Finansial

Berbagai Investasi untuk Pemula dan Tips Menjalankannya

Pretty Angelia Wuisan-

16 Sep 2021

Berbagai Investasi untuk Pemula dan Tips Menjalankannya

Investasi merupakan aktivitas yang bisa menambah kekayaan ketika dilakukan dengan benar dan terencana. Banyak yang ragu untuk berinvestasi karena dianggap merugikan, padahal kita tidak tahu bagaimana hasilnya ketika tidak mencoba. Asal Anda tahu, investasi untuk pemula itu sangat memungkinkan

Intinya siapa saja bisa berinvestasi selama mau belajar dari nol dan tidak terburu-buru untuk menghasilkan keuntungan. Di sini akan dijelaskan apa itu investasi, instrumen investasi untuk pemula, dan tips investasi untuk para pemula.


Baca juga: Modal Rp100 Ribu, Bisa Investasi Online? Ini Tipsnya


Apa itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan yang bisa dilakukan siapa saja untuk menambah kekayaan. Kekayaan ini maksudnya bukan kaya tanpa tujuan, seperti menghamburkan uang secara berlebihan. Kekayaannya paling tepat digunakan untuk berbagai keperluan yang menyangkut kehidupan, termasuk sebagai penghasilan di hari tua.

Di masa tua Anda pasti sudah tidak produktif lagi, tapi untuk tetap bisa menjalani hari, Anda membutuhkan pemasukan yang cukup. Solusinya adalah hasil dari investasi yang Anda lakukan ketika masih produktif.

Kenapa investasi sebaiknya dilakukan saat masih produktif? Alasannya karena sebagian dari penghasilan Anda saat produktif bisa digunakan untuk investasi.

Ada lagi yang mengatakan bahwa hanya orang-orang ahli yang bisa sukses berinvestasi. Sebenarnya pernyataan itu tidak sepenuhnya benar karena para ahli itu pun memulai investasi ketika mereka pemula. Mereka jadi ahli karena jam terbang berinvestasinya sudah tinggi.

Lalu, ada lagi yang beranggapan bahwa investasi itu hanya untuk mereka yang berduit. Padahal sekarang sudah banyak platform investasi yang menawarkan investasi dengan modal yang minim. Syaratnya jadi sangat mudah khusus untuk investor ritel atau investor yang tidak memiliki modal banyak. Anda hanya perlu menemukan platform tersebut.

Jadi, investasi untuk pemula sangat mungkin untuk dilakukan.

Ada dua jenis investasi dilihat dari jangka waktunya yang dapat Anda pilih untuk menambah kekayaan. Ini penjelasannya.

1. Investasi jangka panjang

Merupakan jenis investasi yang dilakukan lebih dari setahun. Ada juga pendapat yang mengatakan investasi termasuk ke jangka panjang apabila dilakukan minimal lima tahun. Investasi ini biasanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

Pembahasan lebih lengkap tentang investasi ini bisa dibaca dalam artikel Pengertian Investasi Jangka Panjang, Jenis, dan Strateginya.

2. Investasi jangka pendek

Merupakan jenis investasi yang dilakukan dalam kurun kurang dari setahun. Investasi ini dilakukan untuk memperoleh keuntungan yang bisa digunakan dalam waktu dekat.

Yuk baca lebih lengkap tentang investasi jangka pendek dalam artikel Pengertian dan Jenis Investasi Jangka Pendek.


Instrumen Investasi Jangka Panjang untuk Pemula

Ada beberapa jenis investasi jangka panjang yang sangat cocok untuk pemula. Investasi untuk pemula ini bisa dilakukan dengan modal yang minim juga. Ini penjelasannya.

1. Investasi emas

Kita bisa menyebutnya juga sebagai logam mulia. Merupakan jenis investasi yang sudah lama dilakukan. Hal itu karena dari zaman dahulu emas sudah dianggap sebagai benda mewah dan bukti kekayaan. Emas memang memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki instrumen lainnya.

Harga emas cenderung stabil sejak dulu. Kalaupun mengalami penurunan, tidak akan sampai membuat nilai emas sampai nol. Artinya, penurunannya tidak begitu jauh.

Emas juga merupakan alat tukar yang diakui di seluruh dunia. Semua orang di dunia sepakat bahwa emas adalah benda mewah. Sehingga, ke mana pun Anda membawa emas, emas tersebut sangat bisa ditukar dengan uang.

Emas paling cocok untuk investasi jangka panjang karena di masa depan harga emas cenderung naik.

Untuk membeli emas, Anda bisa melakukannya dengan cicilan atau nabung emas. Sekarang ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk tabungan emas.

2. Investasi properti

Selain emas, investasi properti juga paling pas dilakukan untuk investasi jangka panjang. Yang termasuk investasi ini adalah bangunan dan tanah.

Kelebihan dari tanah adalah harganya bisa naik berkali lipat di masa depan atau menjadi lahan yang harus dibebaskan karena proyek tertentu, misalnya untuk jalur utama jalan tol. Selain itu, Anda tidak memerlukan biaya perawatan karena tanpa Anda lakukan apapun, bentuk tanah akan selalu sama.

Untuk jenis bangunan, Anda bisa membeli rumah, ruko, indekos, apartemen, dan lainnya. Harganya juga akan cenderung naik. Namun, untuk membuat bentuknya masih bagus, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Untuk bisa memiliki properti, Anda perlu menyediakan modal yang banyak.


Investasi Jangka Pendek untuk Pemula

Apabila Anda ingin meraih keuntungan dalam waktu dekat, investasi jangka pendek layak dijajal. Investasi untuk pemula ini cukup menjanjikan. Ini penjelasannya.

1. Deposito

Deposito Merupakan produk perbankan yang cocok menjadi salah satu investasi untuk pemula. Ini adalah jenis instrumen investasi yang termudah. Anda dapat meraih keuntungan hingga 4-5% per tahunnya. Caranya adalah Anda hanya menyimpan uang dengan jumlah tertentu di bank, hingga batas waktu yang dipilih. 

Biasanya waktu penyimpanan dimulai dari 3 bulan hingga 3 tahun. Sampai batas waktu itu, Anda tidak diperkenankan mengambil uang yang disimpan, kecuali bersedia membayar denda. 

2. Reksa dana pasar uang

Ini adalah reksa dana yang risikonya paling minim. Anda yang berinvestasi di reksa dana ini, modalnya akan disalurkan pada efek yang ada di pasar uang seperti obligasi, deposito berjangka, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Anda dapat menerima pengembalian keuntungan dalam kurun waktu satu tahun. 

Investasi untuk pemula ini bisa Anda andalkan, terutama untuk Anda yang masih belum berani memilih instrumen dengan risiko tinggi. Dalam pengelolaannya, Anda akan dibantu oleh manajer investasi.

3. Surat Utang Negara (SUN)

Surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh pemerintah. Bentuknya dapat berupa mata uang Indonesia, yaitu Rupiah dan valuta asing. Anda bisa meraih keuntungan dari bunga yang ditentukan padanya. Keuntungannya bisa diraih cepat dalam kurun kurang 1 tahun. 

Pemerintah menerbitkan Surat Utang Negara dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk membiayai APBN yang mengalami defisit.

4. P2P Lending

Peer-to-peer lending atau P2P lending adalah investasi untuk pemula yang pas untuk jangka pendek. P2P lending merupakan jenis investasi yang kekinian. Di sini ada dua pihak yang akan sama-sama meraih manfaatnya. 

Pertama adalah peminjam, dalam hal ini biasanya UMKM, yang mengajukan pinjaman untuk bisnisnya.

Yang kedua ada pendana. Anda dapat meraih keuntungan dengan menjadi pendana yang menyalurkan modal pada pihak UMKM. 


Tips Investasi untuk Pemula

Investasi untuk pemula sangat bisa dilakukan dengan menjalankan hal-hal di bawah ini.

1. Menentukan tujuan

Investasi tujuannya adalah meraup untung. Lalu, apa yang akan Anda lakukan dari keuntungan itu? Anda perlu menetapkan tujuan investasi dari awal. Tujuan yang spesifik akan membuat Anda memiliki rencana yang jelas dan Anda akan semakin semangat untuk mendapatkannya.

Tujuan ini bisa dibuat sangat personal, jadi Anda yang menentukannya sendiri.

2. Memilih instrumen yang tepat

Anda perlu memilih instrumen investasi yang pas dengan profil risiko Anda. Apabila Anda tidak begitu berani memasang target tinggi dan ingin investasi berjalan santai, Anda bisa memilih instrumen yang risikonya rendah.

Namun, apabila Anda tergolong sosok agresif yang berani menghadapi risiko karena ingin meraih profit tinggi, Anda bisa memilih instrumen yang risikonya tinggi, tapi tetap dengan perencanaan yang matang.

3. Mau belajar dari nol

Siapa saja bisa menjadi investor, tidak harus lulusan dari jurusan yang berhubungan dengan investasi. Investasi untuk pemula akan sukses apabila Anda mau belajar dari nol. Anda bisa mengikuti seminar investasi dan banyak-banyak membaca buku yang berkaitan dengannya.

Belajar ini wajib dalam berinvestasi. Alasannya karena hal itu akan mempengaruhi Anda dalam pengambilan keputusan yang akan sering Anda lakukan dalam investasi.

4. Gunakan uang dingin

Investasi untuk pemula sangat tepat jika dimulai dengan uang dingin. Uang dingin adalah uang yang tidak digunakan untuk apa-apa, disebut juga dengan uang menganggur. Uang ini berada di luar uang kebutuhan, jadi aman digunakan untuk investasi.

Anda sebaiknya tidak menggunakan uang kebutuhan untuk investasi karena membuat risiko Anda jadi meningkat. 

5. Pilih platform investasi legal

Investasi untuk pemula paling tepat dilakukan di platform legal. Saat ini cukup banyak platform yang menyediakan jasa investasi, tapi yang terpercaya hanya yang sudah berizin OJK dan lembaga pemerintah lainnya. Hal itu karena kegiatan mereka diawasi oleh pemerintah dan sudah sesuai dengan prosedur.


Baca juga: Investasi yang Menguntungkan Penambah Cuan Tahun 2021


Investor Pemula, Yuk Raih Keuntungan dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Investasi apa yang bagus untuk pemula?

Investasi yang bagus untuk pemula ada berbagai macam. Untuk investasi jangka panjang Anda bisa memulainya dengan investasi emas dan properti. Untuk jangka pendek, reksa dana, deposito, SUN, dan P2P lending.

2. Apa yang harus dilakukan sebelum berinvestasi?

Pelajari terlebih dulu instrumen investasi yang menarik untuk Anda dan banyak membaca buku yang berkaitan dengan investasi. Anda juga bisa mengikuti pelatihan investasi supaya bisa berdiskusi dengan para ahlinya.

3. Bagaimana cara berinvestasi yang benar?

Investasi yang benar itu tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Lalu, investasi tidak dilakukan menggunakan uang kebutuhan, Anda harus menyediakan uang dingin  untuk mengurangi risiko.

4. Apa investasi untuk pemula modal kecil?

Ada banyak instrumen investasi yang dimulai dari modal kecil, yaitu investasi reksa dana, emas, dan P2P lending.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru