Gaya Hidup

8 Kunci Sukses Meniti Karier untuk Lulusan Baru

Pretty Angelia Wuisan-

30 Jul 2021

8 Kunci Sukses Meniti Karier untuk Lulusan Baru

Lulusan baru yang masuk ke dunia kerja biasanya masih belum tahu apakah jalan yang dipilihnya itu sudah tepat atau belum. Namun, kalau diam saja, ya tidak akan ke mana-mana. Kunci sukses berkarier ada di tangan Anda, jadi Anda perlu merencanakan karier yang ingin Anda jejaki dari sekarang.

Tidak perlu khawatir karena Anda pasti bisa menemukan pekerjaan yang membuat Anda berpikir, “Ini profesi yang akan membuat saya sukses di masa depan nanti.” Oleh sebab itu, di sini akan dibahas mengenai kunci sukses berkarier untuk lulusan baru.

 

Baca juga: Kisah Sukses Co-Founder Alibaba Jack Ma yang Inspiratif

 

1. Jangan jadikan kesuksesan orang lain sebagai patokan yang harus dikejar

Lulusan baru biasanya sudah menerima tekanan dari orang-orang sekitarnya tentang orang yang sukses itu seperti apa. Misalnya, sudah memiliki gaji dua digit di umur 25 tahun, memiliki rumah di umur 25 tahun, mempunyai mobil di umur 25 tahun, dan standar-standar memberatkan lainnya.

Memang di dunia ini ada orang yang berhasil merasakan kesuksesan di umur segitu, tapi Anda tidak harus mengikutinya. Entah siapa yang lebih dulu menetapkan standar itu, hanya saja yang perlu Anda ingat, standar itu bukanlah standar mutlak. Masing-masing orang mempunyai standar sukses yang diciptakannya sendiri.

Anda bisa menentukan kapan waktunya Anda sukses berdasarkan kemampuan dan usaha Anda. Selama Anda terus berusaha dan fokus terhadap tujuan, Anda akan mampu menggapai kesuksesan. Ini adalah kunci sukses yang perlu Anda ingat terus.


2. Memulai karier dari kegiatan yang disukai

Lulusan baru biasanya belum tahu profesi apa yang ingin dijalankannya. Akhirnya mereka pun mencoba melamar di posisi apa saja yang sesuai dengan jurusan. Namun, sayangnya karena pengalamannya pun kurang, jadi sering kalah bersaing dengan kandidat lain.

Apabila Anda masih bingung, Anda bisa memulainya dari aktivitas yang Anda gemari. Misalnya, Anda suka menulis, coba saja Anda menjadi jurnalis.

Apabila gagal terus ketika melamar untuk posisi full time, tidak masalah melamar di posisi internship. Walaupun bayarannya tidak sama dengan pekerja full time, Anda akan tetap mendapatkan manfaat di posisi internship.

Lowongan internship untuk lulusan baru itu sangat banyak. Berbagai perusahaan Indonesia sering membuka posisi ini. Di posisi ini, Anda pasti mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman sebagai pekerja baru.

Pengalaman menjadi internship juga bisa Anda masukkan sebagai pengalaman bekerja di CV.


3. Jadikan kesalahan sebagai pelajaran yang berharga

Sebagai sosok yang masih baru di dunia kerja, Anda pasti banyak melakukan kesalahan. Apalagi dunia kerja dan dunia kuliah itu berbeda jauh. Anda pasti kebingungan melakukan pekerjaan karena belum ada pengalaman yang sama sebelumnya. Ada kalanya Anda kena tegur juga karena melakukan kesalahan.

Ketika mengalami hal itu, Anda pasti akan kecewa. Namun, kecewanya jangan lama-lama. Positifnya, Anda jadi tahu apa kesalahan Anda dan bisa memperbaiki di pekerjaan selanjutnya. Jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran. Anda pasti mampu menjadi versi terbaik dari diri Anda yang sebelumnya.


4. Jangan ragu bertanya

Kunci sukses meniti karier untuk lulusan baru adalah jangan ragu bertanya ketika ada yang tidak dimengerti. Biasanya senior di kantor Anda ada yang memberikan kesempatan pada juniornya untuk mengajukan pertanyaan. Anda perlu memanfaatkan hal itu sebaik-baiknya untuk menanyakan hal yang kurang dipahami.

Apabila tidak diberikan kesempatan itu, Anda yang perlu berinisiatif mengajukan pertanyaan. Biasanya para senior pun akan bersedia menyediakan waktu berdiskusi dengan Anda.


5. Meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kursus

Salah satu kunci sukses meniti karier adalah menambah skill dengan ikut kursus. Jenis kursus yang Anda pilih usahakan yang sesuai dengan profesi yang ingin digeluti.

Pilih kursus yang memiliki kurikulum yang jelas dan diisi oleh tutor yang memang profesional di dalamnya. Di kursus ini Anda akan melakukan banyak praktik, jadi akan tahu bagaimana kerja di dunia profesi yang Anda pilih.

Selesai kursus, Anda akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat itu bisa Anda masukkan juga di CV.


6. Kuasai bahasa Inggris dengan baik

Walaupun tidak semua, kebanyakan perusahaan di Indonesia memilih karyawan yang mahir berbahasa Inggris untuk menulis dan berbicara. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus akan menjadi kunci sukses untuk Anda saat melamar pekerjaan.

Sehingga, Anda perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik. Bisa dengan salah satu cara, mengikuti kursus bahasa Inggris yang saat ini ada di mana-mana atau belajar secara otodidak.


7. Belajar mengatur keuangan

Kunci sukses yang sering dilupakan para lulusan baru adalah mengatur keuangan dengan baik. Kebanyakan dari mereka biasanya menghambur-hamburkan gaji pertamanya. Pertama kalinya mendapatkan uang dari usaha sendiri, membuat mereka jadi berbelanja apa saja yang diinginkan.

Masa baru bekerja ini bisa mempengaruhi masa ke depannya. Anda harus membiasakan diri mengatur uang dengan baik agar ke depannya Anda tidak kesulitan finansial karena apapun bisa saja terjadi.

Anda perlu berinvestasi, mendaftar asuransi, menabung, mempersiapkan dana darurat, dan yang penting adalah harus berhemat.


8. Cobalah untuk lanjut kuliah ke pendidikan lebih tinggi

Kunci sukses karier yang bisa dikejar oleh lulusan baru adalah lanjut belajar di tingkat lebih tinggi. Pendidikan yang tinggi ini akan menjadi aset yang berharga seumur hidup Anda.

Anda bisa keluar zona nyaman dengan menuntut ilmu di luar negeri. Di sana Anda pasti mendapatkan pengalaman yang berharga dan banyak pelajaran yang Anda raih, bukan hanya di kampus saja.

Apabila Anda punya kesempatan untuk mengejar pendidikan tinggi itu, kejarlah sampai dapat karena hal itu bisa mempengaruhi karier Anda ke depannya.

 

Baca juga: Kisah Sukses Sudono Salim, Pendiri Salim Group

 

Itulah kunci sukses untuk lulusan baru yang memulai meniti kariernya. Anda masih muda dan masih banyak yang bisa dipelajari, jadi manfaatkan kesempatan yang ada sebaik-baiknya. Semoga tipsnya bermanfaat.

 

Bantu UMKM Berkembang dengan Mendanai di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru