Bisnis

Mau Bisnis Afiliasi? Cari Tahu Dulu Faktanya di Sini

Pretty Angelia Wuisan-

03 Feb 2022

Mau Bisnis Afiliasi? Cari Tahu Dulu Faktanya di Sini

Bisnis afiliasi adalah bisnis yang dijalankan dengan membantu suatu toko atau marketplace untuk mempromosikan usahanya. Cara umumnya adalah Anda menaruh link pembelian di media sosial. Anda bisa mendapatkan penghasilan komisi untuk setiap penjualan produk atau jasa yang berhasil diraih dari link yang Anda sebar. 

Bisnis afiliasi adalah jenis bisnis yang bagus dilakukan pelaku usaha pemula. Dikenal juga dengan sebutan affiliate marketer. Untuk Anda yang mau mencobanya, ini hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis afiliasi.


Baca juga: 12 Tips Bisnis Online yang Laku Keras dan Mendulang Profit


Bagaimana Cara Kerja Bisnis Afiliasi?

Cara kerja bisnis afiliasi bisa berbeda di setiap toko atau marketplace. Oleh sebab itu, cara kerjanya di masing-masing produk atau layanan perlu dipelajari sebaik-baiknya.

Untuk mendapatkan kesempatan menjadi affiliate marketer adalah Anda perlu melakukan pendaftaran di perusahaan yang membuka posisi ini.

Setelah itu pihak perusahaan akan memberikan link khusus pada affiliate marketer yang digunakan untuk mengarahkan pembeli berkunjung ke situs web penjualan.

Anda boleh memasarkan produk afiliasi di media internet mana saja. Lewat media sosial, lewat blog pribadi, lewat broadcast message, dan lainnya untuk meningkatkan potensi dalam mendapatkan keuntungan. 

Tidak ada ketentuan pengikut di media sosial Anda harus banyak. Anda cukup fokus pada penyebaran link agar dilihat orang-orang dan dijadikan pintu utama oleh pelanggan untuk membeli produk. 

Kemudian, Anda akan mendapatkan komisi dari berapa banyak barang ataupun jasa yang terjual dari pemesanan di link Anda.

Tidak mengherankan bisnis ini juga bisa membuat Anda memperoleh passive income. Anda tinggal tidur pun tetap bisa mendapatkan uang karena tautan kapan saja bisa digunakan untuk berbelanja.


Apa Saja Keuntungan Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi adalah jenis bisnis yang menawarkan bermacam keuntungan bagi yang melakukannya. Ini dia kelebihannya untuk Anda.

  • Modal cenderung kecil
  • Fleksibel
  • Mudah dilakukan
  • Bisa passive income
  • Tidak perlu kirim produk
  • Syarat tidak ribet

1. Modal cenderung kecil

Bisnis afiliasi adalah usaha yang modalnya kecil. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan ponsel untuk melakukan promosi maksimal.

Koneksi internetnya tentu harus bagus agar mudah mempublikasikan link dan ponsel yang berkualitas untuk melancarkan kegiatan Anda ini. 

Walaupun modalnya kecil, hal itu jangan sampai membuat Anda terlalu santai untuk memulai bisnis menguntungkan ini.

2. Fleksibel

Bisnis afiliasi adalah kegiatan yang tidak memiliki jam yang mengikat. Anda boleh melakukannya di jam berapa saja. Tidak masalah di pagi dan malam hari.

Anda juga tidak perlu pusing soal lokasi. Di rumah atau lokasi lainnya yang punya koneksi internet oke sudah sangat membantu.

3. Mudah dilakukan

Jika dibandingkan berbisnis pada umumnya, bisnis afiliasi adalah mudah dilakukan. Cocok bagi pemula yang ingin tahu dunia bisnis itu seperti apa. 

Anda yang ingin belajar berbisnis, tapi belum punya modal cukup dan masih ragu-ragu, bisa memulainya dengan jadi affiliate marketer. Nanti Anda bisa jadi lebih ingin menjalankan bisnis yang sudah lama dipikirkan.

4. Bisa passive income

Bisnis afiliasi juga mampu mendatangkan penghasilan pasif. Walaupun Anda sedang duduk diam, selama link afiliasi Anda diakses oleh pembeli yang membeli produk, cuan akan masuk ke kantong Anda. Passive income satu ini tentu mengasyikkan. 

Oleh sebab itu, Anda boleh memilih produk yang sudah dikenal konsumen supaya mudah dalam mengupayakan promosinya.

5. Tidak perlu kirim produk

Karena yang mengirim produk adalah penjual. Tugas Anda cukup menyebarkan tautan produk supaya mudah ditemukan oleh pembeli potensial.

Yang bertanggung jawab soal produknya pun penjual. Namun, jika ada keluhan produk pada Anda, sebagai rekanan penjual, Anda wajib menyampaikannya pada penjual. Nanti penjual yang akan menyelesaikan masalahnya.

6. Syarat tidak ribet

Salah satu keuntungan dari bisnis ini adalah syaratnya yang tidak mengharuskan Anda punya pengikut hingga jutaan.

Walaupun jumlah pengikut banyak membuat potensi link Anda jadi makin sering dikunjungi, Anda tetap bisa memulainya dari jumlah pengikut yang sedikit.


Apa Kekurangan Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi juga punya kekurangan yang wajib diperhatikan. Ini penjelasannya.

  • Membutuhkan waktu untuk sukses
  • Affiliate marketer tidak hanya Anda
  • Komisi tidak tetap
  • Ada syarat pembagian komisi

1. Membutuhkan waktu untuk sukses

Pertama kali melakukannya adalah hal wajar jika tautan Anda tidak ada yang berkunjung. Atau malah banyak yang berkunjung, tapi tidak ada yang membeli. Anda perlu bersabar sampai pembelian ada di link Anda. 

2. Affiliate marketer tidak hanya Anda

Anda akan bersaing dengan orang lain yang punya tugas sama. Untuk itu Anda perlu melakukan strategi pemasaran yang unik supaya tautan Anda dikunjungi dan konsumen melakukan pembelian. 

3. Komisi tidak tetap

Komisi yang Anda peroleh dihitung dari jumlah barang yang laku. Jumlahnya pun tidak menentu. Ini yang perlu Anda perhatikan dengan baik.

4. Ada syarat pembagian komisi

Ada juga perusahaan yang baru akan memberikan komisi ketika sudah mencapai jumlah tertentu. Misalnya, Anda akan mendapatkan komisi ketika jumlahnya mencapai Rp1 juta. Kalau belum sampai Rp1 juta, ya tidak akan dikirim dulu.


Istilah-istilah dalam Bisnis Afiliasi

Anda yang mau serius menjalankan bisnis ini, perlu tahu istilah-istilah yang berhubungan dengan bisnis afiliasi. Ini penjelasannya. 

  • Affiliate
  • Cost per Sale atau CPS
  • Cost per Action atau CPA
  • Cost per Click atau CPC
  • Cost per Lead atau CPL
  • Jaringan afiliasi

1. Affiliate

Merupakan seseorang yang individu yang mendaftarkan diri pada suatu perusahaan atau brand untuk ikut mempromosikan produknya. 

2. Cost per Sale atau CPS

Jenis pembayaran affiliate marketing yang dilakukan berdasarkan jumlah produk terjual.

3. Cost per Action atau CPA

Jenis pembayaran affiliate marketing yang dilakukan berdasarkan aksi yang sudah diselesaikan. Misalnya, pengisian survei.

4. Cost per Click atau CPC

Jenis pembayaran affiliate marketing yang dilakukan berdasarkan kunjungan ke situs web resmi milik brand. Bisa juga dilakukan dari iklan yang dipasang di blog.

5. Cost per Lead atau CPL

Jenis pembayaran affiliate marketing yang dilakukan berdasarkan berapa banyak calon konsumen yang mengisi data penting di situs web resmi atau formulir. 

Dari sini pihak penjual memperoleh nomor calon konsumen dan langsung melakukan penawaran.

6. Jaringan afiliasi

Merupakan kumpulan afiliasi marketer yang bergabung di suatu perusahaan atau brand untuk promosi.

Memiliki sistem tersendiri untuk para afiliasi melakukan tugasnya seperti membuat laporan, pelacakan barang yang terjual, jumlah komisi, dan lainnya.


Baca juga: Memahami Apa itu Afiliasi dan Keuntungannya


Kesimpulan

Bisnis afiliasi adalah usaha yang patut Anda coba. Terutama Anda yang ingin mendirikan bisnis sendiri, tapi masih ragu. Ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang bisnis dengan menjadi affiliate marketer.


Masih Ragu Mendirikan Bisnis karena Masalah Dana? Modal Rakyat Siap Membantu Anda

Jangan biarkan kekurangan modal menahan Anda mendirikan bisnis impian. Anda bisa menjadikan pinjaman produktif Modal Rakyat sebagai solusi.

Syarat modal untuk pinjaman adalah Rp500 ribu, paling besar Rp2 miliar. Ketentuan bunganya termasuk kompetitif.

Seluruh prosesnya diatur secara online, jadi mudah untuk Anda. Modal Rakyat juga berizin legal OJK, proses pinjamannya aman dan bisa Anda percaya.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru