Finansial

Gaya Hidup

3 Strategi Belajar Investasi untuk Pemula, Dijamin Paham!

Pretty Angelia Wuisan-

27 Dec 2021

3 Strategi Belajar Investasi untuk Pemula, Dijamin Paham!

Sebelum memulai investasi, Anda perlu memiliki pengetahuan luas tentang investasi itu sendiri. Untuk itu Anda perlu strategi belajar investasi untuk pemula.

Ada 3 cara belajar yang bisa pilih sebagai permulaan sebelum berinvestasi, yaitu belajar melalui buku, melalui channel Youtube, dan podcast. Ini dia penjelasannya.


Baca juga: Rekomendasi 13 Buku Pengelolaan Keuangan untuk Anda


3 Buku Belajar Investasi untuk Pemula

Untuk mengenal lebih produk investasi yang hadir di luaran sana, Anda perlu membaca seluk-beluk investasi dari buku-buku menarik di bawah ini.

Di buku-buku ini Anda akan lebih memahami cara kerja bermacam instrumen investasi. Ini dia bacaan investasi yang cocok untuk investor yang masih pemula.  

  • The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America
  • The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham
  • Rich Dad, Poor Dad punya Robert Kiyosaki

1. The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America

Warren Buffett dikenal sebagai investor sukses Amerika Serikat. Ia bahkan bisa menjadi salah satu orang paling kaya sedunia dari berbagai investasi.

Buku ini berisi kumpulan esai Warren Buffett yang membahas mengenai pendapatnya tentang kinerja perusahaan Amerika Serikat, pemegang saham, dan pasar saham di Amerika Serikat yang dinamis.

Melalui buku ini, Anda bisa memahami lebih jauh mengenai investasi saham dan bagaimana proses manajemen investasi yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik saham.

Untuk Anda yang ingin memahami investasi jangka panjang di pasar modal, wajib membaca buku ini.

2. The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Buku ini cocok menjadi bahan belajar investasi untuk pemula. Buku satu ini diterbitkan pada tahun 1949 untuk pertama kalinua. Hingga sekarang masih dijual karena menjadi referensi untuk Anda yang ingin tahu cara investasi yang benar.

Investor pemula wajib membaca buku ini untuk mendapatkan berbagai macam pengetahuan dasar mengenai investasi saham di pasar modal.

Buku ini menyarankan Anda untuk membeli saham ketika harga saham itu diketahui lebih rendah daripada nilai intrinsiknya.

Untuk mendapat keuntungan maksimal dan mampu menghadapi risiko sesuai dengan profil risiko yang dimiliki. 

3. Rich Dad, Poor Dad punya Robert Kiyosaki

Untuk membuat investasi Anda berhasil, Anda bisa membaca buku ini yang ditulis oleh pebisnis ternama asal Amerika Serikat.

Buku ini berisi tentang pengetahuan finansial yang akan membantu jalan Anda saat berinvestasi. 

Dengan membaca buku ini, Anda akan menyadari bahwa siapa saja punya kesempatan untuk sukses di bidang finansial selama mereka mengusahakannya.

Untuk membuat Anda lebih bersemangat dalam mengincar imbal hasil di investasi, buku ini bisa jadi list bacaaan Anda selanjutnya.


3 Channel Youtube Belajar Investasi untuk Pemula

Selain membaca buku, belajar investasi untuk pemula juga bisa memanfaatkan channel Youtube. 

Cara ini mudah dilakukan, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Anda tinggal mengatur waktu kapan yang tepat untuk menonton berbagai macam insight investasi yang Anda inginkan.

Ini dia channel Youtube yang membantu Anda lebih memahami investasi.

  • Diskusi Investasi
  • Timothy Ronald
  • Felicia Putri Tjiasaka

1. Diskusi Investasi

Di channel Youtube ini, Anda bisa tahu lebih banyak mengenai berbagai instrumen investasi yang sekarang menarik perhatian masyarakat Indonesia seperti mata uang kripto, saham, deposito, dan lainnya.

Bahasa yang digunakan oleh host kekinian, jadi mudah dipahami pemula terutama anak muda yang tertarik memulai investasi.

Channel ini dipegang oleh mereka yang sudah berpengalaman di investasi. Anda pun bisa melayangkan pertanyaan apa saja yang ada hubungannya dengan investasi.

Mereka menyediakan video khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui akun Instagram resmi Diskusi Investasi.

2. Timothy Ronald

Channel ini dimiliki oleh investor muda bernama Timothy Ronald yang berhasil meraih Rp100 juta pertama di umurnya yang baru menginjak 19 tahun.

Sejak SMP ia sudah mulai berbisnis sampai kuliah. Uang hasil berbisnisnya itu lalu ia jadikan modal untuk investasi saham dan cryptocurrency.

Keberhasilannya mengelola modal dan menghasilkan keuntungan di usia begitu muda, ia bagikan di channel Youtube pribadinya. Anda bisa mengikuti channel Youtube miliknya untuk mengetahui lebih banyak investasi di masa muda.

3. Felicia Putri Tjiasaka 

Felicia adalah sosok wanita muda yang sering membahas investasi dari saham, reksa dana, P2P lending, pasar uang, dan jenis lainnya.

Pembahasan investasi yang disuguhkan menggunakan kalimat sederhana. Anda jadi tidak bosan menonton video Felicia sampai akhir karena memahaminya.

Selain itu, di channel ini Anda juga akan menemukan berbagai tips finansial penting lainnya seperti asuransi yang bagus untuk persiapan jangka panjang, cara meraih 100 juta pertama di usia muda, dan lainnya.


3 Podcast Belajar Investasi untuk Pemula

Podcast juga bisa dijadikan sebagai media belajar investasi untuk pemula. Anda dapat mendengarkan podcast sembari melakukan hal lain.

Podcast juga dapat didengarkan gratis melalui Youtube atau aplikasi lainnya seperti Spotify. Ini dia podcast belajar investasi untuk pemula yang bisa didengar kapan saja.

  • Diskartes
  • Fintalk
  • Halofina

1. Diskartes

Belajar investasi untuk pemula bisa dimulai dari podcast yang diproduksi oleh Diskartes. Podcast ini dimiliki oleh investor dan praktisi keuangan yang telah merintis karir sejak kuliah.

Di sini Anda akan tahu lebih banyak mengenai trading saham karena pemiliknya memang sudah malang melintang di dunia trading yang dinamis. 

Anda akan tahu banyak istilah yang berkaitan dengan trading. Istilah-istilah itu akan memudahkan Anda ketika mulai terjun di dunia trading.

Selain itu, ada pembahasan lain mengenai asuransi dan bisnis. Anda akan jadi lebih melek finansial di sini.

2. Fintalk

Podcast ini dimiliki oleh Finansialku, situs web yang berisi konten keuangan. Hadir juga dalam bentuk podcast yang membahas berbagai macam pengetahuan bidang finansial seperti investasi, asuransi, bisnis, ekonomi, dan lainnya.

Seluruh obrolan yang hadir di Fintalk diisi oleh para pakar yang keahliannya sudah tidak diragukan. 

Gaya bahasa yang digunakan juga menggunakan bahasa sehari-hari, jadi Anda akan mudah akrab dengan pembahasannya.

Masing-masing podcast rata-rata berdurasi 20 hingga 30 menit. Anda pasti banyak menarik ilmu dari sini.

3. Halofina

Merupakan podcast yang membahas tentang investasi, dan tema keuangan lainnya yang Anda butuhkan. Dipandu oleh mereka yang memang pakar ekonomi dan finansial di bidangnya. 

Materi finansial di podcast ini hadir di waktu yang cukup singkat, yaitu maksimal 20 menit. Anda yang mendengarnya pasti tidak sadar, tahu-tahu sudah selesai.

Jumlah materi yang tersedianya juga banyak, sampai ratusan. Anda bisa memilih topik investasi yang Anda perlukan.


Baca juga: Ingin Belajar Investasi Online dengan Mudah? Ini Dia Caranya


Kesimpulan

Itulah strategi belajar investasi untuk pemula yang bisa membuat Anda lebih memahami investasi. Ada banyak cara untuk belajar berinvestasi, yang Anda lakukan tinggal memperkuat niat mempelajarinya.


Pilih Mendanai Mudah di Modal Rakyat dan Dapatkan Imbal Hasilnya

Untuk Anda yang masih bingung ingin investasi di mana, coba saja menjadi pendana di platform Modal Rakyat.

Modal Rakyat menyediakan pendanaan mudah bagi pendana yang berminat menyalurkan modalnya pada UMKM yang ingin mengembangkan bisnis.

Untuk pendanaan pertama, Anda bisa memulainya di Rp25.000 dengan keuntungan yang mencapai 18%.

Modal Rakyat termasuk P2P lending aman dan terpercaya karena sudah punya izin beroperasi dari OJK. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan Rp25.000 tambahan secara cuma-cuma di saldo Anda.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru