jangka waktu untuk merealisasikan. Tentukan goals yang akan direalisasikan dalam waktu dekat hingga goals yang akan direalisasikan dalam waktu yang masih lama.

Pastikan Anda tahu berapa jumlah tabungan yang harus Anda kumpulkan untuk setiap tujuan tersebut. Dengan mengetahui kapan target waktu Anda dan berapa nominal yang dibutuhkan, Anda bisa menentukan berapa uang yang harus disisihkan setiap bulannya.


Baca juga: Strategi Menabung Arisan Menjadi Investasi Zaman Now


3. Benahi Manajemen Keuangan

Kebiasaan menabung sangat dipengaruhi oleh pengaturan keuangan yang sehat. Sebelum bisa menerapkan tips menabung dengan baik, Anda harus sudah memiliki manajemen finansial yang baik.

Hal ini bisa dimulai dengan mencatat jumlah uang yang masuk dan jumlah uang yang keluar setiap bulannya. Catat gaji yang Anda dapat, bonus, dan juga pemasukan lain dari bisnis atau kerja sampingan. Anda juga harus memiliki catatan yang lengkap tentang pengeluaran rutin seperti biaya hidup selama satu bulan, belanja, cicilan kartu kredit, dan sebagainya.


4. Anggarkan Uang untuk Menabung

Tips menabung selanjutnya, anggarkan uang untuk ditabung setiap bulannya. Sisihkanlah uang bulanan Anda, bukan sisakan. Artinya, Anda perlu menyisihkan uang di awal bulan untuk ditabung. Dengan begitu, risiko godaan menggunakan anggaran tabungan untuk kebutuhan lain akan mengecil. Jika Anda menyisakan uang di akhir bulan, jumlah uang yang ditabung tidak akan konsisten karena kemungkinan uang sudah terpakai untuk kebutuhan lain.

Tabunglah uang Anda minimal 10% dari penghasilan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki penghasilan sebesar Rp3.000.000 setiap bulan, Anda harus menyisihkan uang untuk ditabung minimal Rp300.000.

Kalau Anda bisa menabung lebih besar dari persentase minimal, keuangan Anda sudah baik. Namun bila jumlah uang yang ditabung kurang dari persentase minimal, kesehatan keuangan Anda kurang baik. Anda perlu berhemat di pengeluaran lain.


5. Siapkan Rekening Terpisah

Siapkan rekening yang terpisah antara tabungan dengan rekening untuk kebutuhan pokok. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kemungkinan menggunakan uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur autodebet atau menabung secara otomatis. Bank akan memotong saldo di rekening Anda setiap bulannya sebanyak nominal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Uang Anda akan ditransfer ke rekening tabungan Anda oleh bank. Anda tidak perlu lagi melakukan transfer secara manual atau memasang pengingat untuk menabung setiap bulannya.


6. Temukan Cara Berhemat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda perlu menabung minimal 10 persen dari penghasilan Anda. Jika ternyata nominal yang Anda tabung belum bisa mencapai persentase minimal tersebut, Anda perlu mencari cara berhemat.

Potong anggaran untuk hiburan! Tips menabung ini penting ditaati. Jika Anda memiliki tujuan finansial yang mendesak, cobalah korbankan pengeluaran untuk hiburan. Anda juga bisa stop biaya langganan TV kabel, streaming musik atau film, majalah, atau gym untuk mengurangi pengeluaran yang tidak mendesak.

Cobalah membawa bekal dari rumah daripada jajan di luar. Makan di restoran akan lebih boros daripada membawa makan siang sendiri. Daripada Anda membeli kopi kekinian, lebih baik Anda beralih ke kebiasaan lama dengan membuat kopi sendiri.


7. Hentikan Hal-Hal yang Membuat Boros

Hentikan kebiasaan yang membuat Anda boros, terutama kebiasaan yang tidak sehat. Mengurangi rokok dan minum minuman keras misalnya. Kurangi juga anggaran untuk ngemil makanan tidak sehat. Selain bisa berhemat, Anda sudah memulai kebiasaan yang lebih sehat. Kurangi juga anggaran belanja untuk hal-hal yang tidak primer. Prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan utama Anda terlebih dahulu.

Hematlah juga air dan listrik yang Anda gunakan. Cabut colokan listrik yang tidak digunakan. Matikan AC dan juga lampu Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk mandi dengan menggunakan shower karena bisa berhemat air hingga tiga kali lipat.


8. Tentukan Cara Belanja

Tips menabung yang berikutnya adalah mengontrol kebiasaan Anda untuk belanja. Patuhi daftar belanja yang sudah disusun. Jangan sampai Anda menambah belanjaan dengan membeli barang yang tidak diperlukan.

Agar terhindar dari impulsive buying, Anda harus senantiasa bertanya pada diri sendiri “Apakah aku benar-benar membutuhkannya?”. Jangan sampai Anda menyesal karena menghabiskan uang untuk membayar hal-hal yang tidak benar-benar diperlukan.


9. Hindar Utang Konsumtif

Hindarilah utang untuk kebutuhan konsumtif. Cukupkan diri Anda dengan penghasilan yang Anda miliki. Tidak perlu membeli barang-barang baru agar tidak ketinggalan zaman. Jika Anda terus berupaya mengikuti tren, tidak akan pernah ada ujungnya.


10. Manfaatkan Investasi

Selain menabung, Anda juga perlu memanfaatkan investasi. Investasi dapat membuat uang Anda bertumbuh dan berkembang karena adanya bunga atau keuntungan.

Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 25 persen per tahun dengan menanamkan modal di peer-to-peer Lending Modal Rakyat.

Uang yang Anda investasikan akan disalurkan dalam bentuk modal usaha kepada pelaku UMKM yang kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank. Selain bisa memperoleh keuntungan, Anda sudah membantu perkembangan bisnis dan perekonomian para pelaku UMKM.


Itulah 10 tips menabung yang bisa Anda lakukan agar uang cepat terkumpul. Dengan disiplin dan teratur, menabung pasti bisa membantu Anda mewujudkan semua tujuan finansial. Selamat mencoba!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru